Sukses


8 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Risiko Kanker

Bola.com, Jakarta - Pepaya merupakan satu di antara buah favorit yang sering dikonsumsi banyak kalangan. Buah ini sering menjadi camilan atau bahan minuman.

Berkat rasanya yang manis, buah yang berasal dari daratan Amerika Selatan ini banyak dikonsumsi. Selain itu, buah pepaya juga cukup mudah untuk didapatkan.

Namun, pepaya tidak hanya dimanfaatkan daging buahnya saja. Banyak kalangan juga memanfaatkan daun pepaya untuk kesehatan serta campuran masakan.

Kebanyakan orang Indonesia memanfaatkan daun pepaya sebagai lalapan atau menumisnya. 

Namun, tak semua menyukai daun pepaya karena rasanya yang pahit. Hanya, dari pahit yang dihasilkan daun pepaya itu terkandung nutrisi yang cukup banyak.

Rasa pahit yang ditimbulkan oleh daun pepaya karena daun tersebut mengandung alkaloid karpain, yang biasanya cukup efektif digunakan untuk menurunkan demam.

Daun pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga berbagai macam mineral dan enzim yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ada bebeapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun pepaya, beberapa di antaranya dapat menyembuhkan demam berdarah dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Berikut 8 manfaat daun pepaya untuk kesehatan, yang dapat Anda cermati sejak dini, seperti dikutip dari Ndtv, Healthline, Minggu (7/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya

1. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Kadar gula darah yang terlalu tinggi biasanya diakibatkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung tinggi gula dan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Daun pepaya dapat bekerja dengan sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah karena dapat merangsang insulin bekerja dengan baik untuk mengatur kadar gula di dalam darah.

Sifat antioksidan yang dimiliki daun pepaya juga dapat membantu menurunkan komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, seperti kerusakan ginjal dan timbunan lemak di hati.

2. Menyembuhkan Demam Berdarah

Selain jus jambu biji, jus yang dibuat dari daun pepaya juga dapat membantu pasien demam berdarah. Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk aides aegypti, yang menularkan penyakit ke dalam darah manusia.

Saat seseorang terkena demam berdarah, jumlah trombosit di dalam darah menjadi rendah, dan menyebabkan badan menjadi lemas.

Dengan meminum jus yang dibuat dari ekstrak daun pepaya akan membantu meningkatkan jumlah trombosit yang ada di dalam darah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya

3. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Ekstrak yang diambil dari daun pepaya memiliki khasiat atau manfaat sebagai antikanker yang cukup baik karena mengandung senyawa acetogenin.

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, enzim yang terdapat dalam daun pepaya dapat mengurangi risiko terkena kanker hati, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker payudara.

Selain itu, sifat anti-inflamasi yang dimiliki daun pepaya dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang biasanya disebabkan oleh efek samping kemoterapi terhadap pasien kanker.

4. Membantu Meredakan Nyeri Haid

Saat menstruasi dan timbul nyeri atau sakit yang begitu menyiksa di bagian perut, mungkin Anda dapat menggunakan daun pepaya untuk meredakannya.

Daun pepaya yang Anda konsumsi bekerja sangat baik untuk memudahkan aliran menstruasi dan mengurangi rasa sakit atau nyeri pada perut yang sering Anda alami.

Khasiat dari daun pepaya dapat menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi.

Anda dapat mengambil beberapa helai daun pepaya dan mencampurnya dengan asam lalu direbus. Minumlah air rebusan tersebut agar dapat mengurangi rasa sakit saat haid.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya

5. Membantu Pertumbuhan Rambut

Bagi Anda yang ingin merawat rambut agar tetap terjaga kesehatannya, dapat menggunakan ekstrak daun pepaya untuk membantu usaha tersebut.

Ekstrak daun pepaya dapat membantu menjaga kesehatan rambut, membantu pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan, dan penipisan rambut atau rambut rontok.

Komponen alkaloid yang terkandung dalam daun pepaya, efektif menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala. Alkaloid juga bisa berfungsi sebagai kondisioner alami dan mengembalikan kilau rambut Anda.

6. Dapat mendukung fungsi pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya kerap digunakan sebagai terapi alternatif untuk meredakan gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti gas, kembung, dan mulas.

Daun pepaya mengandung serat, nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat  dan senyawa unik yang disebut papain.

Papain terkenal karena kemampuannya memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan mudah dicerna. Ini bahkan digunakan sebagai pelunak daging dalam praktik kuliner.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya

7. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Daun pepaya sering dikonsumsi secara langsung atau dioleskan sebagai cara untuk menjaga kulit lembut, bersih, dan tampak awet muda.

Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori yang tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, dan jerawat.

8. Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Berbagai olahan daun pepaya sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam kondisi peradangan internal dan eksternal, termasuk ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Daun pepaya mengandung berbagai unsur hara dan senyawa tumbuhan dengan potensi manfaat anti inflamasi, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E.

 

Sumber: Ndtv, Healthline

Video Populer

Foto Populer