Sukses


Jenis-Jenis Teks Eksposisi Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi atau pengetahuan yang digambarkan dalam bentuk karangan yang singkat, padat, dan jelas. Teks eksposisi merupakan karangan yang berisi gagasan dan fakta.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan.

Dalam teks eksposisi kebanyakan berisi permasalahan serta rangkaian argumen dari penulis yang mendukung isu atau topik yang sedang dibahas.

Sebuah teks eksposisi bisa membahas tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi.

Adapun tujuan teks esposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan untuk pembaca.

Teks eksposisi memiliki banyak jenis dengan pengertian yang berbeda-beda. Apa saja jenis-jenis teks eksposisi?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis teks eksposisi beserta penjelasan, seperti dilansir dari laman Pendidikan dan Zacky.web.id, Rabu (24/3/2021).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Beserta Penjelasannya

1. Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu topik tertentu.

Contoh paragraf dalam teks eksposisi definisi:

Temu lawak adalah tumbuhan herbal yang berasal dari Indonesia. Habitat tanaman ini berada di hutan tropis. Tumbuhan ini memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin, dan zat tepung.

 

2. Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah karangan yang berisi tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.

Contoh paragraf dalam teks eksposisi proses:

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat, terutama untuk mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang bermanfaat untuk mengendalikan otot pernapasan. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu, kecap, atau gula.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Beserta Penjelasannya

 3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Pengertian teks eksposisi ilustrasi ialah paragraf yang menyajikan informasi dan penjelasan berupa gambaran sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya, yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.

Contoh paragraf dalam teks eksposisi ilustrasi:

Kenaikan harga BBM membuat rakyat menengah ke bawah menjadi resah. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan ini menuntut rakyat mesti memutar otak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi yang berisi ide atau gagasan. Biasanya gagasan tersebut dipaparkan dengan cara membandingkan.

Contoh paragraf dalam teks eksposisi perbandingan:

Tinju bukanlah olahraga yang banyak peminatnya, namun banyak penggemarnya. Sedangkan olahraga jalan kaki peminatnya banyak, tetapi penggemarnya sedikit.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Beserta Penjelasannya

5. Teks Eksposisi Pertentangan

Pengertian teks eksposisi pertentangan adalah paragraf eksposisi yang berisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Contoh paragraf dalam teks eksposisi pertentangan:

Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, di mana tajam ke bawah, namun tumpul ke atas. Pencuri sandal diancam hukuman penjara lima tahun, sebaliknya koruptor yang telah merugikan uang negara hanya dihukum satu tahun penjara.

6. Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

Contoh paragraf dalam teks eksposisi berita:

Para pedagang pasar mengeluhkan atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, kenaikan harga BBM memengaruhi harga bahan baku sehingga para pedagang harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi jualannya.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Beserta Penjelasannya

7. Teks Eksposisi Analisis

Teks eksposisi analisis adalah paragraf eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.

Contoh paragraf dalam teks eksposisi analisis:

Berbagai teori dikemukakan untuk mengungkap misteri Segitiga Bermuda. Dari sisi ilmiah ada yang berpendapat bahwa di Segitiga Bermuda terdapat gelombang magnet yang kuat hingga mampu menenggelamkan apa pun yang melintasi kawasan tersebut. Dari sisi non ilmiah, ada yang berpendapat bahwa Segitiga Bermuda merupakan kerajaan jin.

8. Teks Eksposisi Klasifikasi

Eksposisi klasifikasi merupakan paragraf eksposisi yang memiliki isi tentang pengelompokan terhadap sesuatu.

Contoh paragraf dalam teks eksposisi klasifikasi:

Mengacu dari sifatnya, sampah bsia dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti kertas, plastik pembungkus makanan, dan botol. Kemudian sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk, seperti sayuran, sisa makanan, daun, dan lain-lain.

 

 

Sumber: Pendidikan, zacky.web

Video Populer

Foto Populer