Sukses


5 Cara Membuat Aquascape bagi Pemula, Murah dan Mudah

Bola.com, Jakarta - Di tengah pandemi COVID-19 segala aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jenuh, termasuk munculnya demam aquascape.

Aquascape adalah seni mengatur tanaman, bebatuan, kayu, karang, dan elemen lainnya hingga menyerupai ekosistem air asli. Sederhananya, aquascape merupakan sebuah akuarium, namun yang lebih lebih kompleks.

Tidak hanya fokus terhadap ikan atau hewan air saja, melainkan juga membuat sebuah mikro ekosistem air. Fungsi dari aquascape sebenarnya hampir sama aquarium pada umumnya.

Aquascape dapat dijadikan sebagai dekorasi cantik bagi rumah Anda. Suasana dalam ruangan akan terasa lebih asri dan hidup.

Membuat aquascape untuk dekorasi ruangan tidak terlalu sulit. Membuat aquascape bisa dibilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk bagi Anda sebagai pemula di bidang ini.

Keuntungan dari membuat aquascape sendiri, selain lebih terjangkau, Anda juga juga dapat menyesuaikan dekorasi dan memilih sendiri tanaman atau pernik hias untuk diletakkan di dalam aquascape.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat aquascape, berikut cara membuatnya, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (29/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Aquascape

1. Bahan atau komponen aquascape

Ada beberapa bahan atau kompenen yang harus Anda siapkan, di antaranya:

  • Aquarium
  • Filter Lampu
  • Pasir silica
  • Pupuk dasar atau pupuk cair
  • Tanaman
  • Ikan
  • CO2
  • Bebatuan

2. Membentuk aquarium

Jika Anda ingin membuat aquascape yang kecil, Anda bisa menyiapkan aquarium yang kecil. Namun, lebih baik jika Anda membuat aquarium yang besar sehingga tampilannya akan makin menarik.

Setelah Anda memastikan ukuran aquariumnya, cara membuat aquascape selanjutnya adalah menaburkan pasir halus di bagian dasar dengan ketinggian 2-3 cm.

Jenis pasir yang digunakan bisa pasir silica dan tambahkan di bagian tengahnya karbon aktif. Karbon aktif ini berfungsi untuk menyerap zat yang berbahaya yang ada pada air saat kita membuat aquascape.

Usahakan membuat pasirnya tersebut memiliki semacam pola lekukan menjorok di bagian tengah dan agak tinggi di sampingnya.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Aquascape

3. Memberi pupuk

Setelah menata pasir di bagian dasarnya, masukkan pupuk di atas pasir pada bagian lekukan yang tadi telah Anda atur sehingga pupuk tersebut tidak akan tampak jika dilihat dari samping. Jika pupuknya sudah dimasukan, tutup kembali dengan pasir agar pupuknya tidak kelihatan.

Pemberian pupuk pada pembuatan aquascape hanya untuk tanaman yang punya akar. Tetapi, jika menggunakan jenis tanaman air yang mampu menyerap nutrisi melalui daun, pemberian puuk ini bisa dihilangkan untuk menghemat biaya.

4. Membuat hardscape

Cara membuat aquascape selanjutnya adalah membuat hardscape yaitu menambahkan hiasan berupa bebatuan yang telah Anda siapkan dan kayu untuk membentuk aquascape yang menarik.

Penataan hardscape ini tidak boleh sembarangan. Penataan kayu dan batu harus dilakukan dengan baik agar ketika ditambahkan tanaman hasilnya akan seperti yang Anda harapkan.

Jika Anda ingin membentuk efek kedalaman, Anda bisa membuat pasir yang ada di bagian belakang lebih tinggi daripada yang ada di depan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Aquascape

5. Masukkan tanaman

Tahapan menanam ini sebenarnya bisa Anda lakukan sebelum akuarium diisi air. Namun, ada baiknya isi terlebih dahulu seperempat bagian aquarium dengan air.

Pastikan untuk memasukan airnya secara perlahan dengan menggunakan bantuan saringan atau alat khusus agar kucuran airnya tidak merusak dekorasi pasir dan pupuk yang telah dipasang.

Selain menanam tanaman, cara membuat aquascape yang harus Anda lakukan adalah memasang peralatan, seperti outlet filter, peletakan diffuser CO2, pemasangan lampu atau pencahayaan, dan peralatan lainnya. Setelah semua siap, jangan Anda masukkan dulu hewan ke aquascape ini.

Jika Anda langsung memasukkan hewan ke aquascape, dikhawatirkan akan mati karena masih terdapat kandungan amonia yang tinggi di dalam air.

Sebaiknya tunggu dulu lebih kurang selama dua minggu agar kandungan amonia di dalam air hilang. Setelah itu Anda bisa memasukkan ikan hias yang berukuran kecil ke aquascape.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Heri Setiawan. Published: 19/3/2019.)

 

Dapatkan kumpulan artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer