Sukses


Macam-Macam Poster Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum, yang bisa berupa pengumuman atau iklan.

Poster biasanya dipasang ditempat yang ramai dan strategis. Sifatnya yang mengajak, membuat poster banyak terpampang di pinggir-pinggir jalan agar mudah dilihat orang.

Hal tersebut juga yang menjadikan poster sebagai media iklan. Tak hanya itu, poster kerap diperuntukkan menjadi alat untuk promosi, memberikan pengumuman atau informasi kepada masyarakat umum.

Namun, secara khusus, tujuan poster dapat disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan pembuatnya yang berbeda-beda, bisa karena tujuan komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan atau hal lainnya.

Seiring berkembangnya zaman, poster tak hanya tersedia dalam bentuk cetak yang terpampang di pinggir jalan saja, tetapi juga online.

Agar informasi dalam poster bisa lebih mudah dipahami, tentu poster tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Supaya lebih menarik dan pesannya lebih mudah tersampaikan, poster kerap disertai dengan gambar, grafis, dan juga tulisan.

Di sisi lain, poster mempunyai berbagai macam jenis. Apa saja macam-macam poster yang ada?

Berikut ini adalah rangkuman tentang macam-macam poster beserta penjelasan, seperti dilansir dari laman Salamadian, Rabu (17/3/2021).

2 dari 4 halaman

Tujuan Dibuatnya Poster

Sebelum mengetahui macam-macam poster, perlu diketahui terlebih dahulu tujuan pembauatan poster. Seperti yang telah disebutkan di atas, tujuan utama pembuatan poster adalah untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak.

Secara lengkap, tujuan poster adalah sebagai berikut:

1. Untuk menyampaikan informasi atau pesan tertentu kepada masyarakat sehingga masyarakat memiliki pengetahuan mengenai isi dari poster tersebut.

2. Untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari publik mengenai suatu informasi/pesan yang ada di poster.

3. Untuk memengaruhi publik agar mau mengikuti isi pesan yang ada pada suatu poster.

4. Untuk mengingatkan kembali suatu pesan atau informasi penting kepada publik.

5. Untuk mencari perhatian dan simpati dari publik agar mengingat dan perduli dengan isi pesan dalam suatu poster.

3 dari 4 halaman

Jenis Poster Berdasarkan Isi

Jenis Poster Berdasarkan Isi

Dengan melihat isi di dalamnya, poster dapat digolongkan menjadi berbagai jenis:

1. Poster niaga

Poster niaga adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang dan/atau jasa.

2. Poster layanan masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal.

3. Poster kegiatan

Poster kegiatan merupakan media yang digunakan untuk memberitahukan suatu kegiatan yang akan atau segera diselenggarakan.

4. Poster pendidikan

Poster pendidikan adalah jenis poster yang memiliki tujuan untuk memberitahu dan mendidik masyarakat. Biasanya jenis poster tersebut berhubungan dengan dunia pendidikan dan dipasang di sekolah-sekolah.

4 dari 4 halaman

Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

1. Poster kampanye

Poster kampanye adalah jenis poster yang digunakan untuk menarik simpati masyarakat terhadap partai politik dan calon yang akan maju dalam pemilihan umum.

2. Poster 'cheesecake'

Jenis poster tersebut merupakan sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik.

3. Poster film

Poster film adalah poster yang dibuat khusus untuk mempromosikan suatu film yang akan atau sedang tayang di bioskop.

4. Poster buku atau komik

Poster buku atau komik memiliki pengertian yang sama dengan poster film. Kesamaan tersebut, yaitu untuk mempopulerkan suatu buku atau komik yang sedang dijual di toko buku.

5. Poster propaganda

Poster propaganda adalah jenis poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang. Poster tersebut biasanya dibuat untuk memberikan motivasi atau semangat kerja kepada masyarakat umum agar melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

6. Poster 'dicari' (dalam Bahasa Inggris poster wanted)

Jenis poster tersebut merupakan poster yang memuat informasi penjahat yang sedang menjadi buronan, orang atau barang yang hilang, atau mengenai lapangan pekerjaan.

7. Poster riset

Poster riset yaitu poster yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset.

8. Poster afirmasi

Poster afirmasi adalah poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pembaca. Dalam poster tersebut biasanya banyak kata-kata yang memengaruhi pembacanya.

9. Poster komersial

Poster komersial memiliki pengertian yang sama dengan poster niaga, yaitu untuk mempromosikan suatu produk agar makin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.

 

 

Sumber: Salamadian

Video Populer

Foto Populer