Sukses


10 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Aman dan Mudah Dipraktikan

Bola.com, Jakarta - Memiliki bibir lembut, lembap, dan berwarna merah muda cerah menjadi sesuatu yang hampir semua orang inginkan. Kalau tidak dirawat dengan baik, bibir Anda jadi terlihat lebih kusam dan tampak gelap.

Begitu pentingnya bibir bagi penampilan, membuat orang rela melakukan berbagai cara memerahkan bibir. Banyak orang rela merogoh kocek dalam untuk perawatan bibir, bahkan teknologi terbaru menawarkan sulam bibir agar tampilan bibir selalu merah dan bentuknya juga indah.

Di sisi lain, ada banyak hal yang menyebabkan bibir gelap. Mulai paparan sinar matahari, dehidrasi, merokok, hingga terlalu banyak kafein.

Namun, sebenarnya ada banyak cara memerahkan bibir gelap yang tidak mengharuskan Anda membeli produk atau perawatan mahal. Ada beberapa cara memerahkan bibir yang lebih aman dan alami.

Bahkan bahan-bahannya mudah didapatkan, proses perawatannya juga bisa dilakukan sendiri di rumah. 

Berikut berbagai cara memerahkan bibir secara alami, dikutip dari Klikdokter dan Honestdocs, Kamis (17/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

1. Scrub madu dan gula

Cara memerahkan bibir secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan madu dan gula. Campuran madu dan gula akan membantu menyingkirkan sel kulit mati di bibir.

Sel kulit mati merupakan satu di antara faktor penyebab bibir jadi berwarna kehitaman. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mencampurkan satu sendok teh gula dengan madu secukupnya, lalu gosokkan perlahan pada bibir selama beberapa menit.

Setelah itu, biarkan sekitar 10-15 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih. Scrubbing lebih baik dilakukan satu kali seminggu atau paling banyak dua kali dalam seminggu.

2. Es batu

Sudah diketahui es batu memiliki sifat dingin. Sifat dingin ini berperan bisa membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah pada bibir akan membesar sehingga bibir nampak merah.

Caranya, cukup gosok-gosokkan es batu pada bibir selama 15 menit setiap hari.

3. Lidah buaya

Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan ialah dengan menggunakan lidah buaya. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada bibir Anda. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis yang bersifat asam diketahui mampu mencerahkan bibir gelap. Kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang ada di dalam jeruk nipis bisa mengangkat sel kulit mati sehingga kulit bibir dapat beregenerasi dengan sempurna dan tampak lebih merah.

Anda cukup mengoleskan perasan jeruk nipis pada bibir secara merata dan diamkan semalaman. Keesokan harinya baru bilas bibir menggunakan air bersih. Ulangi langkah tersebut secara rutin setiap malam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan bibir yang gelap. Selain untuk memerahkan bibir, minyak ini mampu melembapkan bibir kering dan pecah-pecah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada area bibir secara merata. Gunakan minyak ini secara rutin pada siang dan malam hari.

6. Daun mint

Daun mint akan memberikan sensasi dingin pada bibir. Daun mint juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang dapat memerahkan bibir secara alami.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda haluskan dua lembar daun mint. Oleskan pada bibir dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

7. Mentimun

Kandungan air yang tinggi pada mentimun mampu melembapkan bibir sehingga bibir bisa menjadi merah merona secara alami. Caranya, gosokkan mentimun pada bibir secara rutin.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun sejak lama dikenal kaya akan manfaat untuk kecantikan kulit dan perawatan tubuh. Kandungan vitamin E yang tingi, membuat minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kulit, termasuk kulit bibir Anda.

9. Stroberi

Stroberi merupakan pemerah bibir yang alami karena kandungan vitamin C-nya. Cara memerahkan bibir secara alami cukup belah buah stroberi jadi dua bagian. Oles-oleskan pada bibir. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

10. Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan dan vitamin yang baik dan berguna untuk kesehatan kulit. Terutama karena alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi yang penting bagi tubuh.

Yang perlu Anda lakukan adalah tumbuk halus daging alpukat secukupnya. Oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

Sumber: Klikdokter, Honestdocs

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer