Sukses


8 Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Mata

Bola.com, Jakarta - Jus wortel merupakan minuman yang dibuat dari satu di antara sayuran. Jus wortel mudah ditemukan dan dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Jus wortel memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman ini baik dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai anak-anak, dewasa, hingga orang lanjut usia (lansia).

Jus wortel mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Wortel terkenal kandungan vitamin A-nya, yang berguna bagi kesehatan mata.

Selain itu, jus wortel mengandung vitamin B, antioksidan, mineral, serat, kalium, vitamin K, filat, mangan, posfor, magnesium, serta vitamin E. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya dapat menyehatkan kulit.

Berikut manfaat jus wortel bagi kesehatan dan kecantikan, dikutip dari Medical News Today dan Klikdokter, Jumat (29/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat musim penyakit datang, cara yang paling tepat untuk menangkalnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengikuti diet yang sehat, berolahraga teratur, dan tidur nyenyak, jus wortel bisa menjadi pilihan menarik.

Faktanya, jus wortel memberikan sejumlah besar vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, tubuh manusia tidak dapat mensintesis vitamin C sendiri sehingga harus mendapatkan nutrisi dari makanan atau minuman, satu di antaranya jus wortel.

2. Kulit Lebih Sehat

Jus wortel dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada pada wortel.

Vitamin C penting dalam proses penyembuhan luka karena diperlukan untuk produksi kolagen - protein utama yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat. Sebagai antioksidan, wortel juga dapat membantu mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan

3. Mengontrol Tekanan Darah

Jika Anda memiliki masalah seperti tekanan darah tinggi, minum segelas jus wortel bisa menjadi cara sederhana untuk membantu mengendalikan kondisi tersebut.

Potasium pada wortel adalah mineral yang penting untuk membantu menangkal efek natrium, yang akhirnya turut membantu mengontrol tingkat tekanan darah Anda. Jus wortel adalah sumber potasium yang besar, minuman ini menyediakan 689 miligram potasium per cangkir.

4. Mengurangi Perut Kembung

Perut kembung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda disarankan menyesap jus wortel yang akan membantu mengurangi perut kembung dalam dua cara berbeda, yakni mengurangi jumlah gas perut dan buang air kecil lebih teratur.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jus wortel bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini berkat kandungan potasium, yang terbukti memiliki hubungan signifikan untuk mengurangi jumlah kolesterol di dalam tubuh Anda.

6. Mencegah Risiko Kanker

Jus wortel memiliki warna oranye dan mengandung antioksidan yang dapat melindungi seseorang dari serangan kanker. Kandungan karoten dalam jus wortel memiliki sifat anti-kanker aehingga minuman ini bisa mencegah berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.

Kandungan antioksidan dalam jus wortel juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman berbagai jenis kanker. Sebelum mengonsumsi jus wortel, pilihlah wortel yang matang, mulus, dan segar.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan

7. Baik untuk Mata Minus

Menurut laporan Medical News Today, seseorang yang kekurangan vitamin A dapat mengalami xerophthalmia, yakni penyakit mata progresif yang dapat merusak penglihatan normal dan mengakibatkan kebutaan atau ketidakmampuan melihat dalam cahaya rendah atau gelap.

Seubuah penelitian dari National Institutes of Health (NIH), kekurangan vitamin A adalah satu di antara penyebab utama kebutaan dan kerabunan mata.

Jus wortel bisa meningkatkan kesehatan mata karena mengandung vitamin A tinggi. Oleh karena itu, jus wortel mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah mata minus atau rabun jauh.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Jus wortel dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor, dan beta karoten. Manfaat ini berarti jus wortel bisa mencegah risiko terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular.

Kandungan dalam jus wortel itu bemanfaat untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, serta memperlambat penuaan dini.

 

Sumber: Medical News Today, Klikdokter

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer