Sukses


8 Manfaat Bayam bagi Kesehatan, Tanaman Murah Kaya Khasiat

Bola.com, Jakarta - Bayam merupakan jenis sayuran yang umum ditemukan di pasaran. Sayuran dengan harga sangat terjangkau ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Bayam dipercaya mampu mencegah berbagai macam masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes. Bayam juga aman dikonsumsi ibu hamil.

Bayam termasuk sayuran yang mudah dikonsumsi dengan berbagai olahan. Bahkan ada beberapa orang yang mengonsumsi bayam dengan cara dijadikan jus agar khasiatnya lebih maksimal.

Kandungan nutrisi pada sayuran bayam terdiri dari vitamin (A, B, C, K) dan mineral-mineral utama, seperti niasin, thiamin, fosfor, ribloflavin, natrium, kalium, magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium.

Senyawa lain yang terdapat dalam bayam adalah karotenoid. Itulah mengapa, banyaknya kandungan nutrisi tersebut membawa manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat bayam bagi kesehatan, dikutip dari Healthline dan Medical News Today, Rabu (3/2/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Bayam bagi Kesehatan

1. Mengurangi Stres

Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme. Hal itu dapat menyebabkan stres oksidatif, yang memicu penuaan yang dipercepat dan meningkatkan risiko kanker dan diabetes.

Namun, bayam mengandung antioksidan yang melawan stres oksidatif dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

Satu studi pada delapan orang sehat menemukan bayam membantu mencegah kerusakan oksidatif. Meski penelitian ini cukup kecil, temuannya didukung oleh penelitian hewan dan manusia lainnya.

2. Kesehatan Mata

Bayam kaya zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna pada beberapa sayuran.

Mata manusia mengandung pigmen ini dalam jumlah tinggi, yang melindungi mata Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari (15 sumber tepercaya).

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak, yang merupakan penyebab utama kebutaan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bayam bagi Kesehatan

3. Mencegah Kanker

Bayam mengandung dua komponen, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah penelitian, senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor di leher rahim seseorang. Itu juga mengurangi ukuran tumor.

Beberapa penelitian pada manusia menghubungkan konsumsi bayam dengan penurunan risiko kanker prostat. Makan hijau daun ini juga dapat membantu mencegah kanker payudara.

Demikian pula, satu penelitian pada hewan mencatat bahwa bayam dapat menekan pembentukan kanker. Selain itu, bayam mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, yang juga dapat melawan kanker.

4. Mengatur Tekanan Darah

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung (28, 29).

Satu studi pada 27 orang menemukan bahwa makan bayam efektif menurunkan tingkat tekanan darah. Beberapa penelitian lain mengamati efek yang sama, menunjukkan bahwa bayam meningkatkan kesehatan jantung.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bayam bagi Kesehatan

5. Mencegah Asma

Sebuah penelitian terhadap 433 anak penderita asma antara usia 6 dan 18 tahun, dan 537 anak tanpa asma, menunjukkan bahwa risiko terkena asma lebih rendah pada orang yang memiliki asupan nutrisi tertentu yang tinggi.

Satu di antara nutrisi tersebut adalah beta-karoten. Bayam adalah sumber beta-karoten yang sangat baik.

6. Baik untuk Kesehatan Tulang

Asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Konsumsi vitamin K yang cukup penting untuk kesehatan yang baik karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh dalam urine.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bayam bagi Kesehatan

7. Baik untuk Pencernaan

Bayam kaya akan serat dan air, keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

8. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Bayam memiliki vitamin A dalam jumlah besar, yang memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut untuk melembabkan kulit dan rambut. Minyak inilah yang bisa menumpuk hingga menyebabkan jerawat.

Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Bayam dan sayuran hijau lainnya, yang kaya vitamin C, sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Sementara, kekurangan zat besi adalah penyebab umum dari rambut rontok, yang dapat dicegah dengan asupan makanan kaya zat besi, seperti bayam.

 

Sumber: Healthline, Medical News Today

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer