Sukses


IBL Belum Jelas, Prawira Bandung Tetap Latihan Normal

Bola.com, Bandung - Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2021 hingga saat ini belum jelas kapan akan digelar. Meski demikian, klub basket Prawira Bandung tetap melakukan latihan seperti biasa.

Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi mengaku pasukannya tetap menjalani latihan. Terlebih, IBL dikabarkan akan digelar pada Maret 2021.

"Kabarnya awal Maret IBL bergulir, mungkin 8 Maret. Jadi sekarang persiapannya sudah masuk ke persiapan khusus. Maintenance-maintenance dan rencananya di minggu depan kami sudah mulai latih tanding," ujar Andre saat memantau sesi latihan pasukannya berlatih fitness di Mes Persib, Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (5/2/2021).

Sejak terhentinya kompetisi IBL, Andre mengaku sempat khawatir dengan kondisi para pemainnya, terutama masalah semangatnya dalam berlatih.

"Memang pemain bertanya-tanya, kapan ada tanding. Terus kami latihan ujungnya dimana, kan seperti itu. Kami belum dapat info resmi. Sedangkan dari IBL dengan status PSBB yang diperketat segala macamnya, mereka tidak bisa bergerak," ungkap Andre.

Untuk menjaga motivasi para pemainnya, Andre terus berupaya keras menjaga mood para pemainnya, salah satunya dengan memodifikasi program latihan.

"Kami mencoba untuk lebih banyak kepada aktivitas yang tidak melulu di lapangam basket. Semacam banyak bermain di gim-gim, tidak melulu kami lakukan drill-drill, tapi gim," ujar Andre.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Mengatasi Kejenuhan

Program latihan Prawira di antaranya yoga, recovery, fitness, dan gym. Aktivitas mereka tidak hanya di lapangan basket agar para pemain tidak merasa jenuh.

"Terlepas dari itu, kami tetap harus hati-hati karena saat ini masih pandemi. Jadi tetap beraktivitas tapi tetap hati-hati jug," ungkap Andre.

Andre optimistis pasukannya sudah siap jika IBL benar-benar digelar pada Maret 2021 nanti. Namun, tetap dalam pertandingan dengan masa pandemi ini harus difokuskan ke arah kesehatan.

"Dalam arti, kalau bicara optimis, full tim optimis. Tapi dengan adanya Covid ini, amit-amit yang terburuk kalau terjadi gak full tim akan sulit sepertinya jika tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan," imbuh Andre.

Andre berharap para pemainnyua displin dan set up sehingga ketika IBL berjalan semua pemain bisa sampai habis bermain full tim. Sejauh ini lanjut Andre para pemainnya pun tetap komit bersama Prawira Bandung

"Karena yang harus diketahui di IBL ini beda dengan bola. Kalau IBL pada saat bulan Oktober yang lanjut itu season 2020. Tapi tidak bisa, akhirnya kompetisi dihentikan tanpa ada juara," jelas Andre.

"Dan untuk masalah kontrak, anak-anak semua aman sih. Jadi gak ada yang mengundurkan diri atau yang lainnya," ungkap Andre mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer