Sukses


7 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan, Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Batu Ginjal

Bola.com, Jakarta - Lemon jadi satu di antara buah yang populer di segenap penjuru dunia. Lemon biasanya digunakan sebagi campuran untuk membuat masakan atau membuat minuman dari perasan buahnya.

Lemon hampir sama dengan kebanyakan buah jeruk, yang membedakannya adalah rasanya yang lebih masam dan berwarna kuning cerah. Buah ini kaya akan berbagai vitamin termasuk A, C, dan E.

Dengan berbagai kandungan baik di dalamnya, tak heran lemon sangat bermanfaat bagi tubuh. Jika pada pagi hari Anda lebih sering meminum kopi untuk memulai hari, mungkin mulai sekarang Anda dapat menggantinya dengan air lemon.

Lemon dapat membantu Anda menjadi lebih segar dan bugar di pagi hari, sehingga lebih semangat dan berenergi dalam menjalani aktivitas.

Untuk menikmatinya, Anda dapat memeras dan mengambil air dari buah lemon untuk dijadikan minuman hangat atau dingin. Anda juga dapat mencampurkan pada segelas teh hangat yang sudah Anda buat.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari meminum air lemon secara rutin, seperti menangkal berbagai macam penyakit, termasuk mengurangi risiko terkena batu ginjal, dan membantu menurunkan berat badan.

Berikut adalah 7 manfaat air lemon untuk kesehatan, yang dapat Anda konsumsi secara rutin setiap hari, seperti dikutip dari Healthline, Sabtu (30/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan antioksidan polifenol yang terkandung dalam lemon secara signifikan dapat mengurangi kenaikan berat badan.

Dalam penelitian yang dilakukan tersebut, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama yang memengaruhi penyakit diabetes tipe 2.

Minumlah air lemon secara rutin setiap hari, cari lemon segar dan ambil airnya. Anda dapat meminumnya dalam keadaan hangat atau mecampurkannya dengan es agar lebih segar.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Beberapa kalangan meminum air lemon setiap pagi untuk mengurangi sembelit yang disebabkan oleh berbagai alasan.

Meminum air lemon dalam keadaan hangat setelah Anda bangun pada pagi hari akan sangat membantu sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Air lemon juga dapat mencegah penumpukan berbagai racun yang ada pada sistem pencernaan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan

3. Mencegah Batu Ginjal

Ada beberapa kandungan dalam lemon yang sangat bermanfaat bagi tubuh, satu di antaranya adalah asam sitrat yang dapat membantu mencegah batu ginjal.

Asam sitrat, dapat membuat urine menjadi kurang asam dan bahkan dapat memecah batu kecil yang ada dalam ginjal.

Minum air lemon tidak hanya memberikan asam sitrat, tetapi juga air yang Anda butuhkan untuk mencegah atau membersihkan batu pada ginjal Anda.

4. Menyegarkan Napas

Pernahkan Anda mengoleskan krim lemon pada tangan karena ingin menghilangkan bau tidak sedap, seperti bau bawang dan bau tak sedap lainnya. Hal tersebut juga dapat berlaku bagi bau yang ada dalam mulut.

Banyak obat tradisional yang dibuat dari lemon dan dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan berbagai hal, seperti bau bawang atau bau setelah memakan sesuatu.

Lemon dianggap merangsang air liur dan air juga membantu mencegah mulut kering, yang dapat menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan

5. Sumber Vitamin C

Buah jeruk seperti lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C. Selain vitamin C, ada juga antioksidan yang dapat mencegah sel darah dari kerusakan  yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah, jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Meski lemon tidak berada di daftar paling atas dengan buah yang paling mengandung vitamin C, mereka tetap menjadi sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. 

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam lemon dapat membantu berbagai macam masalah pada kulit, khususnya pada kulit wanita. Lemon dapat mengurangi kulit kering, kerutan pada kulit, dan kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Jika kulit Anda kehilangan kelembaban, bisa menjadi kering dan cenderung keriput. Sebuah studi menunjukkan bahwa minuman berbasis jeruk atau lemon membantu mencegah perkembangan keriput pada kulit.

 

7. Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Kebanyakan dari kita tidak minum cukup air. Sehingga sering menyebabkan dehidrasi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang ditandi dengan mudahnya tubuh merasa lemas.

Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi, tetapi beberapa orang tidak menyukai rasanya sendiri. Menambahkan lemon meningkatkan rasa air, yang dapat membantu Anda minum lebih banyak.

Kebiasaan minum air lemon setiap hari adalah cara mudah untuk mengawali hari dengan baik. 

 

Sumber: Healthline

 

Yuk baca juga artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer