Sukses


9 Cara Membuat Presentasi yang Baik dan Menarik, Bikin Audiensi Terkesima

Bola.com, Jakarta - Cara membuat presentai yang baik wajib diketahui setiap orang. Kemampuan presentasi yang bagus sangat berguna di dunia pendidikan maupun kerja.

Presentasi yang menarik dan efektif dibutuhkan untuk menarik minat orang yang menyaksikan.

Ketika mempresentasikan sesuatu, orang biasanya akan menggunakan alat bantu, seperti PowerPoint dan laser pointer. Tampilan Powerpoint yang menarik menjadi satu di antara daya tarik utama.

Membuat presentasi yang baik dilakukan dengan menggabungkan teks dan gambar agar terlihat menarik.

Memperhatikan kenyamanan dan kemudahan audiensi menjadi prioritas utama. Ketika audiensi terkesima dan tertarik dengan presentasi, berarti misi Anda berhasil.

Berikut ini cara membuat presentasi yang baik, disadur dari Liputan6, Rabu (23/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Presentasi yang Baik

Meminimalkan Jumlah Slide

Presentasi yang baik dan menarik harus efektif dalam penyampaiannya. Untuk mempertahankan pesan yang jelas dan membuat audiensi tetap penuh perhatian dan tertarik, pertahankan jumlah slide dalam presentasi Anda seminimal mungkin. 

Penyampaian dan penjelasan yang Anda berikan menjadi faktor yang sangat penting dalam hal ini. Kemampuan menarik minat audiensi dibutuhkan untuk membuat presentasi Anda berhasil memikat banyak orang.

Pilih Font yang Mudah Dibaca Audiensi

Selanjutnya, Anda harus bisa memilih font yang mudah dibaca oleh audiensi. Memilih gaya font yang tepat, seperti Helvetica atau Arial, membantu menyampaikan pesan yang Anda bawakan dalam presentasi.

Hindari font yang sempit, seperti Arial menyempit, dan hindari font yang menyertakan tepi mewah. Anda juga harus memperhatikan apakah font yang Anda pilih bisa dibaca dari jarak yang jauh.

Pilih Ukuran Font yang Dapat Dibaca Audiens dari Kejauhan

Seperti pemilihan font, ukuran font juga memiliki peranan yang sangat penting dalam cara pembuatan presentasi yang baik. Memilih ukuran font yang tepat membantu menyampaikan pesan dari presentasi Anda.

Dirangkum dari Microsoft, Anda bisa berpatokan pada pengukuran berikut dalam menentukan ukuran font di layar komputer. Sebelumnya, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu mode layar penuh pada tab tampilan, lalu dalam grup tampilan presentasi, klik peragaan slide.

- Huruf satu inci dapat dibaca dari 10 kaki.

- Huruf dua inci dapat dibaca dari 20 kaki.

- Huruf tiga inci dapat dibaca dari 30 kaki.

Pengukuran tersebut menunjukkan ukuran font pada layar komputer Anda, bukan saat diproyeksikan pada layar untuk audiensi dalam mode layar penuh.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Presentasi yang Baik

Membuat Teks Tetap Sederhana dengan Menggunakan Poin atau Kalimat Singkat

Cara membuat presentasi yang baik selanjutnya adalah membuat poin dan kalimat singkat saja. Gunakan poin atau kalimat singkat dan cobalah untuk mempertahankan masing-masing satu baris artinya, tanpa kalimat-kalimat teks yang panjang.

Satu di antara cara membuat presentasi yang baik ini bertujuan agar audiensi mendengarkan Anda dalam menyampaikan informasi dan tidak terlalu berfokus ke layar monitor.

Kalimat yang panjang tentunya mengganggu konsentrasi audiensi dari fokus mendengarkan Anda karena membaca kalimat di slide presentasi.

Menggunakan Grafik untuk Membantu Menyampaikan Pesan Presentasi

Selanjutnya, Anda juga bisa memasukkan berbagai grafik art guna membantu menyampaikan presentasi. Anda bisa menggunakan grafik untuk membantu bercerita. Hal ini sangat baik untuk menarik minat audiensi pada presentasi anda.

Namun, jangan membebani audiensi dengan menambahkan terlalu banyak grafik ke slide. Hal ini membuat presentasi Anda menjadi membosankan.

Membuat Label untuk Bagan dan Grafik agar Mudah Dimengerti

Supaya presentasi Anda lebih mudah dimengerti, Anda bisa menggunakan teks yang cukup untuk membuat elemen label dalam bagan atau grafik dipahami. Dengan begitu, tidak hanya menarik, presentasi Anda juga akan lebih efektif tersampaikan kepada para audiensi.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Presentasi yang Baik

Membuat Latar Belakang Slide Tetap Halus dan Konsisten

Cara membuat presentasi yang baik selanjutnya adalah membuat latar belakang slide tetap halus dan konsisten. Hal ini dilakukan agar audiensi lebih nyaman melihat presentasi Anda. Namun, jangan pilih yang terlalu mencolok agar tidak mengaburkan pesan presentasi Anda.

Pilih templat yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian. Anda tentunya tidak ingin latar belakang atau desain malah mengalihkan pesan presentasi.

Menggunakan Kontras Tinggi antara Warna Latar Belakang dan Warna Teks

Masih seputar warna dan latar belakang, Anda bisa menggunakan kontras tinggi antara warna latar belakang dan warna teks. Tema secara otomatis mengatur kontras antara latar belakang yang terang dengan teks berwarna gelap atau latar belakang gelap dengan teks berwarna terang.

Hal ini sangat penting dalam cara pembuatan presentasi yang baik agar audiensi tidak merasa terganggu saat melihat slide presentasi.

Memeriksa Ejaan dan Tata Bahasa

Untuk mendapatkan dan mempertahankan rasa hormat dari audiensi, selalu periksa ejaan dan tata bahasa dalam presentasi Anda. Hal ini kerap kali dianggap sepele, padahal adanya kesalahan kecil seperti ini sering sekali diperhatikan oleh audiensi.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 21/11/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer