Sukses


8 Tanda Kanker Paru-paru yang Perlu Anda Cermati: Nyeri Dada dan Batuk Berkepanjangan

Bola.com, Jakarta - Kanker paru-paru adalah satu di antara jenis kanker yang banyak diderita di seluruh dunia. Jenis kanker ini berhubungan erat dengan sistem pernapasan.

Kanker paru-paru berkembang di dalam tubuh dengan lambat, sehingga hampir seperti tidak menunjukkan gejala apa pun di stadium awal. Namun, akan menunjukkan gejalanya ketika sel kanker telah menyebar di dalam tubuh.

Seiring berjalannya waktu, jika kanker tidak segera diobati, sel kanker akan menyebar ke jaringan atau organ tubuh di sekitar paru-paru seperti hati, kelenjar getah bening, dan tulang.

Kanker ini juga merupakan satu di antara jenis kanker yang memiliki angka kematian paling banyak. Hal tersebut terjadi karena pada tahap awal, kanker ini tidak menunjukkan gejala apa pun.

Faktor terbesar munculnya kanker paru-paru adalah kebiasaan tidak baik, seperti merokok, tapi banyak orang tidak memiliki kebiasaan merokok terkena kanker paru.

Satu di antara penyebab lainnya adalah dari faktor keturunan. Bagi Anda yang saudara kandung atau orang tuanya memiliki riwayat kanker paru-paru, bisa saja Anda memiliki risiko terkena kanker ini.

Menjauhi berbagai macam hal seperti asap rokok dan polusi udara yang dapat menimbulkan masalah di saluran pernapasan, dapat meminimalisasi risiko terkena kanker paru-paru.

Ada beberapa tanda munculnya kanker paru-paru yang mungkin dapat Anda cermati, seperti batuk yang terjadi terus menerus dan sakit, atau nyeri di bagian dada yang cukup parah.

Berikut 8 tanda kanker paru-paru yang dapat Anda cermati agar dapat bisa lebih waspada, seperti dikutip dari Dailyentertainment, Healthline, Sabtu (9/1/2021).

2 dari 5 halaman

Tanda Kanker Paru-paru

1. Nyeri Dada

Gejala seperti nyeri di dada dengan frekuensi yang berbeda-beda menjadi gejala yang cukup umum dari kanker paru-paru dan biasanya juga diikuti dengan batuk dan sesak napas.

Meski paru-paru tidak dapat merasakan sakit, di daerah paru-paru yang mengalami peradangan karena munculnya sel kanker akan bereaksi dan menimbulkan nyeri di bagian dada.

2. Batuk Berkepanjangan

Satu di antara tanda awal munculnya kanker paru-paru adalah batuk yang dapat menjadi lebih buruk seiring berjalannya waktu. Terkadang batuk dapat mengganggu tidur dan mungkin mirip dengan batuk yang disebabkan oleh alergi atau bronkitis.

Kebanyakan orang tidak menghiraukan gejala ini dan berpikir batuk segera sembuh. Namun, batuk yang telah berminggu-minggu tidak berhenti harus segera diperiksakan ke dokter, agar segera tahu penyebabnya.

3 dari 5 halaman

Tanda Kanker Paru-paru

3. Sesak Napas

Kesulitan mengambil napas atau sesak napas adalah satu di antara tanda umum lainnya, bahwa Anda mungkin memiliki kanker paru-paru.

Aktivitas yang pernah Anda alami atau lakukan sebelumnya, sangat berpengaruh dengan sesak napas yang terjadi. Aktivitas seperti merokok atau terlalu sering menghirup polusi udara, dapat memengaruhinya.

4. Batuk Berdarah

Meski sebagian besar batuk yang disebabkan oleh kanker paru-paru adalah jenis batuk tidak berdahak atau kering, sebagian kasus batuk tersebut juga dapat mengeluarkan darah.

Tetapi, tidak peduli apa yang Anda pikirkan dan apa sebenarnya penyebab batuk berdarah ini, jika gejala seperti ini muncul, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui gangguan kesehatan apa yang sedang Anda alami.

4 dari 5 halaman

Tanda Kanker Paru-paru

5. Nyeri Bahu

Nyeri bahu mungkin jarang dikaitkan dengan gejala munculnya kanker paru-paru. Namun, dengan munculnya nyeri di bahu dapat menandakan bahwa kanker yang Anda miliki telah masuk kondisi yang cukup parah.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kanker telah menyebar ke seluruh daerah di sekitar paru-paru. Sebagian besar disebabkan oleh tumor yang ada di paru-paru yang menekan saraf frenikus, saraf yang ada di sekitar paru-paru.

Terkadang nyeri bahu yang terkait dengan kanker paru-paru juga akan menyebabkan rasa sakit yang menusuk di bagian lengan.

6. Merasa Lelah

Sering merasa lelah atau lemah bisa menjadi indikator lain kanker paru-paru. Perubahan metabolisme yang sering disebabkan oleh kanker dapat menyebabkan kelelahan, perasaan lelah yang tampaknya tidak hilang bahkan dengan istirahat yang cukup.

Mengenali gejala ini akan memperingatkan Anda, mungkin Anda memiliki kanker paru-paru. Memeriksakan diri ke dokter setelah gejala ini muncul jadi hal terbaik yang harus Anda lakukan.

5 dari 5 halaman

Tanda Kanker Paru-paru

7. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dapat dikaitkan dengan gejala munculnya kanker paru-paru, hal tersebut juga akan diikuti penurunan nafsu makan.

Seringkali pelepasan bahan kimia tertentu yang dipicu oleh kanker paru-paru dapat meningkatkan kerja metabolisme dan menghasilkan penurunan berat badan.

8. Sakit Kepala

Sakit kepala mungkin merupakan tanda bahwa kanker paru-paru telah menyebar ke otak. Namun, tidak semua sakit kepala berhubungan dengan metastasis otak.

Terkadang, tumor paru-paru dapat membuat tekanan kepada vena kava superior. Ini adalah vena besar yang memindahkan darah dari tubuh bagian atas ke jantung. Tekanan tersebut juga bisa memicu sakit kepala, atau dalam kasus yang lebih parah, migrain.

 

Sumber: Dailyentertainment, Healthline

 

Yuk baca juga artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer