Sukses


9 Tanda Anda Harus Segera Menurunkan Berat Badan, Merasa Lelah dan Mendengkur

Bola.com, Jakarta - Berbagai alasan dikemukakan setiap orang yang ingin memiliki berat badan ideal. Sebagian orang ingin punya bobot ideal karena ingin terlihat lebih menarik jika dipandang orang lain. Apalagi bagi mereka yang memiliki kehidupan sosial aktif.

Padahal, di sisi lain memiliki berat badan yang ideal tidak hanya soal terlihat lebih menarik, namun juga baik untuk kesehatan tubuh.

Banyak penelitian telah menunjukan bahwa kelebihan berat badan yang dialami oleh seseorang dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit.

Setelah mengetahui risiko memiliki berat badan berlebih, mulai sekarang mungkin Anda harus berjuang untuk menurunkannya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat setiap hari.

Yang pasti, tekad dan komitmen kuat sangat diperlukan untuk membuat upaya Anda menurunkan berat badan berjalan baik dan berhasil.

Akan tetapi, ada kalanya seseorang tidak menyadari atau abai jika dirinya membutuhkan penurunan berat badan. 

Nah, berikut sembilan tanda Anda harus segera menurunkan berat badan, seperti dilansir dari Acefitness dan Dailyentertaimen, Rabu (13/1/2021).

2 dari 4 halaman

Tanda Anda Harus Segera Menurunkan Berat Badan

1. Sering merasa lelah

Sering merasa letih menjadi tanda Anda harus menurunkan berat badan. Peradangan menjadi penyebab situasi ini. Hal ini terjadi karena berat badan yang berlebih.

Jika Anda merasa lelah ketika hanya melakukan hal-hal yang selalu Anda lakukan, seperti berjalan menaiki tangga atau mengajak anjing Anda berjalan-jalan, ini pertanda kelebihan berat badan membuat terlalu banyak tekanan pada tubuh.

2. Sering merasa lapar

Sering merasa lapar dapat terjadi jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji karena jenis makanan ini memiliki efek yang buruk bagi tubuh dan hanya mengenyangkan perut sesaat.

Hal tersebut juga mungkin dapat penanda Anda mengidap diabetes tipe 2.

3. Kolesterol dan tekanan darah tinggi

Selain jadi gejala Anda harus segera menurunkan berat badan, kolesterol dan tekanan darah yang tinggi bisa menjadi masalah serius dalam kesehatan Anda jika tidak tidak segera ditangani atau hanya didiamkan saja.

3 dari 4 halaman

Tanda Anda Harus Segera Menurunkan Berat Badan

4. Mendengkur

Jika ternyata Anda mendengkur lebih sering dan lebih keras dari biasanya, itu bisa menjadi pertanda berat badan Anda menjadi masalah. Mendengkur dapat mengganggu tidur bahkan ketika Anda tidak menyadarinya, dan menurunkan kualitas tidur Anda.

Kelebihan lemak yang cenderung menumpuk di sekitar leher dapat membuat saluran napas Anda lebih kecil, yang dapat menyebabkan peningkatan dengkuran dan bahkan sleep apnea, yang dapat mengancam jiwa.

5. Sulit Melakukan Olahraga

Siapa pun yang benar-benar peduli dengan kesehatannya, harus berolahraga. Nah, jika Anda mulai merasa tidak nyaman dan sulit untuk menyelesaikan rutinitas olahraga karena ukuran tubuh Anda, itu berarti sudah saatnya Anda harus serius untuk menurunkan berat badan.

Berolahraga ketika Anda kelebihan berat badan bisa membuat tekanan yang lebih besar pada jantung dan membuat hal itu sedikit lebih berisiko ketimbang seseorang yang memiliki berat badan normal.

6. Lebih sensitif

Dalam beberapa kasus, kelebihan berat badan dapat menyebabkan beberapa bagian badan terasa sensitif dan lebih mungkin menjadi sakit saat disentuh. Peradangan dapat memengaruhi jaringan lemak, tepat di bawah permukaan kulit yang menyebabkan kondisi ini. 

4 dari 4 halaman

Tanda Anda Harus Segera Menurunkan Berat Badan

7. Nyeri

Bila Anda mulai mengalami rasa nyeri pada lutut, pinggul, dan punggung, bisa saja hal tersebut terjadi karena ketegangan yang muncul pada beberapa bagian yang disebabkan kelebihan berat badan. 

Memaksa sendi pada kaki Anda untuk menopang berat badan yang berlebihan, dapat menyebabkan efek buruk pada bagian-bagian tersebut.

8. Kehabisan Napas saat Menaiki Tangga

Jika Anda kehabisan napas saat menaiki tangga atau melakukan aktivitas setiap hari, bisa jadi itu karena penambahan berat badan.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa kapasitas pernapasan menurun seiring bertambahnya berat badan. Sesak napas dapat dikaitkan dengan ketidakaktifan, tanda bahwa jantung dan paru-paru Anda tidak mendapatkan latihan yang dibutuhkan untuk beroperasi secara optimal.

9. Diabetes

Kelebihan lemak di dalam tubuh dapat memengaruhi kinerja pankreas yang berfungsi dalam memproduksi insulin, dan insulin bekerja dalam mengatur kadar gula di dalam tubuh.

Diabetes dapat dijadikan tanda Anda harus segera menurunkan berat badan karena lemak yang ada di dalam tubuh telah menumpuk terlalu banyak.

 

Sumber: Acefitness, Dailyentertainment

 

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer