Sukses


35 Kata-Kata Mutiara Toleransi Antarumat Beragama, Menghargai Perbedaan untuk Perkuat Kebersamaan

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara toleransi antarumat beragama membuatmu mengerti, memahami, dan menghargai perbedaan. Terlebih lagi, Indonesia dihuni masyarakat yang memeluk agama berbeda-beda.

Itulah mengapa penting untuk toleransi antarumat beragama. Toleransi merupakan sifat atau sikap toleran, menghargai perbedaan kelompok atau individu masyarakat tertentu.

Jadi, toleransi bisa dikatakan suatu perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok atau golongan yang berbeda dalam masyarakat.

Sikap toleransi bisa diterapkan pada kelompok yang memiliki perbedaan pandangan seperti agama, ras, suku dan budaya. Adanya perbedaan tersebut seharusnya bisa menjadi alasan untuk melengkapi satu sama lain dan bukan dipertentangkan.

Di sisi lain, kita hidup di negara yang masyarakatnya memeluk agama berbeda-beda. Untuk menyikapi perbedaan tersebut, diperlukan rasa dan sikap toleransi yang kuat dengan menghormati satu sama lain yang memeluk agama berbeda.

Selain dengan perbuatan, kita bisa menularkan sikap toleransi antarumat beragama melalui kata-kata. Banyak kata-kata mutiara toleransi antarumat agama yang bisa kamu gaungkan melaui media sosial.

Dengan begitu, diharapkan setiap warga Indonesia akan hidup rukun meski berbeda kepercayaan beragama.

Berikut ini adalah kumpulan kata-kata mutiara toleransi antarumat beragama, seperti dilansir dari laman Juproni, Jumat (25/12/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Toleransi Antarumat Beragama

1. "Memahami agama dan budaya memang sulit. Kuncinya adalah toleransi, kebijaksanaan dan persatuan."

2. "Hasil tertinggi dari pendidikan adalah toleransi. Karena semakin seorang paham perbedaan, dia akan paham makna kebersamaan."

3. "Jika beragama, ketahuilah: semua agama mengajarkan kasih sayag, kejujuran, toleransi dan keadilan. Pelajari nilai-nilai agama itu dan praktikkan dengan bangga."

4. "Toleransi itu membiarkan yang beda agama denganmu beribadah dengan tenang tanpa gangguan."

5. "Menjunjung toleransi dalam keberagaman adalah kekuatan kita untuk menciptakan persatuan."

6. "Perdamaian erat kaitannya dengan saling toleransi, mendengarkan dan memahami, serta mengurangi perdebatan yang tak perlu adalah kunci yang paling penting."

7. "Toleransi itu cukup saling menghormati dan tidak mengganggu ibadah agama lain."

8. "Toleransi diperlukan bukan hanya oleh kelompok minoritas, tapi setiap manusia. Sebab setiap manusia pada hakikatnya membutuhkan kehidupan yang harmoni."

9. "Belajar toleransi adalah landasan untuk menciptakan dunia yang lebih baik."

10. "Beberapa agama berkembang dengan intoleransi dan kebencian. Lainnya, tentang toleransi dan cinta."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Toleransi Antarumat Beragama

11. "Toleran manusia sedang diuji, jangan sampai sifat toleransi kita ternodai hanya karena mereka yang mengadu domba umat beragama."

12. "Memahami agama dengan seutuhnya akan menciptakan rasa toleransi sebesar-besarnya."

13. "Hidup akan lebih tenteram jika kita menjalaninya dengan penuh toleransi."

14. "Toleransi itu bukan hanya soal berdampingan, tapi juga soal kesejajaran."

15. "Toleransi diperlukan bukan hanya oleh kelompok minoritas, tapi setiap manusia. Sebab setiap manusia pada hakekatnya membutuhkan kehidupan yang harmoni."

16. "Hidup di dalam perbedaan seharusnya dapat mengajarkan kita untuk menemukan keharmonisan hidup bersama lewat toleransi".

17. "Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu-satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar, tetapi mereka juga tidak salah."

18. "Pentingkan introspeksi, bukan interpretasi. Mawas diri, bukan harga diri. Toleransi bukan arogansi. Amanah, bukan amarah. Meminta maaf, bukan meminta perhatian".

19. "Dengan pemahaman akan perbedaan, kita akan menjadi peka, merasa penting adanya tenggang rasa, toleransi, dan menghargai perbedaan."

20. "Toleransi menjadi sulit ketika orang lupa bahwa beragama itu untuk mengatur diri sendiri, bukan mengatur orang lain."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Toleransi Antarumat Beragama

21. "Toleransi menjadi sulit ketika orang lupa bahwa beragama itu untuk mengatur diri sendiri, bukan mengatur orang lain. Banyak orang beragama yang bahkan belum menggenapi pelaksanaan nilai agama untuk dirinya sendiri tapi sibuk mengurusi perilaku orang lain."

22. "Tugas maha besar generasi kita adalah mewariskan toleransi bukan kekerasan."-Ridwan Kamil

23. "Toleransi itu sikap kita kepada sesama. Tapi, hati tetap berpegang teguh pada agamanya masing-masing." - Andry Satriandie

24. "Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin besar rasa toleransinya". -Gus Dur

25. "Agama melarang adanya perpecahan, bukan perbedaan". -Gus Dur

26. "Kasih sayang dan toleransi adalah kartu identitas orang Islam". -Ahmad Dahlan

27. "Meningkatkan ketaatan pada agama masing-masing adalah prinsip penguatan NKRI. Semakin kuat ketaatan pada agama yang diyakininya, maka makin dalam merasakan arti toleransi." -Gus Tama

28. "Toleransi dan kerukunan harus dikedepankan. Jika saudara kita yang berbeda suku dan agama diterpa masalah, kita harus menolongnya, ketika mereka terjatuh kita harus siap membangunkannya." -Sumurung Sinambela

29. ""Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, maka orang tidak pernah tanya apa agamamu". –Gus Dur.

30. "Toleransi di negeri ini baik-baik saja, sejatinya. Muslim menolong non-muslim, non-muslim menolong muslim, dari dulu sudah begitu". -Akmal Sjafril

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Toleransi Antarumat Beragama

31. "Toleransi bukan hanya milik satu golongan umat beragama, tetapi milik semua golongan dan berlaku untuk semua pemeluk agama". -Lukman H. Saifuddin

32. "Toleransi itu dasarnya bukan semua agama sama. Tapi, pemeluk setiap agama menghormati pemeluk agama lain yang meyakini kebenaran agamanya masing-masing". -Mahfud MD

33. "Memuliakan manusia, berarti memuliakan penciptanya. Merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan dan meninstakan penciptanya." –Gus Dur.

34. "Peran agama sesungguhnya membuat orang sadar akan fakta bahwa dirinya merupakan bagian dari anggota umat manusia, dan bagian dari alam semesta". –Gus Dur

35. "Toleransi tidak mengartikan kurangnya komitmen pada kepercayaannya, melainkan hal itu mengutuk penindasan dan penganiayaan terhadap orang lain". – John F. Kennedy

Sumber: Juproni

Yuk, baca kumpulan kata-kata mutiara lainnya dengan mengklik tautan ini

Video Populer

Foto Populer