Sukses


8 Manfaat Semangka bagi Kesehatan, Baik untuk Kulit dan Rambut

Bola.com, Jakarta - Semangka buah yang lezat dan menyegarkan. Buah tersebut akan terasa segar jika dikonsumsi pada siang hari yang terik.

Semangka cukup mudah didapatkan di Indonesia. Buah ini kerap dijadikan makanan penutup dalam berbagai acara.

Satu gelas semangka mengandung 46 kalori, vitamin C, vitamin A dan senyawa sehat lainnya. Semangka mengandung sekitar 90% air, yang membuatnya berguna untuk tetap terhidrasi di musim panas. 

Semangka juga mengandung antioksidan. Zat ini dapat membantu menghilangkan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas, atau spesies reaktif, dari tubuh. Tubuh menghasilkan radikal bebas selama proses alami, seperti metabolisme. Mereka juga dapat berkembang melalui merokok, polusi udara, stres , dan tekanan lingkungan lainnya.

Jika terlalu banyak radikal bebas tinggal di dalam tubuh, stres oksidatif dapat terjadi. Ini dapat menyebabkan kerusakan sel dan dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung.

Maka dari itu, mengonsumsi semangka dan buah-buahan lainnya sangat dianjurkan demi menjaga tubuh dari radikal bebas tersebut.

Berikut manfaat semangka bagi kesehatan, dikutip dari Healthline, Sabtu (30/1/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Semangka bagi Kesehatan

1. Terhindar dari Dehidrasi

Minum air putih adalah cara penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi juga bisa membantu. Menariknya, semangka mengandung 92% air.

Terlebih lagi, kandungan air yang tinggi menjadi satu di antara alasan mengapa buah dan sayuran membantu Anda merasa kenyang.

2. Mencegah Kanker

Para peneliti telah mempelajari likopen dan senyawa tanaman individu lainnya dalam semangka untuk efek anti-kankernya.

Meskipun asupan likopen dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, hasil penelitian beragam. Hubungan terkuat sejauh ini tampaknya antara likopen dan kanker sistem pencernaan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Semangka bagi Kesehatan

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Faktor gaya hidup, termasuk diet , dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Beberapa nutrisi dalam semangka memiliki manfaat khusus untuk kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol.

4. Menurunkan Peradangan dan Stres

Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi lycopene dan vitamin C.

Dalam sebuah studi tahun 2015, tikus laboratorium diberi makan bubuk semangka untuk melengkapi diet yang tidak sehat. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, mereka mengembangkan tingkat yang lebih rendah dari penanda inflamasi protein C-reaktif dan lebih sedikit stres oksidatif.

4 dari 5 halaman

Manfaat Semangka bagi Kesehatan

5. Mencegah Degenerasi Makula

Likopen ditemukan di beberapa bagian mata yang membantu melindungi dari kerusakan oksidatif dan peradangan Ini juga dapat mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD). Ini adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu mencegah AMD berkembang dan menjadi lebih buruk.

6. Membantu Meredakan Nyeri Otot

Sitrulin, asam amino dalam semangka, dapat mengurangi nyeri otot. Ini juga tersedia sebagai suplemen. Menariknya, jus semangka ternyata meningkatkan penyerapan citrulline.

Satu studi kecil memberi atlet jus semangka polos, jus semangka dicampur dengan citrulline atau minuman citrulline. Kedua minuman semangka menyebabkan lebih sedikit nyeri otot dan pemulihan detak jantung lebih cepat, dibandingkan dengan citrulline sendiri.

5 dari 5 halaman

Manfaat Semangka bagi Kesehatan

7. Baik untuk Kulit dan Rambut

Dua vitamin dalam semangka - A dan C - penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh Anda membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda kenyal dan rambut Anda kuat.

Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup , kulit Anda bisa terlihat kering dan bersisik. Baik likopen dan beta-karoten juga dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

8. Meningkatkan Pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat - keduanya penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat memberi curah pada tinja Anda, sementara air membantu saluran pencernaan Anda bergerak secara efisien.

Makan buah - buahan dan sayuran yang kaya air dan kaya serat , termasuk semangka, bisa sangat membantu untuk mendorong pergerakan usus yang normal.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer