Sukses


14 Tanda Hamil Muda, Penting Diketahui Istri dan Suami

Bola.com, Jakarta - Tanda hamil muda biasanya masih jarang dikenali. Pasalnya, tanda-tanda hamil muda hampir mirip dengan gejala sebelum menstruasi.

Itulah mengapa, beberapa wanita tidak sadar telah memasuki periode awal kehamilan.

Padahal, berita kehamilan merupakan kabar gembira yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri. Kabar tersebut menjadi tanda supaya calon ibu dan ayah mempersiapkan diri sedini mungkin, baik secara fisik dan mental, materi dan non-materi.

Tanda hamil muda bisa dikenali dengan perubahan fisik hingga suasa hati sang calon ibu. Namun, jika Anda ingin memastikan keabsahan kehamilan, bisa melakukan pergi ke dokter.

Berikut rangkuman perihal tanda-tanda hamil muda yang penting diketahui tak hanya istri, namun juga suami, dikutip dari Healthline, Jumat (15/1/2021).

2 dari 6 halaman

Tanda Hamil Muda

1. Kram dan Mulai Muncul Bercak

Dari minggu ke-1 hingga ke-4, telur yang telah dibuahi menciptakan blastokista (sekelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh bayi.

Sekitar 10 hingga 14 hari (minggu ke-4) setelah pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium, lapisan rahim. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan implantasi, yang mungkin disalahartikan sebagai periode ringan. Warna yang muncul selama implantasi, antara lain merah muda, merah atau cokelat.

2. Telat Haid

Setelah implantasi selesai, tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Ini juga memberitahu ovarium untuk berhenti melepaskan telur matang setiap bulan.

Anda kemungkinan besar akan melewatkan menstruasi berikutnya, empat minggu setelah pembuahan. Jika Anda mengalami menstruasi tidak teratur, Anda sebaiknya melakukan tes kehamilan untuk memastikannya.

Sebagian besar tes di rumah dapat mendeteksi hCG segera setelah delapan hari setelah menstruasi yang terlewat. Tes kehamilan akan dapat mendeteksi kadar hCG dalam urine Anda dan menunjukkan apakah Anda hamil.

3. Peningkatan Suhu Tubuh

Suhu tubuh basal yang lebih tinggi juga bisa menjadi tanda kehamilan. Suhu inti tubuh Anda juga dapat meningkat dengan lebih mudah selama berolahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu ini, Anda harus memastikan untuk minum lebih banyak air dan berolahraga dengan hati-hati.

3 dari 6 halaman

Tanda Hamil Muda

4. Kelelahan saat Awal Kehamilan

Kelelahan bisa berkembang kapan saja selama kehamilan. Gejala ini biasa terjadi pada awal kehamilan. Kadar progesteron akan melonjak, yang bisa membuat Anda merasa mengantuk.

5. Peningkatan detak jantung selama awal kehamilan

Sekitar minggu ke 8 hingga 10, jantung mungkin mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Palpitasi dan aritmia sering terjadi pada kehamilan. Ini biasanya karena hormon.

Peningkatan aliran darah karena janin terjadi di akhir kehamilan. Idealnya, penatalaksanaan dimulai sebelum konsepsi, tetapi jika Anda memiliki masalah jantung yang mendasarinya, dokter Anda dapat membantu mengawasi obat-obatan dengan dosis rendah.

6. Payudara Lebih Sensitif

Perubahan payudara dapat terjadi antara minggu ke-4 dan ke-6. Anda cenderung mengembangkan payudara yang lembut dan bengkak karena perubahan hormon. Ini kemungkinan akan hilang setelah beberapa minggu ketika tubuh Anda telah menyesuaikan diri dengan hormon.

Perubahan puting dan payudara juga bisa terjadi sekitar minggu ke-11. Hormon terus menyebabkan payudara Anda tumbuh. Areola - area di sekitar puting susu - dapat berubah warna menjadi lebih gelap dan membesar.

