Sukses


Contoh-Contoh Teks Biografi Pendek Beserta Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks biografi adalah tulisan yang berisi sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses seseorang. Biasanya, biografi berisikan kisah hidup seseorang yang terkenal, seperti pahlawan, politisi, aktor, atlet, dan sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Penulis biografi disebut biografer dan orang yang dituliskan disebut sebagai subjek atau biographee.

Nah, bagi kamu yang ingin belajar menulis biografi atau sedang ada tugas sekolah untuk membuatnya, bisa memahami strukturnya. Ada tiga struktur teks biografi, yaitu orientasi, kejadian atau peristiwa penting, dan reorientasi.

Jadi, bagi yang akan menulis teks biografi, harus ada ketiga struktur tersebut di atas. Jika masih bingung, ada beberapa referensi contoh teks biografi yang bisa kamu perhatikan.

Berikut ini kumpulan contoh-contoh teks biografi lengkap sesuai dengan strukturnya, seperti dilansir dari laman Sekolahnesia, Rabu (24/2/2021).

2 dari 7 halaman

Rival Nurmulki

Orientasi

Rivan Nurmulki lahir dari pasangan ayah Nasrin dan ibu Ika Nuryati pada 16 Juli 1995 di Jambi, namun kedua orang tuanya telah berpisah. Rivan merupakan seorang pemain bola voli Tim Nasional Indonesia dan dia bermain di klub voli Surabaya Bhayangkara Samator. Awal karier Rivan di dunia voli ia mulai dari mengikuti turnamen-turnamen di daerahnya, yakni Jambi.

Peristiwa Penting

Sebenarnya, pada awalnya Rivan tidak terlalu tertarik dengan voli, tetapi karena tingginya mendukung untuk olahraga tersebut, akhirnya pada usia 17 tahun di tahun 2012, ia mulai mencoba bermain voli. Dengan mengikuti turnamen-turnamen yang diadakan di daerahnya, Bangka, Jambi. Dari sana kemampuannya makin berkembang, meski belum menguasai teori dasar voli.

Hingga pada saat pemandu bakat dari klub Surabaya Samator melihat kemampuan Rivan ketika bermain di ajang Kapolda Cup jambi. Mereka tertarik mengajak bergabung Rivan, terlebih tinggi badannya, yakni 194 cm, sangat ideal untuk pemain voli. Sebagai klub besar tingkat voli nasional, Surabaya Samator tentunya membuat Rivan tertarik untuk bergabung, apalagi ia telah mengantongi izin dan restu dari orang tuanya.

Pada awal bergabung Rivan agak kesulitan mengikuti alur latihan Samator. Tetapi, lambat laun ia dapat beradaptasi. Terlebih di sana dia bisa berlatih bersama idolanya, Ayip Rizal. Tentunya hal ini menjadi penyemangat bagi Rivan. Kemampuan Rizal makin diasah di sana hingga ia berhasil menorehkan kemenangan untuk klubnya dan penghargaan prestisius di bidangnya.

Sukses menjadi juara Proliga 2016 untuk klubnya, hal ini membuat ia mendapat penghargaan sebagai Most Valuabe Player (MVP). Ia berhasil mempertahankan emas di PON 2016 untuk Jawa Timur. Pada 2017, Rivan memperoleh penghargaan the best Opposite Spiker di kejuaraan Asia, penghargaan tersebut memposisikannya menjadi yang terbaik di antara para spiker kelas atas Asia.

Reorientasi

Usia Rivan masih tergolong muda, namun ia telah memberi kontribusi lebih dari usianya, karenanya diyakini Rivan memiliki karier panjang. Ibarsjah Djanu sebagai pelatih Samator, meminta pemain asal Jambi ini tak cepat puas dan terus mengembangkan serta mengasah permainannya menjadi lebih baik lagi.

Dengan begitu, ia bisa menjadi tulang punggung untuk tim nasional voli putra di masa depan menggantikan senior-seniornya di timnas. Besar harap kehadiran Rivan akan mengembalikan kejayaan voli nasional saat di era Djoni Sugianto dan kawan-kawan.

3 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Orientasi

Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro atau akrab disapa Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola terkenal asal negara Portugal. Ronaldo dilahirkan di Madeira, 5 Februari 1986. Ronaldo dikenal sebagai pemain terbaik di dunia berkat perjalanan kariernya yang luar biasa. Beragam gelar berhasil di persembahkan olehnya baik untuk tim maupun negara. Tak kalah menarik, gelar individu sangat beragam yang telah ia raih, satu di antaranya ialah menjadi pemain terbaik di dunia selama empat kali. Cristiano, yang berposisi sebagai playmaker, berhasil mencetak banyak gol setiap musimnya.

