Sukses


6 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan, Bisa Menjaga Sistem Pencernaan

Bola.com, Jakarta - Satu di antara herba khas Indonesia yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, khususnya kesehatan pencernaan, ialah temulawak.

Temulawak, yang bernama latin curcuma xanthorrhiza ini seringkali dijadikan sebagi obat alami oleh masyarakat Indonesia.

Dalam penggunaannya, temulawak kerap dimanfaatkan dalam berbagai bentuk, ada yang berupa ekstrak bubuk maupun ekstrak berbentuk krim untuk wajah.

Anda pun bisa mengonsumsi Herbalice, minuman dengan sari atau ekstrak temulawak, sehingga lebih praktis ketika ingin mendapatkan khasiat dari temulawak. Herbalice dapat dikonsumsi panas maupun dingin oleh anak-anak hingga orang tua.

Ada banyak kandungan nutrisi dalam temulawak, sepeti protein, lemak, serat, dan curcumin. Temulawak juga memiliki beberapa kandungan mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan.

Secara khusus, senyawa curcumin yang terdapat dalam ekstrak temulawak Herbalice dapat membantu Anda menjaga kesehatan sistem perncernaan.

Selain menjaga kesehatan pencernaan, temulawak memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan. Penasaran apa saja? Berikut ini manfaat mengonsumsi temulawak secara rutin bagi kesehatan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat dan lancar, kita harus selalu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa mengonsumsi makanan yang Anda sukai sambil rutin mengonsumi Herbalice. Anda bisa makan apa saja, yang penting minum Herbalice.

Hal itu karena mengonsumsi temulawak dapat membantu Anda menjaga kesehatan sistem pencernaan berkat kandungan serat dan curcumin di dalamnya.

Mengonsumsi temulawak juga dapat membantu Anda yang sedang mengalami diare dan masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit atau sulit buang air besar.

2. Meningkatkan Energi 

Anda dapat meningkatkan energi pada tubuh dengan mengonsumsi herbal, seperti temulawak secara rutin setiap hari.

3. Mengatasi Peradangan

Selain memiliki sifat antioksidan, temulawak memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu tubuh mengatasi peradangan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Antiinflamasi yang terkandung dalam temulawak dapat menyembuhkan luka yang dialami akibat goresan benda tajam atau terjatuh dari kendaraan bermotor.

Temulawak dapat mengurangi peradangan yang terkadang dapat menyebabkan luka menjadi makin parah dan sulit sembuh.

3 dari 3 halaman

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

4. Mencegah Kanker

Satu di antara manfaat temulawak yang cukup populer adalah dapat mencegah munculnya kanker karena temulawak memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan di dalam temulawak dapat menangkal paparan radikal bebas yang terkadang dapat menimbulkan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, satu di antaranya munculnya penyakit jantung.

Kadar kolesterol tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung.

Mengonsumsi temulawak dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini karena kandungan curcuma yang cukup tinggi di dalam temulawak dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan cukup efektif.

6. Membantu Menambah Nafsu Makan

Mengonsumsi temulawak baik berupa sari atau ekstraknya, dapat membantu menambah nafsu makan, khususnya bagi anak-anak.

Kandungan minyak astiri pada temulawak dapat menambah nafsu makan seseorang yang terkadang hilang, yang dapat menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi.

Nominasi Ballon d'Or dari Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer