Sukses


3 Pilihan Layanan Tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta, Wajib Anda Ketahui

Bola.com, Jakarta - Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk menekan angka positif COVID-19, terutama saat ibur Natal dan Tahun Baru 2021. Pasalnya, pandemi COVID-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda hilang.

Masyarakat diwajibkan melakukan tes COVID-19 jika hendak bepergian keluar kota menggunakan pesawat. Calon penumpang pesawat melalui Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga pilihan layanan tes COVID-19.

"Kebijakan tiga pilihan rapid tes tersebut untuk memberikan pilihan bagi calon penumpang pesawat agar bisa merencanakan tes COVID-19 dengan lebih baik serta memecah penumpukan calon penumpang," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Pasalnya, jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes di Airport Health Center Terminal 2 dan Terminal 3 meningkat dalam beberapa hari terakhir. Layanan tes Corona tersebut bisa didapat di Airport Health Center Soetta.

Terkait ketentuan itu, PT Angkasa Pura telah menurunkan tarif tes COVID-19 di Airport Health Center demi mendukung penerbangan sehat. Tarif PCR yang semula Rp 885.000 menjadi Rp 800.000 untuk hasil 24 jam setelah pemeriksaan.

Sedangkan tarif rapid tes antigen yang sebelumnya Rp 385.000 untuk hasil 15 menit setelah pemeriksaan menjadi Rp 200.000.

Dan tes rapid antibodi tetap Rp 85.000. Tarif tersebut akan tetap berlaku pada periode angkutan Natal dan Tahun baru 2020/2021.

Airport Health Center tersebut dioperasikan oleh Farmalab dan Kimia Farma Diagnostik. Berikut ini tiga pilihan layanan tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta, disadur dari Liputan6, Minggu (27/12/2020).

2 dari 4 halaman

Pilihan Pertama

Calon penumpang pesawat bisa memesan terlebih dulu (pre-order service) untuk memilih jadwal tes COVID-19 di Airport Health Center Terminal 2 (Shelter Skytrain) atau Terminal 3 (area lounge umroh). Preorder bisa dilakukan melalui aplikasi Travelation milik PT Angkasa Pura II.

Aplikasi Travelation ini juga terkoneksi dengan aplikasi Indonesia Airports (INAirport).

3 dari 4 halaman

Pilihan Kedua

Calon penumpang pesawat bisa melakukan tes PCR atau rapid tes antigen di dalam kendaraan secara drive thru di tiga lokasi. Lokasi pertama yang telah ada saat ini yaitu drive thru tes di area parkir Terminal 3 domestik. Lokasi kedua di area parkir Terminal 1B akan tersedia mulai 21 Desember 2020.

Sedangkan lokasi ketiga di area parkir Terminal 2D juga akan bisa diakses pada tanggal yang sama.

4 dari 4 halaman

Pilihan Ketiga

Calon penumpang bisa langsung menuju Airport Health Center Terminal 3 (SMMILE Center) dan Terminal 2 (Shelter Skytrain) untuk tes dengan walk in service seperti yang sudah dilakukan saat ini.

Dengan tiga pilihan layanan tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta, diharapkan bisa menjaga penerbangan agar tetap bebas repot (hassle free), bebas stres (stress free), dan bebas kebingungan (confusing free).

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Dyah Puspita Wisnuwardani. Published: 20/12/2020).

Video Populer

Foto Populer