Sukses


10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol, Menghilangkan Rasa Minder

Bola.com, Jakarta - Cara menghilangkan bau jengkol di mulut masih menjadi pencarian orang setelah mengonsumsi olahan makanan ini. Jengkol memiliki aroma khas yang tidak bisa ditandingi oleh makanan lain.

Rasa jengkol sangat nikmat jika disantap menggunakan nasi panas. Namun, setelah mengonsumsinya akan meninggalkan bau di mulut yang cukup mengganggu.

Bahkan bau tersebut kerap membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Selain bau di mulut, aroma jengkol juga bisa tercium dari aroma urine yang dikeluarkan.

Bau pada jengkol berasal dari asam amino yang akhirnya membentuk sulfur. Kandungan berupa sulfur inilah yang menyebabkan mulut bisa menjadi bau.

Sulfur ini juga tidak hanya dari makanan seperti jengkol, namun bisa juga karena bakteri sisa makanan yang tertinggal di mulut.

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut tidak sepenuhnya sulit. Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang mudah didapatkan di rumah atau supermarket.

Berikut cara menghilangkan bau jengkol, dikutip dari Liputan6 dan Merdeka, Jumat (18/12/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

1. Menyikat Gigi

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut dimulai dari cara paling mudah dan sudah pasti biasa Anda lakukan, yaitu menyikat gigi.

Mengingat mulut merupakan satu di antara sumber dari banyaknya bakteri, Anda perlu memberi perhatian lebih pada bagian mulut Anda, terutama gigi yang memiliki banyak celah untuk terselipnya sisa dari makanan penyebab bau mulut.

Tetapi, pastikan cara sikat gigi Anda sudah benar, jangan terburu agar seluruh sisa makanan dapat terangkat.

2. Gunakan Obat Kumur

Setelah Anda menyikat gigi, namun masih terasa bau dari jengkol tersebut, cara menghilangkan bau jengkol di mulut selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkumur dengan obat kumur. Obat kumur tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek dan minimarket terdekat.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

3. Membersihkan Lidah

Jika menyikat gigi dan menggunakan obat kumur sudah dilakukan, untuk memastikan bau dari jengkol tersebut sudah benar-benar hilang, Anda bisa membersihkan bagian lidah menggunakan benang atau Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat.

Membersihkan lidah penting karena lidah merupakan satu di antara tempat tumbuhnya bakteri, terutama pada bagian lidah belakang yang sulit dijangkau oleh sikat gigi atau obat kumur. Itulah mengapa sangat disarankan Anda menggunakan pembersih lidah agar bau jengkol dapat hilang sepenuhnya.

Cara membersihkan lidah dengan alat yang tersedia juga cukup mudah. Anda cukup menempelkan pembersih lidah dari area paling belakang, lalu tarik dengan ditekan ke arah depan. Coba lihat saja pada pembersih lidah tersebut, pasti akan banyak kotoran berwarna putih dengan bau kurang sedap.

4. Minum Kopi

Jenis bahan minuman ini tampaknya tidak perlu diragukan lagi untuk mengatasi berbagai aroma tak sedap. Anda bisa saja memanfaatkan aroma yang dihasilkan kopi untuk menghilangkan bau jengkol pada mulut Anda.

Apabila Anda tidak dapat meminum kopi karena memliki masalah asam lambung, Anda bisa cukup dengan berkumur dengan bubuk kopi yang diberi sedikit air, lalu jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih agar tidak ada bubuk kopi yang tertinggal di antara celah gigi.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

5. Mengunyah Daun Mint

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut selanjutnya yaitu dengan mengunyah daun mint. Daun ini terkenal dengan aroma mentol yang menyegarkan. Aroma mentol ini banyak digunakan sebagai aroma pada beberapa jenis pembersih mulut atau jenis permen.

Untuk melakukan cara menghilangkan bau jengkol di mulut ini cukup mudah. Anda cukup mengunyah beberapa lembar daun mint segar setelah makan jengkol.

Anda bisa mengunyah daun mint ini hingga dirasa aroma jengkol sudah mulai hilang. Tetapi, jangan lupa untuk berkumur dan pastikan tidak ada daun mint yang tersisa dan menempel di gigi.

6. Konsumsi Yoghurt

Yoghurt diketahui memiliki kandungan bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri sehat ini sangat baik untuk membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh, satu di antaranya usus.

Pada beberapa penelitian menyebutkan kandungan probiotik pada yoghurt ternyata sangat efektif untuk mengurangi bau mulut.

Namun, pastikan jenis yogurt yang dikonsumsi rendah gula. Sebab, jika terlalu banyak mengonsumsi yoghurt dengan gula, akan berbahaya bagi kondisi gula darah Anda.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

7. Permen Karet

Cara menghilangkan bau jengkol satu ini mungkin yang paling umum dan menjadi solusi paling efektif jika ingin menghilangkan bau jengkol. Tetapi, Anda perlu cermat dalam memilih permen karet yang akan dikonsumsi, sebab tidak semua permen karet memiliki kemampuan untuk menyegarkan aroma mulut.

Sebaiknya, Anda membeli jenis permen karet yang memiliki aroma mentol, seperti yang banyak dijual di minimarket terdekat.

8. Kunyah Garam

Mengunyah garam bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut akibat makan jengkol. Memang sedikit tak masuk akal, akan tetapi ini cara efektif untuk menghilangkan bau mulut.

Hal ini disebabkan karena garam memiliki fungsi memproduksi air liur, dengan begitu garam dapat membuat produksi air liur yang baru sehingga air liur lama yang tekontaminasi bau jengkol dapat dinetralisasi.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

9. Minum Susu

Meminum segelas susu dapat membantu menghilangkan bau mulut sehabis makan jengkol karena susu memiliki sifat yang menetralkan.

Hal ini sama dengan saat ketika meminum obat, tidak disarankan meminum obat bersama dengan susu karena susu akan menetralkan obat tersebut. Nah, bau mulut juga akan dinetralkan ketika Anda meminum segelas susu.

10. Minum Minuman Bersoda

Bagi Anda pencinta soda pasti akan berbahagia karena ternyata minuman favorit Anda dapat membantu menghilangkan bau jengkol yang tertinggal di mulut ketika habis memakannya. 

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Billy Adytya. Published: 11/12/2019), Liputan6.com (Penulis: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Tyas Titi Kinapti. Published: 3/7/2020)

Video Populer

Foto Populer