Sukses


8 Manfaat Madu bagi Kesehatan, Kaya Antioksidan dan Baik untuk Jantung

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal madu? Cairan yang dihasilan oleh lebah ini sering digunakan sebagai pemanis. Jika dilihat, madu sekilas menyerupai sirup, namun lebih kental.

Madu bukan hanya sekadar sebagai alternatif gula karena pada dasarnya produk alami ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Madu telah lama digunakan dalam keperluan pengobatan. Di dalam madu, terdapat beragam macam kandungan yang diperlukan oleh tubuh.

Kandungan seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid yang ada di dalamnya sangat baik untuk menunjang kesehatan Anda.

Selain itu, ada banyak macam mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc. Kandungan terpenting dari madu adalah asam askorbat, asam pantotenat, niacin dan riboflavin.

Madu kerap digunakan untuk pengobatan Ayurveda selain sebagai obat pencernaan dan ketidakseimbangan pada tubuh. Mengetahui hal tersebut, mengonsumsi madu secara rutin diyakini bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Madu cocok untuk dikonsumsi oleh semua orang, termasuk penderita diabetes.

Khasiat mengonsumsi madu untuk kesehatan tidak hanya itu saja. Berikut ini beragam manfaat madu yang bisa Anda dapatkan, seperti dilansir dari Healthline, Kamis (7/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Madu bagi Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengonsumsi madu bisa menjadi solusi. Madu mengandung senyawa antioksidan yang mampu efektif menurunkan tekanan darah. Sebagai informasi, memiliki tekanan darah tinggi bisa berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup minum sesendok madu di malam hari.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat madu selanjutnya ialah mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Pentingnya menurunkan kolesterol jahat yang tertumpuk di dalam tubuh, yakni agar terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi merupakan satu di antara faktor risiko kuat penyebab penyakit jantung. Mengonsumsi madu juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

3. Menurunkan trigliserida

Trigliserida adalah jenis lemak yang ada di dalam darah. Memiliki tingkat trigliserida yang tinggi bisa berisiko terkena penyakit jantung serta diabetes.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi madu secara rutin. Madu berperan efektif membersihkan darah dari lemak yang tidak perlu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Madu bagi Kesehatan

4. Mengatasi luka bakar

Memiliki kandungan antiradang, antibakteri, dan antijamur, madu dipercaya bisa menjadi obat luka bakar alami.

Para peneliti percaya kekuatan penyembuhan madu berasal dari senyawa yang dimiliki serta kemampuannya untuk memberi makan jaringan di sekitarnya sehingga membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Madu sangat berguna untuk mengatasi luka bakar ringan, kondisi kulit lainnya, dan efektif untuk ulkus kaki diabetik.

5. Obat batuk alami

Batuk merupakan sebuah masalah infeksi saluran pernapasan atas. Infeksi ini dapat memengaruhi kualitas tidur pengidapnya.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan madu untuk solusi. Madu dipercaya dapat membantu meredakan batuk.

Sebuah studi menunjukkan madu terbukti efektif dibandingkan obat batuk yang kerap digunakan untuk meredakan masalah ini.

6. Sumber antioksidan

Cairan alami dari lebah ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Sebuah penelitian menyatakan, kandungan antioksida di dalam madu mampu mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit kanker dan penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Madu bagi Kesehatan

7. Mengatasi masalah pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan seperti diare, mengonsumsi madu bisa menjadi obatnya. Madu telah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit pencernaan.

Sejumlah penelitian menyebutkan madu merupakan satu di antara prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Hal ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

8. Menjaga kesehatan jantung

Memiliki senyawa bernama fitonutrien, madu dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung. Madu berperan melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis.

 

Sumber: Healthline

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Bola Beli: Mengulas Kualitas Jersey Sepeda Consina Ultra Series

Video Populer

Foto Populer