Sukses


Macam-Macam Debat Beserta Penjelasan, Ketahui Pengertiannya Menurut Para Ahli

Bola.com, Jakarta - Debat adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji argumentasi antara individu maupun kelompok. Jadi, dalam debat setiap individu atau kelompok mengandalkan pikiran dan wawasannya melalui kata-kata.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat atau argumen masing-masing.

Di kalangan masyarakat umum, debat mungkin bukan hal yang asing. Sudah banyak orang yang mengenal dan melihat acara debat.

Bahkan, tak jarang acara debat ditayangkan di televisi, terutama saat masa pemilihan kepala daerah atau presiden. Para calon pemimpin daerah atau negara tersebut akan saling menyampaikan argumen terkait suatu hal.

Dalam pelaksanannya, debat dibagi menjadi beberapa macam. Penting untuk mengetahui macam-macam debat yang ada.

Apa saja macam-macam debat yang ada dan sering dilakukan?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam debat dan pengertian dari para ahli, seperti dilansir dari laman Pelajaran dan Zonareferensi, Jumat (19/3/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Debat Menurut Para Ahli

  • Henry Guntur Tarigan (1984)

Debat adalah suatu kegiatan saling adu argumentasi antarpribadi atau antarkelompok manusia untuk menentukan baik tidaknya suatu usulan tertentu yang didukung suatu pihak (pendukung) dan disangkal oleh pihak lainnya (penyangkal).

  • P. Dori Wuwur Hendrikus (1991)

Debat adalah saling adu argumentasi antarpribadi atau antarkelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan untuk satu pihak.

  • J. S. Kamdhi (1995)

Debat adalah suatu pembahasan atau tukar pendapat tentang suatu pokok masalah di mana setiap peserta memberikan alasan untuk mempertahankan pendapatnya.

  • Asidi Dipodjojo

Debat adalah suatu proses komunikasi lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan pendapat. Setiap pihak yang berdebat menyatakan argumen dan alasan, dengan cara tertentu agar pihak lain berpihak padanya.

  • G. Sukadi

Debat adalah suatu kegiatan saling adu argumentasi antarpribadi atau antarkelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Debat

4 dari 6 halaman

Debat Pemeriksaan Ulang atau cross-examination debating

Debat pemeriksaan ulangan dilakukan untuk mengetahui kebenaran pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam debat ini, diajukan beberapa pertanyaan yang saling memiliki hubungan sehingga menyebabkan individu yang diberi pertanyaan dapat mendukung posisi yang ingin ditegakkan maupun diperkukuh oleh pihak yang memberi pertanyaan.

5 dari 6 halaman

Debat Parlementer atau Assembly or Parlementary Debating

Debat parlementer juga dikenal dengan sebutan debat majelis. Fungsi debat perlementer yaitu untuk memberikan maupun menambah dukungan pada suatu undang-undang tertentu.

Dalam debat parlementer seluruh anggota debat berhak mengajukan pendapat dan gagasannya. Mendukung atau menentang usul yang telah disampaikan setelah diizinkan oleh majelis debat dengan disertai alasan yang kuat.

6 dari 6 halaman

Debat Formal

Debat formal juga dikenal dengan sebutan debat konvensional atau debat pendidikan.

Debat formal ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pembicara untuk menyampaikan kepada audiens atau peserta debat tentang beberapa argumen maupun gagasan yang dapat menunjang atau menolak usulan.

Argumen yang disampaikan harus masuk akal, jelas, dan menyangkut kebutuhan bersama.

 

 

Sumber: Pelajaran dan Zonareferensi

Video Populer

Foto Populer