Sukses


6 Manfaat Susu Kedelai untuk Wanita, Tak Kalah Nikmat dengan Susu Sapi

Bola.com, Jakarta - Susu kedelai memang tak sepopuler susu sapi. Di beberapa pusat perbelanjaan dan pasar tradisional, masih jarang ditemukan produk susu kedelai.

Susu kedelai merupakan jenis asupan yang berasal dari hasil gilingan atau rebusan kacang kedelai. Susu nabati ini bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif susu sapi.

Itulah mengapa, susu kedelai ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki masalah atau eneg ketika meminum susu sapi.

Selain itu, susu kedelai mengandung protein, vitamin D, vitamin B12, zinc, omega-3, dan rendah kalori. Kombinasi nutrisi yang terkandung di dalam susu kedelai membuatnya dapat mendatangkan beragam manfaat sehat, khususnya bagi wanita.

Ada beberapa manfaat susu kedelai untuk wanita yang berperan besar bagi tubuh.

Berikut manfaat susu kedelai untuk wanita, dikutip dari Klikdokter, Rabu (27/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai untuk Wanita

1. Meredakan Nyeri Haid

Sedang datang bulan dan mengalami nyeri yang lumayan mengganggu aktivitas sehari-hari? Cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai.

Faktanya, susu kedelai mengandung isoflavon yang terbukti dapat membantu meringankan keluhan nyeri haid, terutama yang terjadi akibat penyakit endometriosis.

Penyakit endometriosis itu adalah kondisi abnormal yang terjadi akibat penebalan jaringan dinding rahim.

Tak cuma itu, gejala lain yang biasanya dirasakan menjelang haid seperti perut kembung, sakit kepala, dan jantung berdebar juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi susu kedelai.

2. Meringankan Gejala Pascamenopause

Saat mencapai usia menopause, wanita mengalami sejumlah perubahan pada tubuh. Misalnya, mulai merasakan hot flush alias kegerahan di malam hari, sulit tidur, vagina kering, dan sangat sensitif sehingga mudah tersinggung.

Bahkan, tak sedikit pula wanita menopause yang mengeluhkan perasaan tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Dalam jurnal The JAMA Network, keluhan yang terjadi saat menopause dapat dikurangi dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin.

Jadi, bagi Anda yang akan memasuki masa menopause ataupun sudah mengalaminya, cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai sebanyak 500 mililiter per hari, setidaknya selama 2 bulan.

Agar benar-benar bermanfaat, pastikan Anda tidak punya penyakit yang berhubungan dengan kacang-kacangan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai untuk Wanita

3. Mengencangkan Kulit

Manfaat susu kedelai untuk wanita yang satu ini pasti akan membuat Anda ingin mengonsumsinya setiap hari. Ya, susu kedelai dapat membantu mengencangkan kulit dan memperlambat proses penuaan.

Nyatanya, kacang kedelai yang menjadi bahan dasar susu kedelai mengandung senyawa yang disebut aglycones. Senyawa ini berfungsi untuk meregenerasi sel-sel di kulit.

Sebuah studi di Jepang melaporkan, konsumsi aglycones sebanyak 40 miligram dalam sehari dari kacang kedelai mampu mengurangi keriput pada wanita berusia 40 tahun ke atas.

4. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Manfaat susu kedelai untuk wanita yang lainnya adalah menurunkan risiko terjadinya kanker payudara. Manfaat ini berkat kandungan protein yang tinggi di dalam susu kedelai.

Studi juga telah membuktikan mengonsumsi kacang kedelai secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Tidak perlu khawatir, susu kedelai tergolong aman dikonsumsi, bahkan oleh seseorang yang pernah mengalami penyakit kanker sekali pun.

4 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai untuk Wanita

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai hanya mengandung 80–110 kalori. Jumlah ini jauh lebih rendah ketimbang susu sapi. Selain itu, secangkir susu kedelai mengandung 7 gram protein, 5 gram lemak, serta 4 gram karbohidrat.

Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan, susu kedelai bisa menjadi pilihan tepat sebagai pengganti camilan.

6. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Masih ada lagi manfaat susu kedelai untuk wanita, yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Manfaat ini bisa diberikan oleh susu kedelai berkat kandungan fitoestrogen di dalamnya.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer