Sukses


Ciri-Ciri Teks Eksposisi, Struktur, dan Contohnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Teks eksposisi adalah sebuah karangan atau paragraf yang mengandung informasi atau pengetahuan yang coba digambarkan dalam bentuk yang singkat, padat dan jelas. Teks eksposisi merupakan karangan yang berisi gagasan dan fakta.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan.

Paragraf eksposisi tersebut memiliki sifat ilmiah atau bisa kita katakan sebagai pernyataan yang bersifat nonfiksi.

Dalam teks eksposisi umumnya berisi masalah serta rangkaian argumen dari penulis yang mendukung isu atau topik yang sedang dibahas.

Sebuah teks eksposisi bisa membahas tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi. Tujuan teks esposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan untuk pembaca.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian teks eksposisi. Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam dan jelas tentang teks eksposisi, bisa membaca ciri-ciri, struktur, hingga contohnya.

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri teks eksposisi beserta struktur dan contohnya, seperti dilansir dari laman Yuksinau dan Pendidikan, Senin (22/3/2021).

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Beberapa ciri-ciri teks eksposisi antara lain:

- Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan,

- Gaya informasi yang mengajak,

- Biasanya menjawab pertanyaan: apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana,

- Berusaha menjelaskan tentang sesuatu.

- Gaya bersifat informatif.

- Terdapat fakta uraian singkat, padat, dan akurat.

- Berusaha menjelaskan sesuatu.

- Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku.

- Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca.

3 dari 4 halaman

Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

1. Pernyataan pendapat (tesis)

Pernyataan pendapat atau tesis merupakan bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) penulis atau disebut juga bagian pembuka.

2. Argumentasi

Pengertian argumentasi merupakan bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam mendorong atau menolak suatu gagasan.

3. Penegasan ulang pendapat (reiteration)

Penegasan ulang pendapat atau disebut juga sebagai reiteration adalah bagian dari teks eksposisi yang berisi penegasan ulang pendapat penulis tentang topik yang dibahas.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Eksposisi

                                                               Bahaya Membuang Sampah di Sungai

 

Tesis:

Di era globalisasi sekarang ini kegiatan membuang sampah sembarangan seperti di sungai seolah telah dijadikan sebagai hal yang lazim.

Bahkan jumlah orang yang membuang sampah sembarangan di kota makin bertambah. Hal tersebut membuat aliran sungai tersumbat dengan sampah–sampah tersebut sehingga pada saat hujan turun dengan intensitas yang terus–menerus, membuat sungai meluap serta menimbulkan bencana banjir.

Argumentasi:

Dari waktu ke waktu, jumlah individu yang membuang sampah sembarangan terutama di sungai terus meningkat, hal tersebut adalah kesimpulan dari banyak pengamat.

Manusia masih belum merasa kapok membuang sampah di sungai yang dapat membuat banjir.

Padahal, korban dari bencana banjir itu sendiri tidak sedikit. Mulai korban luka–luka hingga meninggal dunia sebab banjir juga telah ada banyak.

Namun, hal tersebut tersebut masih belum cukup guna memberi kesadaran pada orang–orang yang masih saja membuang sampah sembarangan.

Penegasan Ulang:

Seharusnya jika sudah mengetahui efek tersebut, orang–orang akan sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi agar tidak merugikan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan sekitar.

Apabila tidak ada sampah di sungai, maka air sungai pun tak akan tersumbat serta menjadikan banjir dapat diminimalisasi, walau hujan deras terus menerus.

 

 

Sumber: Yuksinau, Pendidikan

Video Populer

Foto Populer