Sukses


35 Kata-Kata Inspirasi Islami Melewati Waktu Sulit, Motivasi agar Terus Semangat

Bola.com, Jakarta - Kata-kata inspirasi Islami dapat kamu jadikan sebagai pemberi semangat dan arahan dalam menjalani hidup, terutama pada masa-masa sulit sedang terjadi karena berbagai hal.

Melalui kata-kata inspirasi Islami tersebut kamu bisa mendapatkan pelajaran bahwa hidup memang tak selamanya akan berjalan mudah.

Permasalahan dalam hidup kadang kala membuatmu menjadi putus asa dan kehilangan gairah atau semangat dalam memperjuangkan hidup.

Namun, sebagai seorang muslim yang beriman, kamu harus yakin bahwa Allah SWT tidak akan pernah memberikanmu masalah yang tak dapat kamu selesaikan.

Ujian dan masa sulit dari Allah Subhanahu wa ta'ala pastinya akan datang kapan saja. Namun, itu semua tetap bergantung kepada diri kita bagaimana cara menghadapinya.

Apakah kita akan menjadi lebih baik atau menjadi tambah buruk oleh ujian dan masa sulit yang diberikan oleh sang pencipta tersebut.

Berikut 35 kata-kata inspirasi Islami melewati waktu sulit, yang dapat kamu jadikan motivasi, seperti dikutip dari Theislamicquotes, Sabtu (13/3/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Islami Melewati Waktu Sulit

1. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang terus istikamah di tengah godaan."

2. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

3. "Allah menjadikanmu seorang muslim karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan adalah kamu pantas untuk itu."

4. "Kita tidak akan pernah tahu bagimana menyembah-Nya sebelum kita mulai dengan bagaimana mencintai-Nya."

5. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

6. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan."

7. "Bagimu agamamu, bagiku agamaku karena sesungguhnya tidak ada paksaan dalam beragama."

8. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba."

9. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun karena yang menyukaimu tidak butuh itu dan yang membencimu tidak percaya itu."

10. "Janji Allah tak pernah mengecewakan dan bila kamu masih merasa kecewa, mungkin ada yang salah dengan imanmu."

 

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Islami Melewati Waktu Sulit

11. "Kita sebagai Muslim harus memahami bahwa Allah SWT memiliki kepercayaan penuh kepada kita meski kita tidak memiliki keyakinan pada diri kita sendiri. Allah SWT tidak akan membebani jiwa kita lebih dari yang dapat ditanggung."

12. "Kita tidak boleh putus asa selama kita mendapat dukungan Allah SWT dan Dialah Yang Maha Esa yang dapat membuat apapun terjadi."

13. "Allah SWT mencintai ciptaan-Nya lebih dari yang dapat kita bayangkan. Oleh karena itu, kita harus memiliki keyakinan penuh bahwa jika Dia tidak memberi apa yang kita inginkan, Dia akan memberikan apa yang terbaik untuk kita."

14. "Kesulitan adalah bagian dari hidup dan harus ditangani dengan kesabaran. Jika kita mendapatkan semua yang kita inginkan di dunia ini maka Allah SWT tidak akan mengabulkan keinginan kita di akhirat."

15. "Allah SWT memberikan pahala yang murah hati kepada mereka yang tetap sabar pada saat-saat sulit. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk tidak panik agar dapat menerima pahala kita."

16. "Jika kita adalah mukmin sejati, masa-masa sulit hanya membawa kita lebih dekat kepada Allah SWT karena kita akan mempercayai rencana-Nya untuk kita. Namun, jika kita tidak tenang dan mulai mengeluh tentang segala hal, hal itu mungkin menjauhkan kita dari Allah SWT."

17. "Memiliki keyakinan yang kuat bahwa Allah SWT ada di sisi kita, itulah yang menjadikan kita Muslim sejati. Kita harus belajar memiliki tawakul dalam hidup untuk mempermudah segalanya."

18. "Jangan biarkan kesulitan Anda menguasai Anda, percayalah bahwa ini hanyalah malam yang gelap dan hari yang cerah akan datang."

19. "Allah SWT hanya ingin meringankan beban umat manusia. Dia tahu semua yang terjadi di dunia ini dan segala sesuatu yang masuk ke dalam diri manusia."

20. "Al-Qur'an mengajarkan kita bahwa setelah setiap kesulitan ada kemudahan seperti setelah setiap malam yang gelap, ada pagi yang indah."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Islami Melewati Waktu Sulit

21. "Masa-masa sulit sering kali mengungkapkan warna asli orang yang kita percayai sepenuh hati. Kita disakiti orang yang kita cintai, tapi kita tidak boleh membenci orang yang menyakiti kita, sebaliknya kita harus berjanji kepada diri sendiri kita tidak akan pernah menyakiti orang seperti ini selamanya."

22. "Betapapun gentingnya keadaan itu, kita harus selalu percaya kepada kekuatan Allah SWT bahwa Dia telah menulis yang terbaik untuk kita dan kapan yang terbaik untuk kita."

23. "Setelah engkau memohon kepada Allah untuk membimbingmu ke jalan yang lurus, jangan hanya berdiri di sana. Mulailah melangkah."

24. "Daripada merasa tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoa saja kepada Allah yang maha mengendalikan dan temukanlah kedamaian."

25. "Allah maha tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan saat yang tepat bagimu untuk memilikinya."

26. "Allah SWT ingin kita mensyukuri segala nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita sebagai orang yang selalu bersyukur menerima pahala yang lebih banyak dari pada orang yang tidak bersyukur. Namun, jika seseorang terus mengeluh padahal memiliki segalanya pasti Allah SWT akan menghukumnya."

27. "Terkadang kamu mungkin berpikir bahwa segala sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. Tapi, kamu lupa bahwa Allah telah mengatur segalanya dengan benar."

28. "Allah tidak akan pernah membiarkanmu kosong. Dia akan mengganti semua yang telah hilang. Jika Dia memintamu untuk meletakkan sesuatu, itu karena Dia ingin supaya kamu meraih sesuatu yang lebih besar."

29. "Ketika hal-hal baik terjadi, ucapkan Alhamdulillah. Ketika hal-hal buruk terjadi, ucapkan Alhamdulillah, karena sesungguhnya Allah selalu mengujimu."

30. "Kita tidak boleh mengeluh atas tragedi yang terjadi di masa lalu karena kehidupan dunia ini hanya sementara."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Islami Melewati Waktu Sulit

31. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

32. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." -Ali bin Abi Thalib

33. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." -Abu Hamid Al Ghazali

35. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." -Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

 

Sumber: Theislamicquotes

Yuk baca juga artikel Islami lainnya dengan megeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer