Sukses


Macam-Macam Alat Musik Ritmis Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Alat musik ritmis adalah alat musik yang dalam permainannya memberikan irama (ritme) tertentu dalam pergelaran musik.

Alat musik ritmis mempunyai peranan penting dalam alunan sebuah lagu. Hal itu dikarenakan alat musik ritmis, tak hanya jadi pengiring lagu, tetapi juga memiliki fungsi sebagai pengatur tempo atau irama.

Jadi, alat musik ritmis berperan menciptakan harmoni, terutama saat dipadukan dengan alat musik lain.

Ada beberapa jenis alat musik ritmis  yang populer di kalangan masyarakat. Setiap jenis alat musik ritmis, memiliki bentuk dan cara memainkan yang berbeda-beda.

Ada alat musik ritmis yang mengeluarkan bunyi dengan cara dipukul, digoyang atau digesek.

Bagi kamu yang ingin mendalami musik, bisa mencari tahu macam-macam alat musik ritmis. Kamu bisa memahami alatnya hingga cara memainkannya.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam alat musik ritmis beserta penjelasannya, seperti dilansir dari laman Thegorbalsla, Rabu (24/2/2021). 

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Alat Musik Ritmis

Marakas

Marakas merupakan alat musik yang mempunyai bunyi sangat meriah. Tak heran kalau marakas sering jadi alat musik pengiring untuk lagu-lagu yang bisa membuat badan bergoyang.

Adapun bentuk marakas seperti permen lollipop besar. Alat musik ini punya pegangan serta bola besar di atasnya yang akan mengeluarkan bunyi saat digoyang-goyang.

Kendang

Kendang merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutup kulit sapi. Kendang banyak digunakan dalam musik tradisional. Cara memainkan kendang adalah dipukul bagian kulit.

Ada tiga jenis kendang, yakni kendang kecil atau ketipung, kendang menengah atau ciblon dan terakhir kendang gede.

Kastanyet

Kastanyet merupakan alat musik yang mempunyai bentuk seperti kerang. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan.

Kastanyet bisa dimainkan dengan dua atau tiga jari saja, yaitu dengan jempol, telunjuk, dan jari tengah.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Alat Musik Ritmis

Triangle

Triangle sudah ada sejak abad ke-16 dan telah banyak digunakan dalam musik klasik. Triangle terbuat dari logam berbentuk panjang yang dibengkokkan hingga menjadi segitiga.

Namun, ujung satu dengan ujung lainnya tidak saling menyatu. Biasanya ada semacam tali di satu di antara sudutnya untuk memegang alat musik ini.

Rebana

Rebana merupakan instrumen turunan dari budaya melayu. Alat musik ini berbentuk seperti drum kecil yang pada bagian kulitnya berbentuk besar dan keras.

Cara memainkan alat ini adalah dengan dipukul. Pada bagian yang dipukul tersebut umumnya dibuat dari kulit kambing.

Conga

Conga merupakan alat musik yang berasal dari Afrika dan sering disebut juga tumbora. Conga mempunyai bentuk seperti kendang. Alat musik ritmis ini terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

Cara memainkannya mudah, yaitu dengan dipukul pada satu sisi atasnya saja menggunakan kedua tangan.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Alat Musik Ritmis

Tifa

Seperti halnya kendang, tifa terbuat dari kayu, yang pada satu di antara bagian rongganya ditutup kulit. Namun, bentuk tifa lebih panjang dan lebih ramping.

Tifa biasanya banyak dimainkan pada saat upacara tradisional masyarakat Indonesia Timur, semisal Maluku dan Papua.

Tamborin

Tamborin memiliki dua jenis bunyi yang berbeda saat dimainkan. Bunyi pertama merupakan bunyi pukulan, jika bagian kulit pada rebana dipukul. Kemudian bunyi yang kedua adalah bunyi gemerincing.

Alat musik ini bisa dimainkan dengan dua cara, yakni dipukul dan dikocok.

Simbal

Simbal merupakan alat musik ritmis yang lumayan terkenal. Simbal memiliki banyak ukuran, kecil hingga ukuran yang besar. Alat musik ini masuk kategori instrumen kuno. 

Simbal terbuat dari logam dan memiliki bentuk bulat seperti cakram. Simbal biasanya ditaruh pada drum, dan ada juga simbal tangan, yang bisa dimainkan dengan memadukan dua simbal.

Namun, simbal juga bisa dimainkan dengan stik dengan cara dipukul.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Alat Musik Ritmis

Ketipung

Ketipung merupakan jenis alat musik yang menyerupai kendang, tetapi lebih kecil. Biasanya, alat musik tersebut dimainkan bersama atau berjajar dengan kendang, tetapi lama kelamaan dimainkan sendiri seperti dalam musik dangdut, keroncong, dan musik tradisional melayu.

Ketipung dibuat dengan kayu bubut. Diameter lubangnya memiliki panjang 20 cm sampai 40 cm.

Kecrek

Kecrek adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu atau logam. Pada zaman dahulu kecrek dipakai hanya untuk pertunjukan wayang saja. Sekarang kecrek banyak dimanfaatkan untuk mengiringi musik dangdut dan sering dipakai sebagai perlengkapan karaoke.

 

Sumber: Thegorbalsla

Video Populer

Foto Populer