Sukses


9 Cara Mengusir Semut di Rumah Secara Alami, Praktis dan Ampuh

Bola.com, Jakarta - Kehadiran semut di rumah kerap mengganggu kenyamanan Anda. Keberadaan binatang kecil ini pun sulit terdeteksi.

Semut paling senang berada di sekitar makanan. Dalam sekejap saja, semut yang entah keberadaannya dari mana, sudah datang menyerbu.

Beberapa semut tidak hanya menggigit makanan, tetapi juga menggigit manusia. Tentu hal ini sangat menyebalkan.

Jadi, semut harus disingkirkan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di rumah. Umumnya, cara mengusir semut bisa dilakukan dengan menyemprot obat nyamuk berbahan pestisida.

Cara ini terbukti ampuh menghilangkan semut dengan sekejap. Tetapi, terlalu sering menggunakan pestisida di rumah dapat berdampak buruk bagi penghuni rumah, terutama apabila jarak penyemprotan dekat dengan makanan atau minuman.

Takut menggunakan bahan kimia untuk mengusir semut? Tenang, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan menggunakan beberapa bahan alami.

Berikut cara mengusir semut dengan bahan alami yang bisa Anda praktikkan di rumah, dikutip dari Hellosehat dan Merdeka, Senin (21/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Semut di Rumah Secara Alami

1. Buah lemon

Buah lemon yang asam juga bisa digunakan sebagai cara mengusir semut alami. Lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai semut dan bisa dijadikan cairan insektisida alami.

Caranya, cukup campurkan air dengan perasan lemondengan perbandingan satu buah lemon dan tiga bagian air. Masukkan ke botol spray.

Semprotkan langsung pada kerumunan semut atau bagian-bagian rumah yang rentan dikerubungi semut. Selain dapat membasmi semut, lemon juga memberikan bau segar untuk rumah Anda.

2. Lada

Pilihan alternatif bahan alami untuk mengusir semut di rumah, Anda bisa menggunakan lada. Anda cukup menaburkan lada di pinggiran lantai.

Aroma lada yang panas dan sedikit pedas bisa membuat semut enggan naik ke permukaan.

3. Garam

Bumbu dapur satu ini tak hanya digunakan sebagai penikmat rasa masakan, juga bisa mencegah dan menghentikan semut datang ke rumah. Caranya sama seperti lada di atas.

Anda bisa menaburkan garam ke retakan, lubang, atau daerah yang semut rawan datang. Pastikan daerah yang akan ditaburi tersebut dalam keadaan kering sebelum menaburkannya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Semut di Rumah Secara Alami

4. Tepung terigu

Meski cara mengusir semut dengan tepung terigu akan mengakibatkan rumah terlihat berantakan atau kotor, cara mengusir semut ini bisa menjadi alternatif.

Anda cukup menaburkan tepung maizena pada kerumunan koloni semut yang bergerombol secara langsung atau Anda bisa menambahkan sedikit air.

5. Bubuk kopi

Tak hanya nikmat ketika diminum, bubuk kopi mampu mengusir semut yang bandel. Anda dapat menggunakan semua jenis kopi yang ada di pasaran atau menggunakan ampas kopi bekas seduhan.

Caranya mudah cukup. Letakkan bubuk kopi di daerah yang biasanya semut datang. Semut tidak suka bubuk kopi sehingga akan membuat mereka menjauh dari tempat tersebut.

6. Cengkeh

Cara selanjutnya untuk mengusir semut, Anda bisa menggunakan cengkeh. Semut tidak kuat dengan aroma yang cukup kuat.

Seperti yang kita ketahui, cengkeh memiliki aroma khas yang cukup kuat. Anda bisa menempatkan 5-10 cengkeh di tempat yang banyak semut. Dalam beberapa menit, semut akan membubarkan diri dan menghindar dari cengkeh.

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Semut di Rumah Secara Alami

7. Bawang putih

Umumnya, bawang putih memang menjadi bumbu dapur. Namun, bawang putih juga bisa menjadi alternatif cara mengusir semut tanpa repot.

Anda cukup mengiris bawang putih secukupnya. Lalu, letakkanlah pada pojok ruangan di mana Anda kerap melihat semut berkeliaran.

8. Bubuk cabai

Bubuk cabai memiliki aroma pedas. Hal ini cukup ampuh untuk mengusir semut. Binatang berukuran kecil ini tidak suka dengan aroma pedas.

Cara mengusir semut dengan bubuk cabai rawit ialah dengan meletakkan bubuk cabai ke dalam wadah kecil. Lalu, tempatkan wadah bubuk cabai tersebut dekat dengan makanan yang diburu semut-semut tersebut. Semut-semut tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

9. Cuka dan air

Campuran cuka dan air dapat menjadi insektisida yang murah dan meriah. Larutan ini dapat membuat semut mati.

Larutan ini terbukti ampuh membuat semut enggan mendekat. Bau cuka yang menyengat akan hilang setelah mengering. Caranya, Anda perlu mencampurkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Masukkan larutan tersebut ke botol spray.

Semprotkan larutan langsung pada bagian rumah yang sering dilalui semut, seperti bingkai jendela, pintu, dan furnitur kayu lain. Untuk mendapatkan hasil maksimal, semprotkan secara rutin setiap pagi.

 

Sumber: Hellosehat, Merdeka.com (Penulis: Kurnia Azizah. Published: 10/1/2020).

 

Dapatkan kumpulan artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer