Sukses


10 Manfaat Mengagumkan Minum Air Hangat bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Minum air hangat memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, sebagian besar orang masih lebih suka mengonsumsi air dingin atau bersuhu normal daripada hangat.

Umumnya, orang lebih suka meminum air dalam keadaan hangat dengan campuran bahan lain, seperti kopi dan teh. Padahal, meminum air putih hangat justru lebih banyak khasiatnya.

Dalam sehari, manusia membutuhkan setidaknya tujuh-delapan gelas per hari. Air hangat mampu mengisi kembali cairan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, membuat lebih rileks, mengatasi sakit kepala, dan lain sebagainya.

Air hangat dipercaya mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti batuk, pilek, hingga demam.

Air hangat akan lebih berkhasiat jika Anda menambah perasan lemon atau jeruk nipis karena akan membantu mendetoks racun secara maksimal. Akan tetapi, Anda tidak boleh menambah gula atau pemanis buatan.

Air hangat tidak boleh diminum jika suhunya melebihi 140 derajat celcius karena akan membuat bibir melepuh. Pastikan air dalam keadaan hangat-hangat kuku dan tidak terlalu panas.

Berikut manfaat minum air hangat, dikutip dari Klikdokter, Kamis (28/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Minum Air Hangat

1. Memperlancar Proses Pencernaan

Air dingin diyakini menyebabkan lemak lebih mudah menggumpal dan sulit dicerna, sementara air hangat memiliki fungsi sebaliknya. Peranan air hangat ini dapat mempermudah proses pencernaan hingga proses pengeluaran zat sisa (feses).

2. Menghilangkan Rasa Nyeri

Rasa hangat yang ditimbulkan oleh air hangat dipercaya bisa membuat rileks. Itulah mengapa, air hangat diyakini dapat mengurangi rasa nyeri akibat keram dan ketegangan otot perut secara instan. Tentu ini menguntungkan bagi Anda yang sering nyeri perut dan nyeri haid.

3. Meredakan Iritasi pada Radang Tenggorokan

Saat radang tenggorokan, area belakang mulut akan terasa nyeri karena bengkak. Kondisi yang menyebabkan rasa sakit saat menelan ini akan sedikit berkurang dengan minum air hangat. Air hangat akan melancarkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minum Air Hangat

4. Meredakan Hidung Tersumbat

Minum air hangat saat Anda sedang flu adalah satu di antara hal yang dapat melegakan pernapasan. Inilah satu di antara manfaat minum air hangat, yaitu dapat meredakan hidung tersumbat. Sebab, air hangat menghasilkan uap yang dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat.

5. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf Pusat

Jika cairan yang masuk ke tubuh kurang, akan berdampak negatif, satu di antaranya pada sistem saraf Anda sehingga mengganggu suasana hati dan fungsi otak. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian, bahwa dengan mengonsumsi air yang cukup dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang percaya bahwa air hangat dapat mengaktifkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat mengonsumsi air hangat, suhu internal tubuh menurun dan proses metabolisme diaktifkan.

Hal ini diperkuat dengan satu di antara hasil studi di PubMed, yang menyatakan beralih dari air dingin ke air panas dapat membantu orang menurunkan berat badan melalui efek termal ini.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minum Air Hangat

7. Melancarkan Peredaran Darah

Pasti Anda telah mengetahui bahwa tubuh yang sehat didukung oleh aliran darah yang sehat. Diketahui, mandi dengan air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, diharapkan bahwa minum air hangat juga memiliki efek yang sama. Kendati, masih sedikit penelitian mengenai keefektivannya.

8. Mengurangi Stres

Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat minum air hangat adalah meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal ini pastinya berkaitan juga dengan stres. Oleh karena itu, pastikan Anda terhidrasi untuk meningkatkan mood dan menghindari stres.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minum Air Hangat

9. Membantu Mengurangi Racun dalam Tubuh

Minum air hangat meningkatkan suhu internal tubuh dan mengaktifkan sistem endokrin sehingga tubuh Anda mulai berkeringat. Berkeringat membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan racun, selain dikeluarkan melalui urine.

10. Membantu Meringankan Gejala Akalasia

Akalasia adalah kondisi di mana seseorang sulit untuk menelan sehingga makanan sering tersangkut di kerongkongan. Meski mekanismenya belum jelas, tetapi para peneliti mendapati bahwa minum air hangat dapat membantu penderita akalasia untuk mencerna makanannya dengan lebih nyaman.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer