Sukses


Mengenal Macam-Macam Suku di Indonesia Berdasarkan Asal Pulaunya

Bola.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara kepulauan dengan penuh keanekaragaman, mulai budaya, suku bangsa, ras, etnis, agama hingga bahasa daerah.

Suku bangsa merupakan golongan sosial yang ada di masyarakat yang digunakan sebagai pembeda suatu golongan satu dengan golongan yang lainnya.

Setiap suku bangsa memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, meski unik dan berbeda-beda mereka tetap satu Indonesia. Hal tersebut tentunya sesuai dengan semboyan negara Indonesia 'Bhinneka Tunggal Ika' yang artinya berbeda-beda tetap satu jua.

Di Indonesia, suku bangsa yang ada terbagi sesuai dengan daerahnya. Jadi, setiap daerah atau pulau yang ada di Indonesia mempunyai suku sendiri. Apa saja suku-suku yang ada di Indonesia?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam suku di Indonesia, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (23/2/2021).

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku di Pulau Jawa

Suku Jawa

Macam-macam suku yang pertama adalah suku Jawa. Suku Jawa adalah suku terbesar yang ada di Indonesia yang berasal dari kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suku Sunda

Suku Sunda adalah satu di antara suku yang berada di Provinsi Jawa Barat. Selain itu suku Sunda dikenal sebagai suku terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah suku Jawa. Suku Sunda juga dikenal dengan alat musik yang dimilikinya yang dikenal dengan nama angklung.

Suku Madura

Suku Madura dikenal sebagai macam-macam suku di Indonesia yang menghuni kawasan Jawa Timur. Namun, selain suku Madura ada pula suku lainnya, seperti Suku Osing, atau Tengger. Suku Madura dikenal sebagai etnis yang memiliki populasi cukup besar.

Suku Betawi

Macam-macam suku di Indonesia berikutnya adalah Suku Betawi. Betawi adalah satu di antara suku yang berada di kawasan DKI Jakarta, selain suku Sunda dan Jawa. Suku Betawi dikenal dengan ondel-ondel, yang sangat populer.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku di Pulau Kalimantan

Suku Dayak

Suku Dayak merupakan satu di antara suku yang berasal dari pulau di Kalimantan. Namun, selain suku dayak, Kalimantan Barat dikenal dengan beragam jenis suku bangsa lainnya.

Sementara itu, untuk suku Dayak dikenal sebagai suku bangsa yang berasal dari pedalaman pulau Kalimantan secara keseluruhan. Suku Dayak juga dikenal sebagai suku dengan warisan magis yang kuat. Beragam ilmu spiritual menjadi ciri khas dari adat kebiasaan suku tersebut.

Suku Banjar

Banjar adalah satu di antara suku yang berada di kawasan Provinsi Kalimantan Selatan. Suku Banjar dikenal dengan jumlah penduduknya yang mencapai angka 4,1 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sekitar 2,7 juta jiwa yang tinggal di kawasan Kalimantan selatan, sedangkan sisa lainnya berada di perantauan.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku di Pulau Sumatera

Suku Batak

Suku batak merupakan macam-macam suku yang berasal dari kawasan Sumatra Utara. Beberapa suku bangsa yang termasuk atau dikategorikan sebagai batak adalah Batak Karo, Batak Toba, Batak Simalungan, Batak Pakpak, Batak Angkola, serta Batak Mandailing.

Suku Minangkabau

Suku Minangkabau adalah suku yang tinggal di kawasan Provinsi Sumatra Barat. Suku Minangkabau sering pula disebut sebagai suku Minang, yang  memiliki sistem kekerabatan matrilineal.

Suku Melayu

Suku Melayu dikenal sebagai satu di antara suku yang berada di kawasan Provinsi Bangka Belitung. Selain itu, terdapat pula dari suku-suku lainnya, seperti suku Jawa, Bugis, Sunda, Banten, Madura, Banjar, Minang, Palembang, Flores, Aceh, Manado, serta Maluku.

Sementara itu, suku Melayu memiliki nama yang berasal dari kerajaan Malaya, yang dikenal sebagai satu di antara kerajaan yang berada di kawasan tersebut.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku di Pulau Sulawesi

Suku Bugis

Suku Bugis adalah suku yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, di kawasan tersebut terdapat beberapa suku lain, seperti Suku Toraja, Suku Mandar, Suku Sa'dan, dan Suku Makassar.

Suku Bugis dikenal sebagai golongan dari suku Melayu Deutero. Suku tersebut masuk ke Nusantara setelah terjadinya proses dari gelombang migrasi pertama yang terjadi di daratan Asia atau tetapnya di kawasan Yunan.

Suku Makasar

Suku Makassar dikenal sebagai etnis melayu yang berada di kawasan pesisir selatan dari pulau Sulawesi. Itulah mengapa orang Makassar sering kali menyebutnya dengan kata 'Mangkasara' yang berarti bahwa mereka memiliki sifat terbuka.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku di Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Suku Bali

Sesuai nama yang dimilikinya, suku ini menghuni provinsi Bali dan terbagi menjadi dua macam suku berbeda, yaitu suku Bali Aga serta Bali Majapahit.

Suku Sasak

Suku sasak merupakan satu di antara suku yang tinggal di kawasan Nusa Tenggara Barat. Suku Sasak dikenal dengan nama yang berasal dari kata 'sak-sak', yang memiliki arti sampan.

Sedangkan dalam tradisi lisan yang terdapat di masyarakat, mereka umumnya percaya kata 'sasak' berasal dari kata 'sa'saq' yang memiliki arti satu. Sementara kata Lombok berasal dari kata 'Lomboq' yang memiliki arti lurus.

Jadi, apabila kedua kata tersebut digabung maka akan mengandung arti sesuatu yang lurus.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Suku di Pulau Maluku dan Papua

Suku Buru

Sesuai namanya, suku ini sebagian besar tinggal di Pulau Buru. Selain sebagai Suku Buru, mereka juga sering menyebut dirinya sebagai gebfuka atau gebemiliar. Julukan tersebut mempunyai makna dan arti tertentu, yaitu orang dunia atau orang tanah.

Suku Asmat

Satu di antara suku yang berada di Papua ialah suku Asmat atau yang dikenal sebagai suku yang ahli dan pintar dalam berburu di hutan. Kehidupan suku Asmat masih jauh dari jangkauan luar.

Populasi suku Asmat terbagi ke dalam dua bagian, yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai dan mereka yang tinggal di pedalaman. Walaupun terlihat sama, kedua populasi suku Asmat memiliki cara hidup, dialek, dan struktur sosial yang berbeda.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 5/3/2020).

Video Populer

Foto Populer