Sukses


Pengertian Webinar, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Web seminar atau sering disingkat webinar adalah kegiatan seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi tertentu dengan menggunakan internet. Kegiatan webinar ini bisa diikuti banyak peserta secara online, seperti kegiatan seminar pada umumnya.

Seminar berbasis web ini bisa diakses melalui web dan aplikasi. Adapun kunci utama melakukan webinar adalah koneksi internet yang stabil dan lancar.

Dalam webinar memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet. Meski tak dilakukan secara langsung atau tatap muka, antusiasme peserta webinar tetap sama dengan seminar biasa.

Webinar juga memungkinkan seseorang melakukan pengajaran dan berbagai informasi tanpa perlu menggunakan tempat dan ruang yang besar.

Jadi, kegiatan webinar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Untuk melakukan webinar bisa menggunakan komputer, laptop, atau smartphone.

Jika sudah mengerti dan memahami webinar secara umum, penting juga diketahui jenis-jenis, fungsi hingga manfaatnya.

Berikut ini rangkuman mengenai jenis-jenis webinar, fungsi hingga manfaatnya, seperti disadur dari Liputan6, Senin (11/1/2021).

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Webinar

The Lead-Generation atau Sales Webinar

Webinar jenis ini biasanya digunakan oleh para pemasar. Tujuannya untuk meningkatkan leads. Calon peserta webinar bisa langsung mendaftarkan diri dan emailnya melalui website yang telah disediakan.

Jika sudah terdaftar, peserta akan diberi akses webinar. Peserta akan mendapatkan materi atau modul yang disampaikan dalam seminar online. Webinar jenis ini cocok bagi peserta yang ingin mencari banyak informasi dan pemahaman baru.

The One-Off For-Profit Webinar

Jika The Lead-Generation ditujukan untuk memahamkan peserta. Jenis webinar The One-Off For-Profit ditujukan untuk mencari keuntungan. Terutama bagi para sales atau pemasar.

Bagi para peserta, pastikan memiliki biaya untuk ikut serta dalam seminar online ini. Biaya yang dikeluarkan tersebut tentu sebanding dengan jenis webinar tersebut yang lebih berkualitas.

Pengisi seminar juga bisa dipastikan akan lebih profesional dan bisa diandalkan. Uang yang peserta bayarkan akan sepadan dengan ilmu yang didapatkan. Meski begitu, agar tetap hati-hati dengan penipuan.

The Multi-Module Webinar atau Webinar Series

Jenis webinar yang terakhir termasuk golongan yang terbaik. Seluruh topik yang akan dijelaskan oleh pembicara seminar online ini akan berkualitas. Penjelasannya sudah pasti lebih komprehensif dari biasanya.

Bagi peserta yang menginginkan kepuasan materi, bisa mencoba jenis webinar ini. Bahkan bagi peserta yang ingin mengajukan pertanyaan juga dipersilakan.

3 dari 4 halaman

Fungsi Webinar

Mengumpulkan Leads

Webinar akan mempermudah mengumpulkan anggota dengan tujuan sama. Penonton dan peserta akan lebih mudah terjaring. Bagi pemasar, mereka akan lebih dipermudah melancarkan informasi yang ingin disampaikan.

Mengumpulkan Feedback

Ingin mengetahui hasil dari promo atau campaign bisa dilakukan dengan kuesioner melalui webinar. Bagi yang menginginkan inovasi, bisa mulai menyiapkan pertanyaan. Usahakan memberikan pertanyaannya relevan dan akan menguntungkan. 

Promosi Produk dan Jasa

Terakhir, webinar berfungsi untuk memberikan informasi campaign terbaru atau peluncuran produk. Meski memudahkan, tetap pastikan informasi mengenai produk dan jasanya bagus.

Webinar yang berkualitas pasti memiliki nilai informasi yang kaya dan berguna bagi banyak orang. Tak terkecuali jika webinar tersebut hanya bagian dari promosi produk dan jasa.

4 dari 4 halaman

Manfaat Webinar Bagi Penggunanya

Peserta

Selain pemasar, dalam webinar objek pemasarannya adalah peserta. Para peserta akan mendapat keuntungan banyak, yang tentu berbeda dengan para pemasar.

Peserta bisa mendapatkan ilmu dari seminar online yang diikutinya. Informasi akan lebih cepat didapat dari seminar online ini. Tanpa perlu keluar rumah dan menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Informasi yang didapat juga tetap sama kualitasnya.

Pemasar

Bagi para pemasar sudah pasti akan mendapat keuntungan luar biasa. Apalagi bagi pemasar yang ingin menjaring leads, wajib membuat webinar.

Bagi yang ingin mempromosikan sebuah produk, dijamin akan ada banyak keuntungan yang didapatkan dan tak mengecewakan. Intinya, pemasar akan lebih mudah membagikan informasi yang telah dibuat.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Laudia Tysara, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 7/8/2020)

Video Populer

Foto Populer