Peristiwa Penting

Karier sepak bola Ronaldo di mulai saat masih bermain untuk tim masa kecil di Andorinha pada usia delapan tahun. Berkat penampilan impresifnya, ia kemudian berpindah ke beberapa tim, seperti CD Nasional, di mana Ronaldo berhasil mendapatkan gelar. Prestasi awal yang cemerlang membuat Sporting Lisbon tertarik untuk memboyongnya. Karier pesepak bola rupawan ini terus menanjak hingga Manchester United resmi mendatangkannya pada 2003. Bersama MUm pria kebangsaan Portugal ini berhasil meningkatkan permainan puncaknya pada 2018, dengan membawa gelar Premier League dan Liga Champions. Pada tahun bersamaan juga Ronaldo dinobatkan menjadi pemain terbaik di dunia.

Reorientasi

Segudang prestasi yang telah diraih di level tim maupun negara membuat klub kenamaan Spanyol, Real Madrid, rela mengeluarkan uang satu triliun lebih untuk dapat memboyongnya. Bersama tim tersebut Ronaldo tetap tampil menggila dengan segudang prestasi. Saat ini Ronaldo telah membela klub Liga Italia, Juventus, dan masih dalam performa yang terbaik. Cristiano Ronaldo telah menjadi idola bagi kebanyakan pencinta sepak bola. Perjuangan, tekad, dan usaha kerasnya telah membawanya ke tingkat kesuksesan tertinggi.

4 dari 7 halaman

BJ Habibie

Orientasi

BJ Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Presiden ketiga Indonesia ini memiliki nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketujuh. Ibunda Habibie berasal dari Jawa, sedangkan ayahnya asal Pare-Pare. Beliau memiliki kecerdasan pada ilmu teknologi dan pengetahuan, terutama fisika, semenjak masih kecil.

Peristiwa Penting

Beliau kuliah Teknik Mesin di ITB atau Institut Teknologi Bandung selama enam bulan, kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Jerman pada 1955 di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule. Kuliahnya dibiayai ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo. Butuh waktu 10 tahun Habibie muda menuntaskankan studi S-1 sampai S-3 di Aachen, Jerman. Tak seperti kebanyakan mahasiswa Indonesia yang memperoleh beasiswa ke luar negeri, selama kuliah S1 dan S2, yang membiayai kuliahnya adalah Ibundanya, di mana ibu Habibie menjalankan usaha katering dan menyewa rumah di Bandung sebagai penghasilan untuk hidup dan membayar biaya kuliah Habibie.

Selama beliau kuliah di Jerman, Habibie menekuni dan mengeluti bidang desain dan konstruksi pesawat terbang di Fakultas Teknik Mesin. Butuh waktu lima tahun untuk mengakhiri studi di Jerman, Habibie pun memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik dengan predikat terbaik atau summa cumlaude.

Reorientasi

Setelah beliau menikahi teman semasa SMA-nya, yakni Ibu Hasri Ainun Besari pada 1962, lalu Habibie melanjutkan program doktoral dan dengan istrinya yang tinggal bersamanya di Jerman. Pada saat itu Habibie harus bekerja untuk membayar uang kuliah dan biaya kebutuhan rumah tangga. Semasa hidupnya beliau telah berkontribusi banyak bagi negara ini, membuat pesawat terbang RI pertama.

5 dari 7 halaman

Reza Rahadian

Orientasi

Reza Rahadian Matulessy merupakan nama lengkap dari aktor yang kerap disapa Reza Rahadian. Ia lahir 5 Maret 1987 di Bogor. Sebetulnya, nama tengah Reza itu gabungan nama orang tuanya, yakni bapak Rahim dan ibu Pratiwi Widantini Matulessy. Jadi, arti nama Rahadian ialah anak dari Rahim dan Dian.

Kendati orang tua Reza telah berpisah saat ia usianya enam bulan, Reza tidak pernah merasa kehilangan sosok Ayah. Walau dari kecil ia hanya tumbuh bersama Ibu yang menjadi orang tua tunggal. Sejak saat itu ia bersama ibu tinggal di rumah nenek di daerah Gadog Bogor. Masa kecilnya Reza jalani di tiga kota.

Peristiwa Penting

Awal karier Reza di dunia modeling pada saat menjuarai Favorite Top Guest tahun 2004 di majalah Aneka Yess!. Sedangkan awal karier di sinetron ketika ia dipercaya Rapi Film bermain di Culunnya Pacarku tahun 2005. Kesempatan tersebut ia manfaatkan sebaik-baiknya dengan berakting sebagus mungkin. Terbukti, ia dipercaya kembali bermain sinetron lainnya oleh Rapi Film.

Dari tawaran sinetron yang didapat, ia mulai ditawari bermain di film layar lebar. Setelah bermain di film horor, karier Reza makin menanjak lewat film Perempuan Berkalung Sorban. Hingga meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik tahun 2009. Di tahun 2010, ia meraih Piala Citra melalui film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta sebagai pemeran Utama Pria Terbaik.