Jika Anda pernah tumbuh jerawat sebelum kehamilan, mungkin Anda juga akan mengalami kejadian itu lagi.

4 dari 6 halaman

Tanda Hamil Muda

7. Sering buang air kecil dan inkontinensia selama awal kehamilan

Selama kehamilan, tubuh meningkatkan jumlah darah yang dipompa. Hal ini menyebabkan ginjal memproses lebih banyak cairan dari biasanya, yang menyebabkan lebih banyak cairan di kandung kemih.

Hormon juga berperan besar dalam kesehatan kandung kemih. Anda mungkin mendapati diri Anda lebih sering berlari ke kamar mandi.

8. Kembung dan sembelit selama awal kehamilan

Mirip dengan gejala masa menstruasi, kembung bisa terjadi selama awal kehamilan. Hal ini mungkin karena perubahan hormon, yang juga dapat memperlambat sistem pencernaan Anda.

Akibatnya, Anda mungkin merasa sembelit dan tersumbat. Sembelit juga bisa meningkatkan perasaan perut kembung.

9. Morning sickness, mual, dan muntah selama awal kehamilan

Mual dan morning sickness biasanya berkembang sekitar minggu ke-4 sampai ke-6. Walau disebut mual di pagi hari, bisa terjadi kapan saja, siang atau malam. Tidak jelas persis apa yang menyebabkan mual dan mual di pagi hari, tetapi hormon mungkin berperan.

Selama trimester pertama kehamilan, banyak wanita mengalami morning sickness ringan hingga parah. Hal ini mungkin menjadi lebih intens menjelang akhir trimester pertama, tetapi seringkali menjadi kurang parah saat memasuki trimester kedua.

5 dari 6 halaman

Tanda Hamil Muda

10. Tekanan darah tinggi dan pusing selama awal kehamilan

Dalam kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi atau normal akan turun pada tahap awal kehamilan. Hal ini juga dapat menyebabkan perasaan pusing karena pembuluh darah Anda melebar.

Tekanan darah tinggi akibat kehamilan lebih sulit ditentukan. Hampir semua kasus hipertensi dalam 20 minggu pertama menunjukkan masalah yang mendasarinya. Hal ini mungkin berkembang selama awal kehamilan, tetapi mungkin juga ada sebelumnya.

Dokter Anda akan mengukur tekanan darah Anda selama kunjungan pertama Anda untuk membantu menetapkan dasar untuk pembacaan tekanan darah normal.

11. Sensitivitas bau dan keengganan makan selama awal kehamilan

Sensitivitas bau adalah gejala awal kehamilan. Ada sedikit bukti ilmiah tentang sensitivitas penciuman selama trimester pertama. Tetapi, hal itu mungkin penting karena kepekaan penciuman bisa memicu mual dan muntah. Hal ini juga dapat menyebabkan ketidaksukaan yang kuat pada makanan tertentu.

12. Kenaikan berat badan selama awal kehamilan

Pertambahan berat badan menjadi lebih umum menjelang akhir trimester pertama. Anda mungkin mendapati diri Anda bertambah sekitar 1 hingga 4 pon dalam beberapa bulan pertama.

Kebutuhan kalori untuk awal kehamilan tidak akan banyak berubah dari pola makan Anda yang biasa, tetapi akan meningkat seiring dengan perkembangan kehamilan.

6 dari 6 halaman

Tanda Hamil Muda

13. Perubahan mood selama awal kehamilan

Kadar estrogen dan progesteron akan tinggi selama kehamilan. Peningkatan ini dapat memengaruhi suasana hati dan membuat Anda lebih emosional atau reaktif dari biasanya.

Perubahan suasana hati biasa terjadi selama kehamilan dan dapat menyebabkan perasaan depresi, lekas marah, cemas, dan euforia.

14. Mulas selama awal kehamilan

Hormon dapat menyebabkan katup antara perut dan kerongkongan menjadi rileks. Hal ini memungkinkan asam lambung bocor, menyebabkan mulas.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel tanda lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer