Sukses


8 Manfaat Mengesankan Buah Bit untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Buah bit mungkin buka buah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal, buah satu ini dapat dijadikan berbagai masakan dan minuman. Selain itu, manfaat yang diberikan bit juga cukup banyak.

Buah ini masuk tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae sehingga bit masih satu keluarga dengan sayuran berakar, seperti lobak.

Buah bit dulu hanya sering diambil akarnya saja sebagai bahan pengobatan, namun seiring berjalannya waktu buah, batang, dan daun dari tanaman bit juga diambil untuk dimanfaatkan.

Banyak cara untuk mengolah buah bit agar menjadi makanan, mulai merebusnya, mengukus, menggoreng, hingga dijadikan berbagai macam campuran masakan.

Pada awalnya buah bit dikonsumsi oleh orang Afrika, semenjak ratusan tahun silam. Namun, karena manfaatnya, lantas menjadi terkenal. Buah ini kemudian banyak dibudidayakan di berbagai wilayah termasuk Asia dan Eropa.

Bit mengandung banyak nutrisi yang baik dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti protein, serat, vitamin C, kalium, dan folat.

Ada berbagai manfaat menyehatkan dengan mengonsumsi buah bit, seperti untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan otak

Berikut delapan manfaat buah bit untuk kesehatan, seperti dikutip dari Healthline dan Foodrevolution, Selasa (9/1/2021)

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

1. Membantu Mencegah Kanker

Ada beberapa kandungan dalam buah bit yang dapat membantu melawan kanker, yang pertama adalah betanine, yang telah dikaitkan dengan pengurangan tumor dan lesi prakanker. Betanine juga merupakan senyawa yang membuat buah bit berawarna merah gelap

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan betanin pada buah bit dapat berfungsi dalam proses kemoterapi.

2. Mengurangi Kolesterol

Jika Anda sedang berusaha menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, Anda dapat menggunakan buah bit untuk membantu usaha tersebut.

Bit merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, yang telah terbukti dapat menurunkan kolesterol. Kandungan Flavonoid dan karotenoid dalam buah bit juga membantu mencegah kolesterol jahat (LDL) teroksidasi dan disimpan di arteri.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah bit tinggi akan kandungan folat, yang memiliki peran cukup penting untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari berbagai masalah.

Folat melindungi kulit dengan cara merangsang produksi dan perbaikan sel. Folat juga dapat melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari.

4. Menurunkan Berat Badan 

Bit memiliki beberapa khasiat nutrisi yang membuatnya baik untuk menurunkan berat badan lantaran bit rendah kalori dan tinggi air. Meningkatkan asupan makanan rendah kalori seperti buah-buahan dan sayuran telah dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Meski kandungan kalorinya rendah, bit mengandung protein dan serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Keduanya adalah nutrisi penting untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Serat dalam bit dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Hati

Bit mengandung nutrisi yang sering dikenal sebagai betanin, yang merupakan lipotrope dan bermanfaat untuk mengurangi munculnya lemak di dalam hati.

Konsumsi bit dengan cara direbus atau dijadikan sebagai campuran sup sayuran, yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan hati.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Fungsi mental dan kognitif secara alami menurun seiring bertambahnya usia. Bagi beberapa orang, penurunan ini signifikan dan dapat menyebabkan kondisi seperti demensia. Penurunan aliran darah dan suplai oksigen ke otak dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Menariknya, nitrat dalam bit dapat meningkatkan fungsi mental dan kognitif dengan memperbesar pelebaran pembuluh darah dan dengan demikian meningkatkan aliran darah ke otak.

Bit telah terbukti meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak, area yang terkait dengan pemikiran tingkat tinggi, seperti pengambilan keputusan dan memori kerja.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

7. Menjaga Energi Ketika Berolahraga

Nitrat dalam bit meningkatkan aliran darah, yang membantu memindahkan oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Banyak orang sebelum berolahraga sering minum jus bit untuk meningkatkan performa, yang pasti menjadi satu di antara bentuk 'doping' paling sehat dan terlezat.

Aliran oksigen yang lebih baik berarti jantung dan paru-paru tidak harus bekerja terlalu keras selama berolahraga sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan aktivitas yang kuat lebih lama.

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat makanan merupakan komponen penting dari pola makan yang sehat. Hal ini telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan pencernaan.

Satu cangkir jus buah bit mengandung 3,4 gram serat, menjadikan bit sebagai sumber serat yang baik.

Serat melewati pencernaan dan menuju ke usus besar, di mana ia memberi makan bakteri usus yang bersahabat atau memperlancar buang air besar dan buang air kecil.

Hal ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan, seperti sembelit, penyakit radang usus, dan divertikulitis. 

 

 

Sumber: Healthline, Foodrevolution

 

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer