Sukses


7 Cara Mengusir Nyamuk secara Alami dan Aman

Bola.com, Jakarta - Nyamuk merupakan hewan yang cukup mengganggu terutama saat malam hari dan kita berniat untuk tidur. Kita kerap melakukan berbagai cara mengusir nyamuk agar bisa tidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Nyamuk merupakan serangga yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Hewan ini menyukai tempat yang lembab.

Iklim di Indonesia sangat mendukung perkembangbiakan nyamuk dan imbasnya, risiko penyakit yang ditimbukan hewan satu ini cukup terbilang tinggi.

Deman berdarah dan malaria adalah penyakit yang umum dijumpai di Indonesia dan menyumbangkan angka kematian yang cukup tinggi, yang disebabkan nyamuk.

Itulah mengapa Anda perlu mempersiapkan pengetahuan tentang cara mengusir nyamuk. Anda bisa menggunakan bahan kimia yang dijual di toko-toko terdekat.

Namun, jika Anda terlalu risau dengan efek samping dari bahan kimia tersebut, dapat menggunakan bahan-bahan alami dan sebagainya

Berikut cara mengusir nyamuk secara alami dan aman, dikutip dari Merdeka dan Liputan6, Senin (14/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Nyamuk secara Aman dan Alami

1. Minyak Kayu Manis

Mengusir nyamuk bisa menggunakan minyak dari ekstrak kayu manis. Sebuah penelitian mengungkapkan minyak kayu putih dapat membunuh telur-telur nyamuk yang telah diletakkan di tempat yang gelap.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu untuk mencampurkan air secukupnya dengan minyak kayu manis. Kemudian tuang campuran tersebut ke dalam botol penyemprot.

Setelah itu, Anda dapat menyemprotkan cairan tersebut pada tempat-tempat yang menurut Anda sering menjadi sarang nyamuk di rumah Anda.

2. Kemangi

Kemangi bisa menjadi satu di antara cara mengusir nyamuk. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tanaman yang memiliki aroma khas ini ternyata tidak disukai nyamuk.

Digolongkan sebagai tanaman herbal yang baik bagi sistem kekebalan tubuh, tanaman kemangi ini memiliki kandungan senyawa alami yang menghasilkan bau menyengat bagi nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kemangi tidak sulit. Cukup letakkan daun kemangi yang telah dicuci pada tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk, seperti gantungan baju, sudut-sudut rumah, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Nyamuk secara Aman dan Alami

3. Menggunakan Serai

Bau dan aroma dari serai tidak digemari oleh nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan serai cukup mudah.

Gunakan serai sebagai lilin yang dibakar pada satu di antara ujungnya. Setelah itu, letakkan di tempat-tempat yang sering terdapat banyak nyamuk bersarang.

Biasanya, tempat yang disukai nyamuk adalah yang memiliki kelembaban cukup tinggi serta kurang terkena paparan sinar matahari.

Anda dapat meletakkan serai yang telah dibakar tersebut pada vas kaca atau keramik yang tidak mudah terbakar. Dengan begitu, cara ini akan aman untuk dilakukan. Ganti serai setelah habis terbakar apabila dirasa masih terdapat nyamuk di rumah Anda.

4. Ampas Kopi

Ampas kopi juga bisa dijadikan alternatif cara mengusir nyamuk. Aroma khas kopi dipercaya tak terlalu disukai oleh hewan satu ini.

Cara penggunaanya cukup mudah. Tuang ampas kopi pada daerah yang rawan dan sering menjadi sarang nyamuk dan berbagai serangga lainnya. Namun, tetap jaga kebersihan lingkungan rumah dengan membersihkan tempat bekas siraman ampas kopi tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Nyamuk secara Aman dan Alami

5. Gunakan kelambu

Seperti halnya bayi yang memiliki kelambu anti-nyamuk, memasang kelambu pada tempat tidur nyatanya cukup efektif. Cara mengusir nyamuk dengan memasang kelambu ini terbilang praktis dan efisien.

Saat ini banyak model kelambu yang bisa Anda gunakan agar terhindar dari gigitan nyamuk sekaligus sebagai pemanis tempat tidur.

Bahan kelambu ini bisa dibilang tepat untuk menghindari gigitan nyamuk. Kelambu merupakan kain yang memiliki lubang-lubang kecil rapat serta memiliki sifat jatuh yang tak mudah terbuka pada bagian bawahnya.

6. Gunakan lampu tidur

Bagi sebagian orang, menggunakan lampu tidur bisa membuat tidur makin nyenyak. Nyatanya, cara mengusir nyamuk juga bisa menggunakan lampu tidur. Lampu tidur saat ini juga memiliki berbagai variasi sehingga cocok pula digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Cara mengusir nyamuk menggunakan lampu tidur ini bisa dibilang cukup efektif. Hal itu karena beberapa lampu tidur saat ini telah memiliki fitur aroma pengusir nyamuk.

Tentu saja selain membuat ruangan menjadi lebih cantik, bisa membuat tidur Anda makin nyenyak karena terhindar dari nyamuk. Lampu tidur yang memiliki fitur aroma pengusir nyamuk ini bisa Anda temukan di berbagai e-commerce.

7. Hindari warna cat gelap

Warna cat pada sebuah ruangan berpengaruh dalam mengusir nyamuk karena nyamuk lebih senang untuk berada di ruangan gelap. Oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan warna gelap pada cat dinding kamar.

Ada pula beberapa warna yang dipercaya tidak disukai oleh nyamuk. Ketiga warna tersebut ialah hijau, putih, dan kuning kecokelatan. Mungkin Anda bisa menggunakan warna tersebut untuk diaplikasikan pada dinding kamar.

 

Sumber: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 18/4/2020), Liputan6 (Penulis: Novita Ayuningtyas/Editor: 8/3/2019).

Video Populer

Foto Populer