Sukses


8 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan yang Patut Dicermati

Bola.com, Jakarta - Kacang mete atau kacang mede, merupakan satu di antara jenis kacang-kacangan yang paling populer di dunia. Kacang mete berasal dari biji buah jambu monyet atau nama latinnya adalah Nacardium Occidentale.

Kacang jenis ini bercita rasa lezat, dapat dijadikan camilan untuk menemani waktu bersantai dan sebagai campuran masakan maupun minuman.

Olahan kacang mete yang mungkin paling sering Anda temui adalah kacang mete panggang, goreng, atau sebagai campuran dalam cokelat batangan.

Cara pengolahan kacang mete adalah dengan mengeringkan bijinya selama beberapa hari, lalu baru dapat digoreng, dipanggang atau diolah dengan cara lain.

Anda dapat menemukan kacang mete dengan relatif muda. Namun, harga kacang mete lebih mahal daripada kacang jenis lain.

Selain menjadi camilan yang enak, kacang mete yang dikonsumsi dengan cara dan porsi yang tepat, memiliki manfaat bagi tubuh berkat kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin E, B, K, protein, serat, dan berbagai mineral seperti zat besi, alsium, natrium, kalium, dan magnesium.

Berikut delapan manfaat kacang mete untuk kesehatan, yang dapat Anda cermati, seperti dikutip dari Wealthresult, Senin (22/2/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang mete kaya kandungan seng, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit.

Sistem kekebalan tubuh adalah sistem pertahanan di dalam tubuh yang dapat melawan berbagai kuman dan bakteri yang biasanya menimbulkan penyakit.

Hal tersebut membantu luka sembuh lebih cepat dan pemulihan setelah terkena penyakit. Selain itu, seng baik untuk wanita hamil, membantu janin berkembang lebih baik, dan meningkatkan kekebalan tubuh wanita hamil.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kacang mete dapat menjaga kesehatan kulit dan menghindarkan kulit dari penuaan dini.

Kacang mete kaya tembaga dan dapat membantu memproduksi kolagen, yang merupakan protein yang digunakan dalam pembuatan sel-sel kulit baru dan melanin, yang merupakan senyawa bertanggung jawab untuk warna kulit.

Kolagen dapat mencegah penuaan dini pada kulit dan mejaga kulit tetap elastis. Selain itu, lemak sehat yang terkandung dalam kacang mete menjaga kulit tetap lembab dan mencegah kekeringan kulit yang dapat menyebabkan kulit terkelupas.  

3 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menjadi camilan yang lezat, kacang mete dapat membantu usaha menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Kacang mete dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dengan menguatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL bertanggung jawab menyerap kolesterol dari jantung dan membawanya ke hati untuk diurai atau dipecah.

Mengonsumsi kacang mete sesuai porsi yang tepat dapat mengurangi peradangan dan mengurangi tekanan darah tinggi, yang berefek pada meningkatnya kesehatan jantung.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Berkat kandungan asam lemak sehat di dalamnya, kacang mete dapat membantu usaha menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsinya.

Asam lemak sehat ini dapat membantu otak untuk mengatur suasana hati dan mendukung fungsi kognitif. Itu juga mencegah masalah otak yang berkaitan dengan penuaan, seperti berkurangnya kemampuan mengingat pada lansia.

Kacang mete meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu berbagai proses otak dengan membantu pengaturan jalur neurotransmitter dan fluiditas membran serta mendukung transmisi sinaptik.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kacang mete kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang dipercaya cukup efektif membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan membantu seseorang kenyang lebih lama.

Kacang mete juga dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kenaikan badan yang berlebih, seperti obesitas, diabetes, dan stroke.

6. Membantu Melawan Kanker

Kacang mete merupakan sumber nutrisi dan antioksidan yang cukup kuat, dapat membantu tubuh memerangi kanker dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Jenis kacang ini memiliki kandungan antioksidan yang kuat, seperti cardol, cardanols, dan asam anakardat yang dapat melawan kanker dan tumor serta mencegahnya tumbuh dan menyebar.

Kacang mete bahkan juga dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi dan perawatan kanker lainnya. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang adalah hal yang perlu dilakukan semenjak dini agar tulang yang menopang seluruh tubuh Anda dapat terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit hingga hari tua nanti.

Satu di antara untuk menjaga kesehan tulang adalah dengan mengonsumsi kacang mete. Kacang ini kaya kalsium, magnesium, dan kalium. Semua mineral penting ini membantu memperkuat tulang dan mencegah masalah tulang, seperti osteoporosis dan demineralisasi tulang.

Kacang mete juga kaya vitamin K yang membantu memperkuat tulang, menjaga kepadatan mineral tulang, dan melindungi dari patah tulang.

8. Menjaga Kesehatan Darah

Kacang mete kaya akan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah baru dengan tepat. Kacang mete juga mengandung jumlah tembaga baik yang membantu menghilangkan radikal bebas dari darah dan tubuh.

Mengonsumsi kacang mete secara teratur akan membantu Anda membersihkan darah serta membantu dalam mengobati dan mencegah penyakit darah seperti anemia.

 

Sumber: Wealthresult

Yuk, baca artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer