Sukses


9 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan, Kaya Nutrisi

Bola.com, Jakarta - Kacang hijau sudah tidak asing bagi orang Indonesia. Tanaman ini berasal dari India, lalu menyebar ke China dan berbagai negara di belahan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kacang hijau memiliki nama latin vigna radiata. Kacang ini memiliki rasa sedikit manis dan menjadi bahan utama pembuatan kecambah.

Kacang Hijau dapat dikonsumsi dalam salad, sup, dan tumis. Sementara di Indonesia, orang familier mengolahnya menjadi bubur kacang hijau.

Kacang hijau termasuk satu di antara makanan sehat yang kaya nutrisi. Ada beberapa nutrisi baik yang terkandung dalam kacang hijau, seperti, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K.

Nutrisi lainnya yang terdapat di dalam kacang hijau, seperti magnesium, zat besi, karbohidrat, folat, zinc, fosfor, mangan, selenium, dan tembaga. Di samping itu, kacang hijau termasuk jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, antioksidan, rendah lemak serta serat.

Kandungan-kandungan tersebut jelas memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara benar dan teratur.

Berikut manfaat kacang hijau bagi kesehatan, dikutip dari Heatline, Rabu (27/1/2021)

2 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

1. Penuh Nutrisi

Kacang hijau kaya vitamin, mineral, protein, dan serat penting. Kacang ini juga kaya asam amino esensial seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan banyak lagi.

2. Tingkat Antioksidan Tinggi

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, dan banyak lagi. Antioksidan membantu menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas dapat berinteraksi dengan komponen seluler dan menimbulkan kerusakan. Kerusakan ini terkait dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

3. Mencegah Serangan Panas

Di banyak negara Asia, sup kacang hijau biasa dikonsumsi setiap hari saat musim panas. Hal itu karena kacang hijau dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi dari serangan panas, suhu tubuh yang tinggi, rasa haus, dan banyak lagi.

Kacang hijau juga mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin. Kandungan tersebut membantu melindungi sel dari cedera akibat radikal bebas yang terbentuk selama serangan panas.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi, terutama kolesterol LDL "jahat", dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan kacang hijau memiliki khasiat yang dapat menurunkan kolesterol LDL.

Sebanyak 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan, seperti kacang-kacangan, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang serius karena membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung - penyebab utama kematian di dunia.

Kacang hijau dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kacang ini mengandung potasium, magnesium, dan serat yang baik. Penelitian telah mengaitkan masing-masing nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah.

6. Membantu Kesehatan Pencernaan

Kacang hijau mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Karbohidrat dalam kacang hijau tampaknya lebih mudah dicerna daripada yang ditemukan pada kacang-kacangan lainnya. Oleh karena itu, kacang hijau juga tak menyebabkan perut kembung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika tidak ditangani, gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius.

Kacang hijau memiliki beberapa khasiat yang membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah. Kacang hijau tinggi serat dan protein, yang membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa antioksidan kacang hijau vitexin dan isovitexin dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu insulin bekerja lebih efektif.

8. Cocok untuk Diet

Kacang hijau kaya serat dan protein, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan serat dan protein dapat menekan hormon kelaparan, seperti ghrelin.

Terlebih lagi, penelitian tambahan telah menemukan kedua nutrisi tersebut dapat mendorong pelepasan hormon yang membuat Anda merasa kenyang, seperti peptida YY, GLP-1, dan cholecystokinin.

Dengan menahan nafsu makan, mereka dapat membantu memangkas asupan kalori Anda, yang membantu menurunkan berat badan.

9. Menunjang Kehamilan yang Sehat

Wanita disarankan untuk makan banyak makanan kaya folat selama kehamilan. Folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal anak.

Namun, kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup folat, yang dikaitkan dengan risiko cacat lahir yang lebih tinggi. Kacang hijau menyediakan 80 persen RDI untuk folat dalam satu cangkir yang dimasak (202 gram).

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer