Sukses


8 Manfaat Jinten bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Jinten atau jintan merupakan satu di antara bumbu dapur yang berasal dari tanaman Cuminum cyminum. Tanaman ini telah menyebar luas di seluruh dunia.

Jinten biasanya dibeli dalam bentuk biji kering utuh atau dalam bentuk bubuk. Jinten juga menjadi bumbu pokok dalam masakan Meksiko, India, Afrika dan Asia.

Selain bijinya, daun jinten juga memiliki manfaat. Daun jinten sering digunakan untuk menghilangkan bau dan rasa amis dari ikan atau daging.

Di beberapa negara, daun jinten juga dikenal dengan beberapa nama seperti indian mint, cuban oregano, french thyme, dan mint soup. Ada beberapa ramuan dalam daun ini yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti minyak atsiri, kalium, fenol, dan fitosterin.

Berikut manfaat jinten bagi kesehatan, dikutip dari Healthline, Minggu (7/2/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Jinten bagi Kesehatan

1. Mengobati gangguan pencernaan

Penggunaan jinten paling umum adalah mengobati gangguan pencernaan. Tanaman ini mampu meningkatkan aktivitas protein pencernaan.

Maka dari itu, ia membantu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar.

2. Kaya zat besi

Biji jinten kaya akan zar besi alami. Satu sendok ten jintan bubuk mengandung 1,4 mg zat besi, atau 17,5 % dari RDI untuk orang dewasa.

Kekurangan zat besi adalah satu di antara kekurangan nutrisi yang paling umum, memengaruhi hingga 20% populasi dunia dan hingga 10 dari 1.000 orang di negara-negara terkaya.

Secara khusus, anak-anak membutuhkan zat besi untuk mendukung pertumbuhan dan wanita muda membutuhkan zat besi untuk menggantikan darah yang hilang saat menstruasi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jinten bagi Kesehatan

3. Mengandung senyawa bermanfaat

Jintan mengandung banyak senyawa tanaman yang dikaitkan dengan potensi manfaat kesehatan, termasuk terpene, fenol, flavonoid, dan alkaloid.

Senyawa tersebut berguna dalam menstabilkan radikal bebas. Radikal bebas adalah elektron tunggal yang menyebabkan peradangan dan kerusakan DNA.

4. Mengobati Diabetes

Beberapa komponen jintan telah menjanjikan membantu mengobati diabetes.

Satu studi klinis menunjukkan suplemen jintan pekat memperbaiki indikator awal diabetes pada individu yang kelebihan berat badan, dibandingkan dengan plasebo.

Jinten juga mengandung komponen yang melawan beberapa efek jangka panjang diabetes.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jinten bagi Kesehatan

5. Meningkatkan Kolesterol Darah

Jintan juga meningkatkan kolesterol darah dalam studi klinis.

Dalam sebuah penelitian, 75 mg jintan yang diminum dua kali sehari selama delapan minggu menurunkan trigliserida darah yang tidak sehat.

6. Membantu mengurangi lemak dalam tubuh

Suplemen jintan pekat telah membantu menurunkan berat badan dalam beberapa studi klinis.

Satu studi terhadap 88 wanita yang kelebihan berat badan menemukan bahwa yogurt yang mengandung 3 gram jintan dapat menurunkan berat badan, dibandingkan dengan yogurt tanpa itu.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jinten bagi Kesehatan

7. Mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan

Satu di antara peran jinten dalam bumbu adalah mencegah penyakit masuk. Jinten memiliki sifat mikroba yang dapat mengurangi risiko infeksi yang ditularkan melalui makanan.

Beberapa komponen jinten mengurangi pertumbuhan bakteri yang ditularkan melalui makanan dan beberapa jenis jamur menular.

8. Dapat membantu dengan ketergantungan obat

Ketergantungan narkotika menjadi perhatian internasional. Narkotika opioid menciptakan kecanduan dengan membajak rasa keinginan dan penghargaan normal di otak. Ini mengarah pada penggunaan yang berkelanjutan atau meningkat.

Studi pada tikus menunjukkan bahwa komponen jintan mengurangi perilaku adiktif dan gejala penarikan. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk menentukan apakah efek ini akan berguna pada manusia.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer