Sukses


7 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah, Hilangkan Bekas Jerawat

Bola.com, Jakarta - Kunyit merupakan satu di antara tanaman apotek hidup yang kerap ditemukan di dapur. Kunyit kerap dijadikan bumbu masak dan sebagai pewarna masakan agar berwarna kuning.

Kunyit memiliki kulit cokelat dan oranye di dalamnya, serta bertekstur keras.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Kandungan tersebut baik bagi kesehatan dan mampu mencegah penyakit.

Kandungan curcumin dalam kunyit dapat memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker di kepala dan leher.

Pusat Medis Universitas Maryland meneliti bahwa sifat anti-oksidan dalam kunyit mampu memerangi radikal bebas sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kunyit juga memiliki khasiat untuk kecantikan wajah. Berikut manfaat kunyit untuk kecantikan wajah, dikutip dari Klikdokter, Rabu (10/2/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah

1. Mencerahkan Wajah secara Alami

Kombinasi zat antiradang dan antioksidan yang ada dalam kunyit dapat membantu membuat kulit wajah lebih cerah alami. Untuk mendapatkan manfaat yang dimaksud, Anda bisa mencoba masker wajah berbahan dasar kunyit.

Cara membuatnya, dengan mencampurkan kunyit yang telah dihaluskan dengan sedikit Greek yoghurt dan madu. Aplikasikan racikan tersebut ke wajah secara merata, dan biarkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air bersih yang mengalir setelahnya.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Masker wajah berbahan dasar kunyit bisa membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya.

Sifat antiradang yang dimiliki kurkumin pada kunyit dapat pula memperbaiki struktur pori-pori wajah. Hal ini mampu membuat kulit lebih 'tenang' sehingga jaringan parut ikut berkurang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah

3. Solusi Psoriasis di Wajah

Kandungan antioksidan dan antiradang pada kunyit dapat membantu mengendalikan gejala psoriasis di wajah.

Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan menambahkan ekstrak kurkumin pada makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang dosisnya telah ditentukan oleh dokter.

4. Meredakan Kantong Mata

Kantong mata yang gelap dapat mengganggu penampilan. Kunyit merupakan satu di antara bahan yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Kunyit bisa memberikan manfaat demikian berkat sifat antiradang, yang dapat berperan merangsang sirkulasi darah sehingga membantu mengurangi bengkak di bawah mata.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah

5. Melindungi Kulit dari Penuaan Dini

Paparan dari sinar matahari, terutama ultraviolet B (UVB), dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah apabila Anda jarang menggunakan tabir surya.

Penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke 68 American Academy of Dermatology (AAD) menyebut, krim pelembap yang berbahan dasar kunyit memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerutan dan bintik cokelat akibat sinar matahari.

6. Melembapkan kulit

Kunyit dapat melembapkan dan membarui kulit secara mendalam. Masker wajah yang mengandung tumbuhan herbal tersebut, dapat pula mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati serta membuat kulit lebih sehat dan lembut.

7. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Kunyit kaya akan antioksidan sehingga diduga dapat menangkal dampak buruk radikal bebas. Apabila dikombinasikan dengan gaya hidup dan pola makan sehat, kunyit bahkan disebut dapat menurunkan risiko kanker kulit.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 24/11/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer