Sukses


9 Manfaat Teripang Emas bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

Bola.com, Jakarta - Teripang emas merupakan satu di antara binatang laut yang memiliki segudang manfaat. Satu di antara manfaat teripang emas adalah untuk pengobatan herbal.

Teripang emas merupakan binatang laut yang masuk jenis Echinodermata.

Echinodermata merupakan binatang laut yang kebanyakan tumbuh di dasar laut. Binatang-binatang jenis ini biasanya mudah di ketahui karena memiliki bentuk yang unik, seperti bintang laut, bulu babi, dan teripang emas.

Selain digunakan sebagai bahan dasar konsumsi manusia di beberapa negara, teripang emas sudah lama digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional di Asia.

Manfaat untuk kesehatan ini sudah di dukung oleh beberapa penelitian medis yang mengatakan teripang emas efektif untuk menangani berbagai macam penyakit.

Berdasarkan hasil penelitian, teripang emas kaya akan kondroitin sulfat, glikosida triterpene, protein, asam lemak, kalsium, magnesium, zat besi, seng, serta vitamin A,B1,B2,B3 dan C. Kandungan tersebut memungkinkan teripang menjadi bahan makanan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Berikut manfaat teripang emas bagi kesehatan, dikutip dari Klikdokter, Senin (22/2/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Teripang Emas bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teripang adalah satu di antara sumber makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat teripang ini tak lepas dari kandungan asam amino di dalamnya, seperti glisin dan asam glutamat. Keduanya diketahui mampu menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

2. Mencegah Kanker

Manfaat teripang untuk kanker telah didukung oleh beberapa hasil penelitian. Sebuah penelitian mengungkapkan, teripang mampu memerangi sel kanker pada payudara, usus besar, kulit, paru-paru, prostat, dan pankreas.

Kandungan teripang, yaitu frondoside A, ditemukan dapat membantu melawan kanker. Teripang juga mengandung glikosida triterpen yang memiliki aktivitas antitumor.

3. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyatakan, asupan protein yang tinggi akan sangat berguna untuk melindungi orang dari penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian telah membuktikan khasiat teripang adalah untuk meningkatkan asupan protein.

Selain itu, sebuah penelitian tentang teripang yang dilakukan oleh Institute for Traditional Medicine di Oregon menunjukkan protein yang terkandung di dalam teripang lebih tinggi daripada makanan lainnya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sekitar enam ons teripang sudah memenuhi asupan protein minimal harian yang dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Teripang Emas bagi Kesehatan

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Satu di antara manfaat teripang yang terkenal sejak dulu adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Teripang mengandung rantai asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka serta mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit.

5. Mengatasi Nyeri Sendi

Teripang juga bisa menyembuhkan nyeri sendi. Manfaat ini karena teripang mengandung zat yang berfungsi sebagai 'pelumas' sendi, yaitu kondroitin sulfat.

6. Sebagai Antimikroba dan Antijamur

Anda tidak boleh ketinggalan dengan manfaat teripang yang satu ini. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ekstrak teripang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, atau Staphylococcus aureus.

Studi lain menunjukkan bahwa teripang dapat melawan Candida albicans, jamur penyebab berbagai infeksi di tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Teripang Emas bagi Kesehatan

7. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Manfaat teripang untuk kesehatan hati dan ginjal juga besar. Dalam penelitian yang dirilis pada jurnal 'BioMed Research International', konsumsi ekstrak teripang hitam mampu mengurangi terjadinya stres oksidatif pada hati dan ginjal.

8. Mengurangi Serangan Asma

Manfaat teripang lainnya adalah dapat mengatasi serangan asma. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam 'American Journal of Chinese Medicine' ditemukan, konsumsi ekstrak teripang dapat mencegah atau mengurangi frekuensi serangan asma.

9. Menguatkan Tulang

Manfaat teripang untuk tulang juga penting karena kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi. Selain itu, tingginya kandungan kolagen dalam teripang dapat membantu mempertahankan kadar kalsium yang tinggi dalam tulang sehingga meningkatkan kepadatan mineral tulang.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer