Sukses


9 Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami, Mudah dan Efektif

Bola.com, Jakarta - Memiliki penyakit mata ikan pada area kaki atau bagian tubuh lainnya terasa menyebalkan. Banyak orang menganggap mata ikan sama dengan kapalan.

Padahal, keduanya adalah masalah kulit yang berbeda. Mata ikan merupakan satu di antara gangguan kulit yang terjadi akibat tekanan atau gesekan pada permukaan kulit secara berulang-ulang.

Hal ini terjadi ketika sel epidermis basal (keratinosit) meningkat jumlahnya sehingga membentuk lapisan kulit yang tebal. Bahkan terkadang disertai dengan gejala rasa nyeri atau sakit saat disentuh.

Mata ikan jarang menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Namun, kemunculan masalah kulit ini kerap kali dapat mengganggu kenyamanan pada kaki, terutama saat berjalan.

Umumnya mata ikan berbentuk lingkaran, dan bila ditekan, rasanya bisa sangat menyakitkan. Untungnya, kondisi ini dapat diatasi dengan pengobatan sederhana di rumah. Ada banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan mata ikan.

Berikut beberapa cara menghilangkan mata ikan secara alami, mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan, dikutip dari Honestdocs dan Doktersehat, Kamis (10/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

1. Cuka sari apel

Cara alami yang pertama bisa Anda lakukan, yakni dengan memanfaatkan cuka sari apel. Cuka sari apel diyakini sangat ampuh untuk mengikis sel kulit mati sekaligus melunakkan mata ikan.

Untuk mendapatkan manfaatnya cukup mudah. Anda hanya perlu merendam bagian yang terdapat mata ikan selama beberapa menit, kemudian oleskan cuka sari apel di atasnya dan biarkan hingga kering.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa lakukan setiap hari hingga masalah kulit ini hilang.

2. Menggunakan batu apung

Anda bisa mengatasi mata ikan dengan memanfaatkan batu apung. Caranya cukup mudah.

Anda cukup gosok kulit yang terdapat mata ikan dengan batu apung. Hal ini bertujuan untuk mengikis bagian kulit. Namun, pastikan untuk tidak terlalu kasar saat melakukannya. Setelah itu, biasakan selalu menggunakan pelembap di area kulit yang harus digosok.

3. Minyak jarak

Castor oil atau minyak jarak dipercaya dapat mengobati mata ikan. Minyak jarak merupakan satu di antara cara kilat untuk mengatasi masalah ini.

Minyak jarak mampu melunakkan tekstur mata ikan sehingga lama-kelamaan akan menghilang dari kulit.

Gunakan minyak jarak tiga kali sehari dengan cara mengolekannya tepat pada mata ikan. Ulangi setiap hari hingga mata ikannya hilang.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

4. Garam Inggris

Garam Inggris atau Epsom bisa menjadi cara alami selanjutnya untuk mengobati mata ikan. Hal ini dikarenakan kandungan antibakteri yang ada di dalamnya dapat mengikis sel kulit mati sekaligus menenangkan kulit dan meredakan sakit.

Cara menghilangkan mata ikan dengan garam Inggris cukup mudah. Anda cukup rendam bagian yang terdapat mata ikan yang telah dicampur dengan garam Inggris selama 10-15 menit.

Terapkan cara menghilangkan mata ikan ini setiap hari setelah mandi.

5. Baking soda

Baking soda tak hanya berguna untuk bahan pembuatan kue, tetapi bisa digunakan sebagai bahan alami mengatasi mata ikan. Manfaatnya tidak jauh berbeda dengan garam Inggris dan cuka sari apel.

Baking soda memiliki sifat antiseptik untuk menghindarkan kulit dari infeksi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup campur baking soda dengan air perasan jeruk hingga membentuk pasta.

Setelah itu, tinggal oleskan pada bagian mata ikan dan biarkan semalaman.

6. Bawang putih

Selain baking soda, bahan dapur lain yang juga bisa  dijadikan obat untuk menghilangkan mata ikan adalah bawang putih. Anda cukup gosokkan bawang putih ke titik mata ikan.

Setelah itu, tempelkan dengan bawang putih dengan perban, kemudian diamkan semalaman.

Bersihkan keesokan harinya ketika Anda mandi. Ulangi cara ini setiap malam secara rutin agar mata ikan cepat hilang.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

7. Pepaya

Selain enak dikonsumsi, pepaya dikenal akan kemampuannya untuk menyembuhkan. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan papainnya yang ampuh mengikis sel kulit mati.

8. Kunyit

Kunyit juga cukup efektif mengobati masalah mata ikan. Hal ini dikarenakan kandungan antimikroba yang ada di dalam kunyit.

Cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan mata ikan cukup mudah. Buatlah pasta pekat dari campuran bubuk kunyit dan madu.

Oleskan campuran tersebut ke area mata ikan, biarkan pasta mengering dengan sendirinya. Bilas begitu sudah kering. Ulangi cara menghilangkan mata ikan ini sebanyak 2 kali sehari.

Tunggu 2-3 hari, mata ikan akan makin mengecil lalu hilang.

9. Nanas

Kandungan enzim bromelain yang ada di nanas tak hanya berperan menghilangkan rasa sakit, namun juga mempercepat penyembuhan mata ikan.

Anda cukup iris tipis nanas dan tempelkan semalaman di atas area bermata ikan. Gunakan perban untuk membungkus kulit agar potongan buah tak terlepas. Lakukan setiap malam hingga mata ikan lenyap.

 

Sumber: Honestdocs, Doktersehat

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer