Sukses


15 Manfaat Kopi bagi Tubuh, Tak hanya Melepas Kantuk

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang hanya mengetahui manfaat kopi bagi tubuh sebagai penghilang rasa kantuk. Ketika kita menikmati secangkir kopi hangat, tubuh seketika seperti mendapatkan tenaga baru.

Kopi merupakan satu di antara minuman favorit di dunia. Berbagai olahan kopi telah tersedia di warung kopi hingga kafe.

Ada berbagai macam jenis kopi, seperti robusta dan arabika, dan juga terdapat banyak kopi yang berasal dari berbagai penjuru daerah di dunia, dan memiliki cita rasa sendiri.

Sementara, kopi yang cukup terkenal di Indonesia adalah kopi luwak. Kopi yang diproses dari kotoran luwak ini sangat dikenal karena memiliki tingkat keasaman yang rendah dan memiliki cita rasa yang kuat.

Selain Indonesia, Brasil, Vietnam, dan Kenya juga termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia dan terkenal sebagai komoditas andalan.

Selain diolah sebagai minuman, manfaat kopi juga bisa berguna bagi kesehatan dan kecantikan kulit, contohnya dengan menjadi bahan masker.

Berikut manfaat kopi bagi tubuh, disadur dari Brilio, Sabtu (9/1/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Kopi bagi Tubuh

1. Menurunkan berat badan

Ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Satu di antaranya dengan meminum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan biji kopi mengandung senyawa yang bernama klorogenat dan kafein, yang bisa menurunkan berat badan. Jadi selain mengatur pola makan, program diet Anda akan lebih berjalan dengan lancar bila mengonsumsi kopi.

2. Dapat mencegah diabetes

Umumnya penyakit diabetes dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang sehingga tidak bisa mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah

Dengan mengonsumsi kopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh mencegah terjadinya diabetes. Tetapi, juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur serta menjaga pola makan.

3. Mengurangi tingkat stres dan depresi

Apabila sedang merasa depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, kopi merupakan satu di antara minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut.

Buatlah secangkir kopi hangat sesuai selera, setelah itu Anda pasti akan merasakan perasaan rileks, bahagia, dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kembali.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kopi bagi Tubuh

4. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, akan berdampak positif bagi tubuh. Satu di antaranya kopi.

Jika kopi dikonsumsi secra teratur dan takarannya pas, kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Jika metabolisme dalam tubuh lancar, lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

5. Meningkatkan daya ingat

Tidak bisa dimungkiri, bila usia seseorang bertambah, daya ingatnya akan berkurang. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi. Jadi, kalau sudah mulai sering lupa, kopi merupakan satu di antara cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat.

6. Meredakan sakit kepala

Bila Anda sedang mengalami sakit kepala, satu di antara cara yang paling aman untuk meredakan rasa sakit itu adalah dengan mengonsumsi kopi hitam secukupnya. Jadi, Anda tidak usah repot-repot membeli obat pereda sakit kepala, cukup membuat secangkir kopi hitam hangat.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kopi bagi Tubuh

7. Mencegah kanker kulit

Ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa sebagian besar seseorang yang mengonsumsi kopi setiap harinya, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kulit dibandingkan orang yang jarang meminum kopi.

Alasannya adalah, kandungan kafein yang ada dalam kopi bisa menekan sel-sel jahat dalam tubuh yang bisa memicu terjadinya kanker kulit saat terpapar sinar matahari.

8. Menambah antioksidan dalam tubuh

Zat antioksidan tidak hanya terdapat di dalam buah atau sayuran segar saja, di dalam kopi juga ada. Di dalam tubuh, antioksidan merupakan satu di antara zat yang paling penting bagi tubuh.

Pasalnya, antioksidan sangat bermanfaaat untuk menangkal racun-racun yang ada di dalam tubuh, akibat pola hidup yang tidak sehat, kurang berolahraga, dan terpapar polusi saat di jalan.

9. Memperkuat tulang

Sebagian orang berasumsi kalsium bisa didapat bila mengonsumsi susu secara teratur. Hal memang benar adanya, namun ada hal yang perlu diketahui, kalsium juga bisa didapat dengan meminum kopi secara teratur.

Bila tubuh mendapatkan kalsium yang cukup, semua tulang yang ada di dalam tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kopi bagi Tubuh

10. Meningkatkan produktivitas

Sudah bukan lagi rahasia umum kopi mengandung kafein yang tinggi. Wajar kopi sering dikonsumsi oleh para pekerja keras untuk meningkatkan produktivitas kerja. Pasalnya, kafein bisa mengirim efek stimulan pada saraf pusat yang ada di dalam tubuh sehingga lebih produktif.

11. Mengecilkan pori-pori wajah

Selain dapat dikonsumsi, kopi bisa digunakan sebagai masker untuk merawat wajah agar tetap halus dan cerah. Kulit pada wajah merupakan satu di antara kulit yang paling sensitif dibandingkan kulit lainnya.

Bila tidak dirawat dengan sungguh-sungguh, akan mengakibatkan kulit kasar dan timbul jerawat. Kopi diyakini memiliki zat yang dapat membuat pori-pori wajah mengecil dan terasa halus.

12. Mengatasi wajah berminyak

Bagi sebagian besar wanita, kulit berminyak dianggap tidak indah, membuat wajah terlihat kotor, dan tidak segar. Jika ingin mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya mencoba membuat masker sendiri menggunakan kopi.

Kopi bisa dilarutkan dengan air mawar, kemudian oleskan di seluruh wajah dan tunggu hingga beberapa menit. Kemudian bilas dengan air biasa, lakukan hal itu secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kopi bagi Tubuh

13. Mengatasi wajah kusam

Setiap wanita pasti mendambakan wajah yang cerah dan berseri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan wajah cerah berseri, satu di antaranya membuat masker menggunakan kopi.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi diyakini sangat ampuh membuat kulit wajah terlihat lebih cerah alami.

14. Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat

Bakteri atau minyak berlebih pada kulit wajah merupakan satu di antara faktor utama penyebab munculnya jerawat pada wajah. Jerawat juga dianggap dapat mengganggu penampilan, bahkan menimbulkan rasa sakit. Bila dibiarkan terus menerus, akan menimbulkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Jangan khawatir, dengan kopi Anda bisa membuat masker kopi sendiri di rumah. Apabila digunakan secara teratur, masker kopi bisa menyamarkan bekas jerawat pada wajah dan membuat kulit wajah Anda kembali halus.

15. Meningkatkan stamina dan performa

Kafein yang terkandung dalam kopi bisa membantu tubuh untuk menyimpan energi saat sedang berolahraga. Jadi, sebelum berolahraga, sebaiknya mengonsumsi kopi terlebih dahulu sehingga saat olahraga, Anda memiliki stamina dan performa yang stabil dan tidak mudah lelah.

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Vaulika Rinjani. Published: 7/11/2018)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer