Sukses


12 Manfaat Luar Biasa Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan rumput laut alias seaweed. Rumput laut sudah cukup lama dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Anda mudah menjumpai rumput laut pada campuran es buah, sushi, onigiri, campuran mie, hingga salad. Namun, tahukah Anda bahwa rumput laut bukan saja lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan?

Rumput laut mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Selama berabad-abad, rumput laut menjadi primadona untuk bahan obat-obatan, industri, dan makanan karena kandungan gizinya.

Oleh karena kandungan gizinya, rumput laut dianggap memiliki banyak manfaat. Rumput laut mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, fosfor, dan kolin meski dalam jumlah sedikit.

Selain itu, rumput laut kaya beragam nutrisi dan antioksidan yang membuat rumput laut memiliki beragam manfaat kesehatan. Tidak hanya populer sebagai obat herbal, rumput laut banyak digunakan sebagai bahan produk kosmetik dan perawatan kulit.

Anda bisa sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan dari rumput laut. 

Berikut ini khasiat luar biasa rumput laut untuk kesehatan dan kecantikan yang sayang jika dilewatkan, dilansir dari Healthline dan 100percentpure, Rabu (17/2/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mendukung fungsi kelenjar tiroid

Rumput laut bermanfaat mendukung fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid punya peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh.

Kelenjar tiroid berfungsi memperbaiki sel-sel yang rusak dan memproduksi energi. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengonsumsi rumput laut.

Beberapa jenis rumput laut, seperti nori, wakame, dan kelp memiliki kandungan yodium yang tinggi sebagai satu di antara nutrisi yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tersebut.

Selain itu, rumput laut mengandung asam amino tirosin, yang dibutuhkan bagi kelenjar tiroid untuk menjalankan fungsinya.

2. Sumber vitamin dan mineral yang baik

Setiap jenis rumput laut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Secara umum, 1 sendok makan (7 gram) rumput laut mengandung sekitar 20 kalori, 1,7 gram karbohidrat, 4 gram protein, 0,5 gram lemak, dan 0,3 gram serat.

Selain itu, rumput laut mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K bersama dengan folat, zync, natrium, kalsium, dan magnesium.

3. Mengandung berbagai antioksidan

Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh. Produksi radikal bebas yang berlebih merupakan penyebab terjadinya beberapa jenis penyakit tertentu.

Dengan konsumsi rumput laut, kemungkinan terjadinya kerusakan sel menjadi lebih rendah. Rumput laut juga menyimpan beragam senyawa antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid, yang terbukti melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3 dari 5 halaman

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Menjaga pencernaan dan kesehatan usus

Rumput laut memiliki kandungan serat dalam jumlah tinggi, yang diketahui dapat menunjang kesehatan saluran cerna. Selain itu, polisakarida pada rumput laut membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna.

5. Membantu menurunkan berat badan

Mengandung sedikit kalori dan banyak serat, rumput laut bisa membantu memperlambat pengosongan lambung. Hal ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar.

Rumput laut juga dianggap dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Sejumlah penelitian pada hewan menemukan, fucoxanthin - zat yang ada di dalam rumput laut - dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Rumput laut merupakan sumber serat larut air yang baik dan mengandung asam lemak omega-3 serta antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan gizi dalam rumput laut terlihat mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, serta mencegah pembekuan darah. Namun, penelitian klinis lebih lanjut masih diperlukan untuk memperkuat bukti tersebut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Satu di antara penelitian yang dilakukan selama delapan minggu pada hewan percobaan menunjukkan bahwa konsumsi rumput laut dapat menurunkan kadar kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, serta trigliserida dengan proporsi yang cukup bermakna.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hasil penelitian tersebut.

8. Melembapkan kulit kering

Manfaat rumput laut untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk melembapkan kulit yang kering. Rumput laut merupakan agen humektan (pelembap) alami yang dapat membantu kulit mengikat air.

Fungsi ini penting agar kulit terhindar dari dehidrasi, yang nantinya dapat menyebabkan berbagai keluhan kulit lainnya. Selain mengandung vitamin E sebagai antioksidan, rumput laut mengandung asam lemak esensial yang baik untuk melembapkan kulit.

Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung rumput laut, kulit akan dapat lebih menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar dan menguncinya di lapisan epidermis. Hal ini akan membuat kulit terlihat sehat dan kenyal.

9. Mencegah penuaan dini

Rumput laut bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam rumput laut juga dapat membantu memerangi radikal bebas, radang, dan dampak buruk lingkungan pada kulit.

Hal ini berkontribusi untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan keriput.

5 dari 5 halaman

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Merawat kulit berminyak

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, hanya dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, Anda akan mendapatkan scrub alami yang sehat dan banyak manfaat.

Rumput laut memiliki efek menyeimbangkan kondisi kulit sehingga pemakaian scrub rumput laut secara rutin akan membantu mengatur produksi sebum tanpa membuat kulit jadi kering.

11. Detoksifikasi kulit

Selain itu, rumput laut dapat membantu dektoksifikasi dan membersihkan pori. Rumput laut diketahui mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi yang dapat membantu detoksifikasi kulit dari racun dan kotoran akibat paparan lingkungan.

Sebesar 40 persen ekstrak rumput laut dapat diserap kulit dalam waktu 30 detik. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut bisa bertahan hingga lebih dari tiga hari dalam proses detoksifikasi.

12. Menyehatkan rambut

Tidak hanya baik untuk kulit, rumput laut juga baik untuk rambut. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut sangat dibutuhkan untuk rambut tumbuh sehat.

Sebuah penelitian membuktikan rumput laut memiliki khasiat bisa mempercepat pertumbuhan rambut sehingga dapat membantu mengatasi masalah pada rambut, seperti rambut rontok dan kebotakan.

Kandungan yodium pada rumput laut juga diketahui efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut yang rontok untuk tumbuh kembali dengan cepat. Untuk itu, mengonsumsi rumput laut secara teratur bisa membuat rambut Anda lebat dan sehat.

 

Sumber: Healthline, 100percentpure

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer