Sukses


Pengertian Senam, Ketahui Macam-Macam dan Manfaatnya bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh serta membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik.

Senam dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai mental spiritual kepada individu yang melakukannya.

Tak hanya itu, senam juga membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Jika dilakukan secara rutin, senam bisa membuat tubuh lebih ideal sehingga dapat membuat seorang tampil lebih percaya diri.

Seiring berkembangnya era yang makin modern, senam mengalami perkembangan cukup pesat, yakni makin bertambahnya macam-macam senam.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang senam, bisa membaca pengertian dari para ahli, macam-macam dan manfaatnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian senam menurut ahli, macam-macam hingga manfaatnya, seperti dilansir dari laman Gurupendidikan dan Sehatq, Selasa (23/2/2021).

2 dari 4 halaman

Pengertian Senam Menurut Ahli

  • Mahendra (2000:14)

Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motorability).

  • Madijono (2010:1)

Senam adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur, dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik untuk memperoleh manfaat dalam tubuh.

  • Sutrisno dan Khadafi (2010:60)

Senam adalah setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

  • Margono (2009:19)

Senam adalah latihan gerakan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

  • Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)

Senam adalah suatu bentuk latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruksi dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.

  • Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)

Senam adalah latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk mingkatkan daya tahan kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri.

  • Muhajir (2006:71)

Senam adalah kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Senam

Senam Artistik

Senam artistik adalah jenis senam yang biasa ada di perlombaan. Jenis senam tersebut gerakannya disusun dari masing-masing alat dan telah ditetapkan sesuai pertandingan berlaku.

Contoh dari senam artistik antara lain senam lantai, kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain-lain.

Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam irama yang diiringi oleh irama musik yang menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat-alat yang indah.

Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah jenis senam yang mengendalikan gerak akrobatik, menjadikan latihannya sering memakai salto sementara para pesenamnya harus mendarat di atas tangan dan di atas bahu pasangannya.

Senam Aerobik Sport

Senam aerobik sport adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam aerobik berbentuk tarian atau kalestenik tertentu, kemudian digabung dengan akrobatik yang sulit.

Senam Trampolin

Senam trampolin adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam yang dilakukan di atas trampolin. Jenis senam ini awalnya dilakukan untuk membantu seseorang melakukan gerakan putaran akrobatik di udara yang indah.

Lantaran latihannya yang menarik sehingga dijadikan satu di antara cabang olahraga yang dipertandingkan.

Senam Umum

Senam umum adalah jenis senam selain kelima senam di atas. Contohnya adalah senam aerobik, senam pagi, senam kesegaran jasmani, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Manfaat Senam

Beberapa manfaat dari melakukan senam di antaranya:

Membantu koordinasi tubuh

Jenis senam apa pun membutuhkan koordinasi yang baik. Makin rutin berlatih, tubuh akan cepat beradaptasi saat melakukan senam.

Untuk bisa menyelesaikan setiap gerakan yang sulit juga perlu koordinasi yang baik. Dalam jangka panjang, hal tersebut tentu akan berdampak positif pada tubuh saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Tubuh makin fleksibel

Beberapa gerakan senam menuntut fleksibilitas tubuh. Makin sering terlatih melakukannya, maka tubuh makin fleksibel. Hal ini dapat mengurangi risiko mengalami cedera sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh agar bergerak leluasa.

Membentuk kekuatan

Wajar ada yang menganggap gerakan senam terasa sulit. Bahkan, para atlet juga dulunya merupakan pemula yang memiliki pemikiran serupa. Namun, dengan rutin berlatih, senam dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas dan bawah.

Menambah kepercayaan diri

Dengan rutin melakukan senam dapat meningkatkan produksi endorfin. Hal ini dapat membuat seseorang merasa bahagia sekaligus percaya diri. Tak hanya itu, postur tubuh juga menjadi lebih ideal seiring dengan bertambahnya fleksibilitas tubuh.

Menghambat Proses Penuaan

Melakukan senam secara teratur bisa menghambat proses penuaan atau degeneratif. Selain itu, orang yang rutin senam akan mendapatkan kebugaran jasmani yang baik yang terdiri dari unsur kekuatan otot, kelenturan persendian, kelincahan gerak, keluwesan, cardiovascular fitness, dan neuromuscular fitness.

 

 

Sumber: Gurupendidikan, Sehatq

Penampakan Mobil Pegolf Tiger Woods yang Ringsek Usai Kecelakaan di Los Angeles

Video Populer

Foto Populer