Sukses


Makna Simbol-Simbol yang Identik dengan Perayaan Paskah

Bola.com, Jakarta - Paskah merupakan peringatan yang dirayakan umat Kristiani di seluruh dunia. Paskah adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus dari kubur pada hari ketiga setelah penyaliban.

Kebangkitan Yesus adalah cara untuk umat Kristiani memperbarui harapan sehari-hari. Dengan kebangkitan Yesus Kristus diharapkan umat Kristiani tetap rendah hati dan percaya bahwa cahaya Yesus akan selalu membimbingnya.

Perayaan Paskah berlangsung pada Minggu pertama setelah bulan purnama sesudah titik balik musim semi.

Paskah memberikan kesan dan pesan yang penuh makna bagi umat Kristiani yang percaya akan kebangkitan sang Juru Selamat ke surga.

Dalam perayaan Paskah, biasanya identik dengan simbol seperti roti, telur, hingga kelinci. Simbol-simbol ini telah hadir sebagai tradisi Paskah di berbagai negara.

Hadirnya simbol-simbol tersebut bukan tanpa arti. Pernak-pernik yang identik pada setiap perayaan Paskah tersebut ternyata memiliki makna.

Berikut ini rangkuman tantang makna simbol yang identik dalam perayaan Paskah, seperti disadur dari Liputan6.com, Kamis (1/4/2021).

2 dari 5 halaman

Telur

Telur menurut umat Kristiani merupakan simbol dari kebangkitan Yesus Kristus. Filosofinya, telur dianggap tidak hidup dan tidak bisa bergerak, meski begitu, di dalam telur tetap memiliki kehidupan yang nyata hingga menetas.

Pada perayaan Paskah, biasanya di gereja akan ada kegiatan menghias telur secantik mungkin. Biasanya anak-anak yang menghias telur paling cantik akan diberi hadiah. Setelah itu telur bisa dimakan bersama-sama.

Hal ini dilakukan agar lebih mengenal Yesus Kristus melalui ajaran yang Dia sampaikan, satu di antaranya kebersamaan.

3 dari 5 halaman

Kelinci

Hewan kelinci dianggap cepat pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini dianggap mewakili arti kesuburan Paskah. Selain itu kelinci sebagai simblol musim semi. Kelinci dianalogikan membawakan telur bagi umat Kristiani.

Kelinci yang membawa telur didefiniskan sebagai pembawa kedamaian untuk kebangkitan Yesus Kristus. Ditambah lagi kelinci yang membagikan memiliki arti membagikan sukacita bagi seluruh pengikut-Nya.

4 dari 5 halaman

Roti

Roti bersifat untuk mengenang pengorbanan dan pembebasan. Yesus Kristus berpesan bahwa roti adalah seperti bagian tubuh-Nya. Sementara Yesus ialah kepala-Nya. Yesus ingin agar umat-Nya fokus beribadah sehingga bisa menjadi bagian tubuh-Nya, seperti roti.

Dengan demikian, arti roti dalam Paskah ialah untuk mengenang dan membuat umat Kristiani agar lebih fokus dalam beribadah.

5 dari 5 halaman

Kupu-Kupu

Kupu-kupu menurut umat Kristiani memiliki arti sebuah proses. Seperti diketahui, proses untuk menjadi seekor kupu-kupu yang indah sangat panjang,  dikenal dengan istilah metamorfosis.

Hal ini yang menjadi filosofi Paskah, yakni proses meninggalnya Yesus Kristus di kayu salib. Menjadi kupu-kupu merupakan proses akhir yang menandakan kebangkitan Yesus bagi umat Kristiani.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Putra Marenda. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 19/4/2019)

Video Populer

Foto Populer