Sukses


8 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami, Mudah dan Cepat

Bola.com, Jakarta - Kutil adalah benjolan berupa jaringan kulit yang kasar saat disentuh. Kutil dapat terjadi pada siapa saja.

Kutil umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Walau umumnya tidak berbahaya, kutil dapat menimbulkan rasa sakit, serta mengganggu penampilan dan tentunya membuat tidak percaya diri.

Gangguan kulit ini paling sering timbul di tangan dan kaki. Kutil berbentuk benjolan bulat, kasar, serta berwarna pucat.

Kutil muncul karena infeksi virus HPV (human papillomavirus) pada kulit, terutama kulit yang luka. Human papillomavirus biasanya menyebar setelah orang bersentuhan atau menggunakan barang pribadi secara bersama-sama dengan orang lain.

Namun, jangan khawatir, karena mereka yang bersentuhan dengan virus ini tidak otomatis tertular karena hal itu dipengaruhi dengan kekebalan tubuh masing-masing. Cara menghilangkan kutil bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kutil dengan bahan-bahan alami, dikutip dari Klikdokter dan Alodokter, Minggu (13/12/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

1. Cuka apel

Cuka apel bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kutil. Cuka apel memiliki kandungan antimikroba yang diyakini bisa membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab kutil.

Anda cukup mencelupkan cotton bud ke wadah yang telah diisi cuka apel. Kemudian Anda tempelkan cotton bud itu di area yang ditumbuhi kutil semalaman dan lepaskan keesokan paginya.

Lakukan cara ini secara berulang setiap malam.

Ingat, selalu encerkan cuka apel dengan air. Kadar asam yang tinggi dalam cuka apel dapat menimbulkan iritasi. Hindari mengusapkan cuka apel pada luka terbuka.

2. Bawang putih

Sejak dahulu bawang putih sudah dikenal dapat mengatasi masalah kulit seperti kutil. Kandungan allicin dalam bawang putih berperan bisa menghancurkan enzim dan patogen berbahaya.

Cara mengobati kutil secara alami dengan bawang putih cukup praktis. Cukup haluskan satu siung bawang putih lalu seduh dengan sedikit air.

Lalu oleskan ramuan tersebut ke area yang terdapat kutil dan tutupi dengan perban. Ulangi perawatan dengan obat kutil alami ini setiap hari selama minimal tiga minggu.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

3. Vitamin C

Bahan selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untu mengatasi kutil ialah vitamin C. Untuk mendapatkan khasiatnya Anda cukup haluskan tablet vitamin C, kemudian campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta.

Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada kutil dan balut dengan plester. Lakukan selama beberapa hari hingga kutil hilang.

4. Kulit pisang

Tak hanya daging buahnya yang memiliki beragam manfaat kesehatan, kulit pisang juga bisa digunakan sebagai satu di antara cara alami menghilangkan masalah ini. Kebanyakan orang belum tahu manfaat kulit pisang untuk mengatasi kutil.

Kandungan enzim proteolitik dalam kulit pisang mampu dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil. Cukup gosokkan kulit pisang di area yang terserang kutil dan pastikan untuk mencuci tangan setelahnya agar virus kutil tidak menyebar.

Lakukan dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

5. Lidah buaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kutil adalah lidah buaya. Kendati belum ada studi terkait menghilangkan kutil secara alami dengan lidah buaya, gel tanaman ini dapat bisa meredakan gatal dan nyeri karena kutil.

Anda cukup oleskan gel lidah buaya setiap hari. Cara ini mampu melawan patogen, termasuk virus herpes simpleks tipe 1 juga.

6. Madu

Madu dapat diaplikasikan untuk mengatasi masalah kulit seperti kutil. Hal ini disebabkan oleh sifat madu sebagai antibakteri dan antivirus.

Cara yang bisa Anda lakukan, yaitu oleskan madu pada kutil, kemudian tutup permukaan tersebut menggunakan perban.

Penutupan kutil menggunakan madu bertujuan untuk mencegah adanya oksigen yang masuk, sehingga dapat membunuh virus penyebab kutil.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

7. Tea tree oil

Kandungan antivirus dalam tea tree oil dapat membantu memusnahkan kutil yang tumbuh di wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya cukup campur 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes almond atau castor oil.

Teteskan larutan tersebut sebanyak 3-4 tetes ke kapas. Letakkan pada kutil selama 5-10 menit.

Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

8. Kemangi

Tumbuhan ini memiliki kandungan antivirus, sehingga mampu membasmi virus penyebab kutil. Cara menghilangkan kutil di wajah menggunakan kemangi cukup sederhana.

Anda cukup haluskan beberapa lembar daun kemangi, lalu aplikasikan ke area yang terdapat kutil. Tutup permukaan yang telah diolesi kemangi menggunakan perban.

Lakukan setiap hari selama 1-2 minggu.

 

Sumber: Klikdokter, Alodokter

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer