Sukses


Ciri-Ciri Negara Maju Beserta Daftar Negaranya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Negara maju adalah negara yang memiliki standar hidup tinggi dengan perekonomian merata, penggunaan teknologi tinggi, dan telah berhasil dalam berbagai bidang.

Negara maju memiliki tarap kehidupan dan kesejahteraan hidup yang tinggi. Sarana prasarana yang dimiliki negara maju juga sangat memadai, mulai sektor sosial sampai pendidikan.

Kemajuan sebuah bangsa tidak dapat ditentukan dari lokasi negara atau kekayaan alamnya. Kekayaan alam juga tidak menjamin kemajuan sebuah negara.

Banyak negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah, tetapi berujung miskin karena manajemen yang buruk dalam mengelolanya.

Jika dulu negara maju didominasi oleh negara-negara Eropa dan Amerika Serikat, saat ini beberapa negara di Asia sudah tergolong negara maju.

Untuk mengetahui mengapa sebuah negara dikatakan maju bisa memahami ciri-cirinya. Ada beberapa ciri-ciri negara maju yang penting untuk diketahui. Apa saja ciri-cirinya?

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri negara maju dan contohnya, seperti dilansir dari laman Ilmugeografi, Selasa (16/3/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju

1. Rendahnya Angka Pengangguran

Tingkat pengangguran di negara maju tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan penduduknya memiliki skill yang mumpuni dan dibutuhkan oleh industri.

Dengan memiliki skill yang serta baik didukung oleh sistem pendidikan yang bagus, menghasilkan para alumni yang siap bekerja. Hal itulah yang mendorong rendahnya angka pengangguran di negara maju.

2. Pendapatan Per Kapita Tinggi

Pendapatan per kapita merupakan cara yang digunakan untuk menentukan kategori maju atau tidaknya sebuah negara. Pendapatan per kapita adalah rata-rata pendapatan para penduduk sebuah negara.

Besaran pendapatan ini diperoleh dengan cara membagi jumlah pendapatan nasional dengan jumlah penduduk di negara tersebut. Untuk sebuah negara maju pendapatan per kapita minimal berada dalam 11 ribu dolar AS.

3 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju

3. Sektor Perekonomian Utama pada Bidang Jasa dan Industri

Perbedaan negara maju dan berkembang terletak pada perekonomian utamanya. Negara maju biasanya lebih fokus akan bidang jasa dan industri.

Sebagian besar penduduk negara maju bekerja di bidang industri khususnya untuk diekspor ke negara lain atau dalam bidang jasa. Ciri ini juga menentukan apakah suatu negara tergolong sebagai negara maju atau berkembang

Walau negara maju memiliki perekonomian utama dalam bidang industri dan jasa, bukan berarti mereka tidak mengelola sektor lainnya, seperti pertanian. Justru setiap sumber daya alam yang dimiliki dikelola dengan maksimal dengan peralatan yang canggih.

4. Penggunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Canggih

Ilmu pengetahuan yang maju adalah dasar untuk menciptakan terobosan baru di dunia teknologi. Negara maju adalah negara yang banyak menghasilkan inovasi dan penemuan bagi permasalahan manusia.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berpengaruh pada tingkat ekonomi. Tidak ada negara maju tanpa kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.

4 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju

5. Tingkat Pendidikan Tinggi

Kualitas sumber daya manusia sebuah negara bergantung kepada sistem pendidikannya. Negara maju akan menekankan pada pendidikan dan perkembangan keterampilan penduduknya.

Di negara maju pendidikan adalah yang nomor satu. Para siswa diarahkan untuk menekuni pelajaran yang disukai dan menjadi ahli di bidangnya.

6. Angka kelahiran rendah

Tingkat kelahiran di negara maju tergolong rendah. Bahkan, ada negara maju yang sudah memasuki tahap kritis dengan tingkat kelahiran mendekati nol.

Angka kelahiran ditentukan berdasarkan banyak kelahiran bayi yang hidup setiap 1000 penduduk dalam satu tahun.

5 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju

7. Budaya Disiplin dan Tepat Waktu

Memiliki budaya disiplin dan tepat waktu merupakan ciri dari negara maju. Penduduk negara maju sangat menghargai waktu.

Para pekerja di negara maju memiliki mobilitas tinggi, mereka terbiasa menggunakan transportasi umum seperti kereta yang selalu tepat waktu untuk bepergian. Budaya disiplin di negara maju didapatkan dari kerja keras.

8. Tingginya angka harapan hidup

Penduduk negara maju memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini berakibat pada tingginya harapan hidup para penduduknya.

Negara maju rata-rata memiliki populasi lansia dengan usia panjang. Faktor-faktor yang menentukan umur panjang ditentukan oleh jenis kelamin, ras, riwayat kesehatan, lingkungan, sosial ekonomi, dan demografi.

6 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju

9. Angka kriminalitas rendah

Angka kriminalitas di negara maju sangat rendah. Hal ini timbul karena kesejahteraan penduduk rata-rata sudah makmur dan berkecukupan.

10. Memanfaatkan Sumber Daya Alam secara Maksimal

Sumber daya alam bukan menjadi jaminan kemajuan suatu bangsa atau negara. Banyak negara maju yang tidak memiliki sumber daya alam yang berlimpah.

Bahkan, kebutuhan dalam negeri harus mengimpor dari negara lain. Kendati demikian, mereka mampu mengolah kekayaan alam yang sedikit dan terbatas tersebut menjadi keunggulan negara.

7 dari 7 halaman

Daftar Negara Maju di Dunia

Negara Maju di Benua Asia:

  • Singapura
  • Jepang
  • Hong Kong
  • Korea Selatan
  • Israel
  • Taiwan

Negara Maju di Benua Eropa:

Austria, Denmark, Estonia, Belgia, Perancis, Republik Ceko, Yunani, Irlandia, Luksemburg, Italia, Belanda, Portugal, Rusia, Swedia, Spanyol, Monaco, Malta, Slovenia, Norwegia, Siprus, Vatikan.

Negara Maju di Benua Amerika:

  • Kanada
  • Amerika Serikat

Negara Maju di Benua Australia dan Oceania:

  • Australia
  • Selandia Baru

Negara Maju di Benua Afrika:

Berdasarkan laporan terkini, tidak ada satupun negara maju di benua Afrika. Dulu, Libya merupakan negara maju, tetapi setelah ada gejolak politik di sana, Libya tidak dimasukan lagi ke daftar negara maju.

 

 

Sumber: Ilmugeografi

Video Populer

Foto Populer