Sukses


8 Manfaat Kurma bagi Kesehatan, Penuh Gizi dan Tinggi Serat

Bola.com, Jakarta - Kurma merupakan buah yang khas dari timur tengah. Buah ini juga menjadi oleh-oleh bagi para peserta ibadah haji.

Kurma juga menjadi buah yang laris manis ketika di bulan Ramadan tiba. Buah ini menjadi takjil saat berbuka puasa.

Buah yang berasal dari timur tengah ini memiliki kandungan utama karbohidrat sederhana. Buah tersebut mengandung berbagai macam nutrisi, seperti serat, protein, kalium, magnesium, mangan, zat besi, dan vitamin B6. Kurma memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 70 persen.

Kurma memiliki sifat antioksidan, seperti karoten fenolik, avanoid, dan anthocyanin. Selain itu, kurma juga kaya vitamin K dan folat.

Berbagai manfaat kesehatan bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah kurma secara rutin.

Berikut manfaat kurma bagi kesehatan, dikutip dari Healthline, Sabtu (23/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Kurma bagi Kesehatan

1. Penuh Gizi

Kurma memiliki kadar nutrisi yang sangat baik. Karena dikeringkan, kandungan kalorinya lebih tinggi daripada buah segar.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya ada kandungan protein, vitamin dan mineral. Kurma juga mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan.

2. Tinggi Serat

Kurma juga termasuk dalam buah yang tinggi serat. Kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, serat dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kurma bagi Kesehatan

3. Antioksidan yang Tinggi

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya di tubuh Anda dan menyebabkan penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan diabetes.

4. Meningkat Kesehatan Otak

Makan kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak .

Studi laboratorium telah menemukan tanggal yang berguna untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer

4 dari 5 halaman

Manfaat Kurma bagi Kesehatan

5. Mempermudah Proses Kelahiran

Mengonsumsi buah kurma juga dianjurkan bagi ibu hamil. Kandungan dalam buah ini dapat memudahkan proses persalinan.

Makan buah-buahan ini selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan pelebaran serviks dan menurunkan kebutuhan persalinan yang diinduksi.

6. Pemanis Alami

Kurma merupakan sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah.

Karena alasan ini, kurma sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang halus. Mereka membuat pengganti yang sehat untuk gula putih dalam resep karena nutrisi, serat dan antioksidan yang mereka berikan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kurma bagi Kesehatan

7. Mengatasi Anemia

Kurma dipercaya memiliki manfaat sebagai sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Tingginya kandungan zat besi di dalam kurma dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi, sekaligus mengurangi rasa lelah Anda.

8. Mengatasi Penyakit Demam Berdarah

Selain jambu biji, kurma juga bermanfaat bagi penderita demam berdarah. Dalam penelitian menyatakan bahwa, kurma dipercaya bisa membantu meningkatan jumlah trombosit pada penderita sakit demam berdarah.

Kandungan yang terdapat di dalam kurma setelah dikonsumsi, seperti galaktosa, xilosa, dan manosa yang bisa menambah kadar trombosit di tubuh Anda sebanyak 23,90 persen.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Bola Beli: Mengulas Kualitas Jersey Sepeda Consina Ultra Series

Video Populer

Foto Populer