Sukses


7 Manfaat Nanas bagi Kesehatan, Mampu Mengurangi Risiko Kanker

Bola.com, Jakarta - Nanas merupakan buah yang sangat menyegarkan ketika di santap pada siang hari atau saat cuaca terik. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dioleh menjadi rujak atau asinan bersama buah-buahan lain.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih menyegarkan, Anda bisa mengolahnya menjadi jus.

Selain membantu melepaskan dahaga, nanas juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Menurut, Nutrition Data, Amerika Serikat, nanas mengandung protein, serat, vitamin C, mangan, vitamin B6, thiamin, folat, kalium, magnesium, niacin, asam pantotenat, riboflavin, zat besi, dan lainnya.

Kandungan tersebut mampu membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan mempercepat pemulihan setelah operasi.

Berikut manfaat nanas bagi kesehatan, dikutip dari Healthline, Sabtu (23/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Nanas bagi Kesehatan

1. Sarat Nutrisi

Nanas memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Buah ini kaya vitamin C dan mangan, masing-masing menyediakan 131% dan 76% dari rekomendasi harian.

Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara itu, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme yang sehat dan memiliki sifat antioksidan.

2. Kaya Antioksidan

Nanas merupakan sumber antioksidan yang baik, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah keadaan di mana terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang lemah, dan banyak penyakit berbahaya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Nanas bagi Kesehatan

3. Mempermudah Pencernaan

Nanas mengandung bromelain, sekelompok enzim pencernaan yang memecah protein. Ini dapat membantu pencernaan, terutama pada mereka yang mengalami insufisiensi pankreas.

Insufisiensi pankreas adalah suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Nanas mengandung senyawa yang mengurangi stres oksidatif dan peradangan, yang keduanya terkait dengan kanker. Satu di antara senyawa tersebut adalah enzim bromelain, yang dapat merangsang kematian sel pada sel kanker tertentu dan membantu fungsi sel darah putih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Nanas bagi Kesehatan

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nanas memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Meringankan Gejala Arthritis

Nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, umumnya dianggap dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi.

7. Mempercepat pemulihat setelah operasi atau olahraga berat

Makan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi atau olahraga.

Bromelain dalam nanas dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan nyeri yang terjadi setelah operasi. Sifat anti-inflamasi Bromelain juga dapat membantu pemulihan setelah olahraga berat dengan mengurangi peradangan jaringan.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Tanggapan Atlet-Atlet Bulutangkis Indonesia Usai Divaksin Covid-19

Video Populer

Foto Populer