Sukses


Pengertian Statistik, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Statistik adalah hasil data yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, dan lain sebagainya. Secara umum, statistik banyak digunakan dalam berbagai bidang studi, seperti ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran, dan lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistik adalah angka-angka atau catatan yang dikumpulkan, dikelompokkan, dan ditabulasi sehingga didapatkan informasi berkaitan dengan masalah tertentu.

Angka atau data yang ditampilkan dalam statistik ini diperoleh dari hasil pengumpulan data baik berupa wawancara maupun tanpa wawancara.

Statistik pada dasarnya adalah data-data yang dihasilkan dari pengolahan yang dipelajari di statistika. Jadi, statistika adalah ilmunya, sedangkan statistik adalah datanya.

Untuk lebih memahami dalam tentang statistik, kamu perlu mengetahui pendapat beberapa ahli, tujuan, fungsi hingga jenis-jenisnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian statistik menurut ahli, tujuan, fungsi serta jenis-jenisnya, seperti dilansir dari laman Guruakuntansi, Selasa (2/2/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Statistik Menurut Ahli

1. Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc.

Statistik adalah suatu pengetahuan yang berhubungan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisisnya, dan juga penarikan kesimpulan dengan berdasarkan kumpulan data serta penganalisisan yang dilaksanakan.

2. Anderson dan Bancroft

Statistik adalah ilmu dan seni pengembangan dan metode yang paling efektif untuk mengumpulkan, menabulasi, dan menafsirkan data kuantitatif sedemikian rupa sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan menggunakan penalaran induktif berdasarkan probabilitas matematika (peluang).

3. Prof. Dr. H. Agus Irianto

Statistik merupakan kumpulan cara ataupun juga aturan-aturan yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

4. Anto Dajan

Statistik merupakan data kuantitatif baik yang belum tersusun ataupun yang telah tersusun dalam bentuk tabel.

5. Croxton dan Cowden

Statistik merupakan suatu metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan serta menginterpretasikan data yang berwujud angka.

3 dari 5 halaman

Tujuan Statistik

Tujuan Statistik

1. Untuk membuat deskripsi atau juga untuk menjelaskan data mengenai populasi yang diselidiki.

2. Untuk membantu dalam membuat estimasi mengenai nilai yang tidak diketahui dengan berdasarkan data yang dianalisis.

3. Untuk membuat estimasi tentang suatu akibat hipotesis yang diterima. Estimasi tersebut yang nantinya akan dipakai sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

4. Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih kecil supaya lebih mudah untuk dipahami.

4 dari 5 halaman

Fungsi Statistik

Fungsi Statistik

Statistik mempunyai dua fungsi utama yang sangat penting bagi kegiatan atau aktivitas penelitian:

1. Fungsi Deskriptif

Fungsi statistik dapat mendeskripsikan atau menerangkan data serta peristiwa yang dikumpulkan dengan melalui proses penelitian dan penyelidikan.

2. Fungsi Inferensial

Fungsi statistik selanjutnya ialah digunakan untuk memprediksi serta mengendalikan seluruh populasi dengan berdasarkan data, gejala, dan peristiwa yang terdapat ada proses penelitian. Fungsi tersebut dimulai dengan membuat suatu estimasi dan hipotesis.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Statistik

Statistik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kriteria tertentu. Adapun jenis-jenis statistik adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan

Statistik matematika: statistik yang lebih memahami pemahaman model, rumus statistik matematika-teoritis, penurunan konseptual. 

Statistik terapan: statistik yang lebih fokus pada pemahaman konsep, teknik statistik, dan penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis

Statistik deskriptif: statistik yang berkaitan dengan pengumpulan pemrosesan, analisis, dan penyajian data tanpa kesimpulan umum. Bentuk statistik ini umumnya dalam bentuk tabel, grafik, diagram, mode, dan sebagainya.

Statistik inferensial: statistik yang prosesnya memungkinkan kesimpulan umum untuk diambil pada data yang sedang diproses.

3. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data

Statistik parametik: statistik berdasarkan model distribusi normal.

Statistik non-parametrik: statistik yang dilakukan dengan metode distribusi gratis atau tidak berdasarkan model distribusi normal.

4. Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

Statistik univariat: statistik yang hanya memiliki satu variabel dependen.

Statistik multivariat: statistik yang memiliki lebih dari satu variabel dependen.

 

Sumber: Guruakuntansi

Video Populer

Foto Populer