Pada film Habibie dan Ainun mengantarkan Reza meraih Piala Layar Emas IMA untuk kategori Pemeran Utama Pria Terfavorit. Dengan begitu, Reza berhasil memenangi dua piala penghargaan dari FFI, dan satu dari IMA atau Indonesian Movie Awards.

Reorientasi

Reza tergolong artis multitalenta, sebut saja ia telah berkarier di dunia model, pemain sinetron, dan aktor layar lebar. Reza pun mencoba masuk ke dunia tarik suara. Ia berduet dengan Acha Septriasa tahun 2012 untuk soundtrack film Brokenhearts. Dengan kemampuannya ini, Reza berkesempatan jadi aktor besar yang akan mengharumkan dunia film baik dalam negeri ataupun internasional.

6 dari 7 halaman

Mark Zuckerberg

Orientasi

Mark Elliot Zuckerberg, ia adalah seorang pemuda kebangsaan Amerika atau masyarakat umum mengenalnya sebagai CEO sekaligus pendiri satu di antara sosial media terpopuler, yakni Facebook. Ia lahir di White Plains, satu di antara wilayah kota New York, pada 14 Mei 1984. Mark termasuk pengusaha muda terkaya, dengan kekayaan sekitar 72.9 milliar dolar Amerika.

Peristiwa Penting

Sebelum membuat platform tersebut, Mark Zuckerberg seorang mahasiswa di Universitas Harvard, hingga suatu saat Mark Zuckerberg membuat jejaring sosial yang diperuntukkan pada kelas Mark Zuckerberg saja. Namun, lambat laun jejaring sosial itu tersebar luas, terlebih banyaknya sambutan positif dari orang di sekitarnya, hingga sampai ke universitas lain yang ada dekat Universitas Harvard.

Tak lama setelah Mark Zuckerberg melihat perkembangan sosial media itu, ia memutuskan keluar dari Universitas Harvard dan kemudian memfokuskan dirinya untuk mengerjakan proyek jejaring sosial milikinya, yang kini sudah dikenal sebagai Facebook.

Reorientasi

Di usianya yang baru 35 tahun, Mark Zuckerberg telah menjadi seorang pemuda terkaya di dunia. Sebelumnya, Mark Zuckerberg hanya berniat membuat jejaring sosial Facebook ini untuk membantu orang-orang. Berkat niat baik serta ide inovatifnya, Facebook tak hanya membantu banyak orang, tetapi juga membuat Mark kaya raya.

7 dari 7 halaman

JK Rowling

Orientasi

Joanne Kathleen Rowling atau JK Rownling merupakan seorang penulis yang sempat menggemparkan dunia. Keberhasilannya mengantar tiga novel seri remaja Harry Potter membuatnya dikenal di publik. Bagaimana tidak, novel tersebut terus menjadi best seller saat itu. Dengan menggemanya hasil karya itu membuat kekayaan Rowling meningkat pesat. Jumlah pendapatan kian bertambah saat seri keempat Harry Potter rilis dan menjadi buku yang paling laris di dunia. Total penjualan novel keempat Harry Potter dan Piala Api menyentuh angka 450 juta kopi.

Peristiwa Penting

JK Rowling lahir pada 31 Juli 196 di Yate, Inggris. Beliau merupakan seorang kutu buku dan gemar menulis cerita. Saat remaja beliau bersekolah menengah di Wydeyan. Sebetulnya, Rowling ingin melanjutkan sekolah di Universitas Oxford, sayangnya tidak berhasil tembus. Jadi, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan bahasa Prancis di Universitas Exeter. Setelah berhasil lulus, sang penulis memutuskan bekerja sebagai seorang pengajar.

Kisah penulisan novel Harry Potter muncul di benak JK Rowling saat kereta yang ditumpanginya mengalami keterlambatan. Rowling berencana untuk melakukan perjalanan dari Manchester menuju London pada 1990. Dari mulai penulisan, ada banyaklembaran yang berhasil di tulis. Ribuan lembar kertas berhasil ditulis dengan penuh jerih payah. Perjuangannya tak usai dengan memutuskan untuk mengetiknya pada mesin ketik lama. Bahkan penulisan harus berulang kali agar semua naskah terkumpul dan nantinya bisa dikirim ke berbagai penerbit.

Reorientasi

Setelah naskah selesai ditulis, perjuangan JK Rowling belum usai. Sebab, kebanyakan dari penerbit menolaknya. Terhitung ada delapan perusahaan penerbitan menolaknya. Untungnya, ia tidak pernah menyerah begitu saja. Sifat pantang menyerah demikian membuatnya berhasil diterima di kantor penerbit bernama Bloomsbury. Tercatat Bloomsbury pula yang menjadi pertama yang menerbitkan novel Harry Potter pada bulan Juni 1997. Penjualan novel sampai menjadi best seller dengan total pendapatan mencapai 4.000 dolar. Keberuntungan kian datang setelah kisah Harry Potter berhasil begitu diidolakan dan laku di pasaran.

 

 

Sumber: Sekolahnesia

Video Populer

Foto Populer