Sukses


6 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Menyejukkan dan Mampu Mengatasi Jerawat

Bola.com, Jakarta - Es batu ternyata memiliki manfaat lain selain menyegarkan minuman. Manfaat es batu satu di antaranya, berguna untuk perawatan kulit wajah.

Memiliki kulit wajah yang halus, cantik, dan sehat adalah dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Beberapa orang rela mengeluarkan kocek yang dalam demi mendapatkan wajah yang sempurna.

Namun, bagi Anda yang memiliki kocek terbatas, bisa menggunakan es batu untuk perawatan kulit wajah. Bahkan para ahli kesehatan dan kecantikan sangat menyarankan agar Anda melakukan perawatan memakai es batu.

Es batu akan memberikan sensasi sejuk dan menyegarkan ketika menyentuh kulit wajah.

Berikut manfaat es batu untuk wajah, disadur dari Liputan6, Selasa (9/2/2021).

2 dari 7 halaman

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur yang pertama adalah dapat mengatasi masalah jerawat. Jika Anda memiliki masalah jerawat membandel, Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan masker es batu.

Selain menyembuhkan masalah jerawat, es batu bisa mencegah dan meminimalisasi terjadinya peradangan kulit akibat jerawat.

Dengan es batu, masalah jerawat yang Anda alami akan terselesaikan dengan baik. Es batu dipercaya bisa meredakan nyeri ruam pada jerawat, mengempeskan jerawat hingga mencegah munculnya jerawat atau komedo penyebab jerawat. 

3 dari 7 halaman

2. Mengatasi Mata Panda

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur selanjutnya adalah untuk mengatasi mata panda. Memiliki mata panda memang sangat mengganggu. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasi masalah mata panda dengan masker es batu.

Selain mengatasi mata panda, masker es batu membantu mengatasi mata bengap atau bengkak akibat menangis terlalu lama, tidur terlalu lama maupun menatap layar komputer dan gawai terlalu lama.

Gosok-gosokkan es batu di sekitar lingkar mata atau celupkan kapas di dalam air es batu dan pakai untuk mengompres mata. Cara ini dipercaya bisa mengatasi mata panda dengan baik dan bisa menjadikan Anda terbebas dari masalah mata sembab akibat kurang tidur.

4 dari 7 halaman

3. Mengecilkan Pori-Pori

Es batu bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Buat Anda yang bermasalah dengan pori-pori kulit wajah cukup besar, Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan es batu.

Pori-pori adalah celah pada permukaan kulit untuk sirkulasi, bisa udara, cairan, atau molekul kecil lainnya. Ketika pori membesar, partikel-partikel dari luar akan lebih mudah masuk dan sebaliknya. Debu dan udara kotor yang menjadi satu di antara sumber jerawat, juga bisa masuk dengan mudahnya.

Nutrisi serta suhu es batu yang rendah dipercaya mampu membuat kulit menjadi lebih halus dan pori-porinya pun mengecil.

Cara mengecilkan pori-pori kulit pakai es batu sangat mudah, Anda cukup menggosok-gosokkan sepotong es batu secara rutin setiap pagi sebelum mandi dan memakai makeup.

5 dari 7 halaman

4. Mencegah Penuaan Dini

Es batu bisa mencegah penuaan dini. Oleskan es batu ke kulit secara perlahan dan rutin. Hal ini bermanfaat mencegah risiko kulit keriput. Tak hanya itu saja, es batu juga bermanfaat melembabkan kulit secara alami.

Dengan menggunakan manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur, tidak akan ada kerutan dan bintik hitam yang mengancam kesehatan kulit wajah.

Tanda penuaan dini yang paling menakutkan adalah mulai munculnya kerutan, bintik hitam, dan kulit mudah kusam. Meski masih berusia muda, penuaan kulit tetap bisa terjadi jika Anda tidak memberikan perhatian dalam merawatnya.

6 dari 7 halaman

5. Mengencangkan dan Menghaluskan Kulit

Es batu berfungsi untuk mengencangkan kulit. Dengan menggosok-gosokkan es batu pada kulit wajah setiap pagi atau setiap malam sebelum tidur, akan membantu Anda dapatkan kulit yang lebih kencang, bersih dan sehat.

Hal ini juga memungkinkan Anda memiliki wajah yang tirus dan jauh dari masalah wajah bengkak.

Masker es batu yang digunakan rutin setiap malam menjelang tidur bisa membuat kulit jadi lebih halus dan lembut. Tak hanya halus dan lembut, kulit pun akan tampak lebih segar dan terawat dengan baik.

7 dari 7 halaman

6. Mengatasi Masalah Kulit Terbakar Sinar Matahari

Buat Anda yang sedang bermasalah dengan kulit kusam atau kulit terbakar sinar matahari, Anda juga bisa memanfaatkan es batu sebelum tidur. Dengan merawat kulit wajah dengan es batu, masalah kulit terbakar sinar matahari akan dapat teratasi.

Kompres kulit dengan es batu secara rutin dan dapatkan kulit yang lebih cerah. Tak hanya mengatasi masalah kulit terbakar sinar matahari, es batu juga bisa mendinginkan kulit.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Published: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 18/9/2019)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer