Sukses


10 Manfaat Mengagumkan Tape Singkong bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Tape merupakan satu di antara makanan olahan asli Indonesia yang terbuat dari singkong atau ketan. Sebutan tapai atau tape mengacu pada bahan utamanya, misalnya jika terbuat dari singkong akan menjadi tape singkong.

Tape singkong memiliki rasa yang manis dan lembut. Rasa tersebut untuk dan khas sehingga tidak dapat Anda temukan di makanan lain.

Bagi sebagian orang, tape singkong tidak terlalu populer untuk disantap secara langsung. Biasanya, mereka mencampurkan tape singkong dengan sirup dan es segar.

Tapai atau tape kerap ditemukan kala perayaan Hari Raya Idulfitri atau acara kumpul keluarga di Indonesia. Tape menjadi makanan penutup favorit yang disajikan dengan keripik.

Ada beberapa manfaat kesehatan dengan Anda mengonsumsi tapai atau tape. Berikut manfaat tape singkong bagi kesehatan, dikutip dari drhealthbenefits, Kamis (4/2/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Tape Singkong bagi Kesehatan

1. Menghangatkan Tubuh

Tape singkong atau tapai dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena rendahnya kadar alkohol. Jika Anda merasa lemas dan sedikit demam, dapat mengonsumsi tapeĀ untuk menghangatkan darah dan menstimulasi kulit agar menghangat.

Selain itu, mengonsumsi tape dalam jumlah sedang dan tidak lebih dari 50 gram setiap hari dapat mencegah dampak negatif alkohol di dalam tubuh.

2. Berikan energi pada tubuh

Tape merupakan makanan yang berbahan dasar singkong atau ketan, tak heran di dalamnya mengandung karbo tinggi. Makan tape akan memberikan efek yang sama seperti saat makan nasi atau karbo lainnya.

Karbo akan menjadi sumber energi yang sangat potensial bagi tubuh dan membantu memecah protein untuk memberi makan sel. Hasilnya, tubuh kita menjadi lebih segar dan bugar.

3 dari 6 halaman

Manfaat Tape Singkong bagi Kesehatan

3. Menambah Gairah Seksual

Di beberapa daerah di Indonesia, tape dikonsumsi sebagai makanan super untuk meningkatkan fungsi gairah seksual. Bagi suami dan istri yang memiliki kelainan fungsi seksual, boleh makan tape sebagai terapi makanan yang akan bekerja jauh lebih efektif daripada obat kimia.

Tape memiliki banyak karbo dan protein sebagai sumber energi untuk merangsang fungsi seksual secara perlahan, tetapi pasti.

4. Perawatan Jerawat

Tape bisa menjadi satu di antara metode paling efektif untuk menyembuhkan jerawat. Tape dapat membantu tubuh kita untuk menetralkan racun dan berada di pinggir pori-pori yang tersumbat.

Pori-pori yang mengandung kotoran dan racun akan meningkatkan kemungkinan kulit Anda terkena jerawat. Supaya kulit lebih segar dan bersih, Anda bisa mulai mengganti kudapan gorengan Anda dengan tape. Jauh lebih sehat dan enak!

4 dari 6 halaman

Manfaat Tape Singkong bagi Kesehatan

5. Menu Diet

Tape merupakan makanan yang mengandung lemak rendah. Tape memiliki kandungan karbo, namun mudah diserap oleh organ pencernaan kita.Ā Tape juga memiliki serat larut yang merangsang organ pencernaan kita untuk bekerja lebih baik.

Kondisi ini menyebabkan tape menjadi menu yang sangat sehat untuk pilihan diet secara alami tanpa pengobatan kimiawi atau operasi.

6. Sumber Probiotik

Manfaat tape selanjutnya yang sangat esensial adalah pada sumber probiotiknya. Proses fermentasi yang melibatkan berbagai mikroorganisme merupakan proses yang sangat baik untuk menghasilkan esensi probiotik.

Kandungan air yang ada di dalam singkong dan ketan bisa menjadi esensi yang kuat untuk mengalahkan bakteri dan virus tersebut di dalam pencernaan Anda. Selain itu, tape sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah racun.

5 dari 6 halaman

Manfaat Tape Singkong bagi Kesehatan

7. Sistem Perbaikan Otot dan Neuron

Saat proses fermentasi tape berlangsung, akan banyak proses kimiawi yang terjadi. Proses fermentasi juga menghasilkan dan meningkatkan thiamin, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem otot dan neuron manusia. Kita bisa seketika merasa segar dan lebih berenergi setelah makan tape.

8. Memperbaiki Pencernaan

Tape bisa menjadi makanan super untuk pencernaan Anda. Proses fermentasi tape dapat meningkatkan produksi probiotik dan asam laktat.

Esensi tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan dengan membunuh semua bakteri kejam tersebut dan membantu bakteri baik untuk bekerja lebih baik.

Mengonsumsi tape secara teratur dalam porsi yang sedikit, akan secara efektif membuang sisa hidup dan racun keluar dari tubuh Anda melalui proses sekresi dan mencegah sembelit.

6 dari 6 halaman

Manfaat Tape Singkong bagi Kesehatan

9. Mencegah Anemia

Tape sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Penyakit ini disebabkan turunnya produksi sel darah merah sehingga tubuh terasa makin lemas dan tidak bertenaga.

Saat proses fermentasi tape berlangsung, terdapat beberapa mikroorganisme yang dapat meningkatkan produksi vitamin B12. Vitamin sangat penting untuk mendukung produksi sel darah merah lebih banyak. Hasilnya, anemia tidak lagi terjadi.

10. Mencegah Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang sangat mengerikan karena dapat menstimulasi dan mengembangkan penyakit serius lainnya, seperti serangan jantung dan stroke.

Bagi yang menderita hipertensi, bisa mulai mengkonsumsi tape secara rutin. Tape memiliki sumber kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah, menjaga detak jantung, dan menjaga pembuluh darah tetap bersih dan lancar.

Ā 

Sumber:Ā drhealthbenefits

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer