Sukses


50 Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sabar, Motivasi Menjadi Hamba Beriman

Bola.com, Jakarta - Sabar adalah sifat yang harus dimiliki setiap individu, terlebih lagi bagi umat Muslim yang beriman dan ingin selalu diridai oleh Allah pada setiap perjalanan hidupnya.

Menjalani kehidupan tidak akan pernah lepas dari cobaan atau tantangan. Hal itu karena pada hakikatnya dunia ini adalah tempatnya ujian, termasuk ujian kesabaran.

Sebagai umat Islam yang dirahmati Allah, kita akan selalu dituntut untuk mengedepankan sikap sabar dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Ingatlah bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan yang tidak dapat diselesaikan oleh hamba-Nya. Dengan memahami hal tersebut kita akan lebih ikhlas menghadapi cobaan dalam bentuk apa pun.

Selain itu, ketika sifat sabar jauh dari diri manusia, penyesalan dan justru masalah yang akan didapat di kemudian hari, dan itu hanya akan merugikan diri sendiri maupun orang di sekitar.

Itulah mengapa, selalu utamakan kesabaran karena Allah telah berjanji akan memberikan ganjaran bagi mereka yang selalu bersabar.

Berikut 50 kata-kata inspirasi bijak Islami seputar sabar, yang dapat memotivasimu menjadi hamba yang beriman, dikutip dari Myislam, Mutiaraislam, dan Quoteofislam, Jumat (16/4/2021). 

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sabar

1. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan, dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." - Ibnu Taimiyah

2. "Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban. Akan tetapi, sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah."

3. "Dan kami jadikan sebagian kamu sebagai cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar?" - (Q.S al-Furqan: 20)

4. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

5. "Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."

6. "Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan."

7. "Setiap orang yang bersabar adalah orang-orang yang lulus dari ujian kehidupan. Ujian pasti datang, dan kesabaran kita menentukan kualitas nilai kita saat ujian itu datang."

8. "Kebahagiaan itu hanyalah pantas didapatkan bagi orang-orang yang mampu menunggu kebahagiaan itu datang dengan sabar dan lapang dada."

9. "Kala musibah datang menimpa, maka segera kenakan pakaian sabar. Dengan sabar, musibah yang terjadi akan membuka jalan bagi datangnya nikmat.

10. "Kesabaran adalah akhlak mulia, yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan." - Imam Syafi'i

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sabar

11. "Sabar adalah saat masih sakit di dalam dan kamu masih berjuang tanpa menyerah."

12. "Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan dan mulut tidak mengeluh." - Ibnu Qayyim

13. "Sabar itu bertahan. Bertahan untuk tidak menceritakan kesusahan kita pada siapa pun kecuali Allah."

14. "Orang yang sabar dan ikhlas akan menelusuri setiap relung masalah untuk mencari segala bentuk hikmah sebagai bahan refleksi dan evaluasi diri."

15. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang berjaya menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

16. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang berjaya menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

17. "Sabar adalah tindakan mulia yang dapat menjauhkan kita dari godaan setan diberbagai aspek kehidupan yang tengah kita jalani."

18. "Jika setiap bait doa yang dipanjatkan minta untuk segera dikabulkan, lalu kapan kita bisa belajar akan arti dari sebuah kesabaran?"

19. "Kesabaran seseorang dapat terlihat dari apa yang seseorang katakan dan lakukan saat kesempitan menghimpitnya."

20. "Kesabaran bukan anugerah yang hanya Allah berikan pada orang-orang tertentu. Kesabaran adalah seni menata hati dan sikap yang bisa dikuasai dengan belajar."

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sabar

21. "Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketakpastian, namun penuh dengan harapan."

22. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

23. "Sabar tidak tinggal diam dan membiarkan kemarahan berkembang di dalam dirimu. Sabar adalah berbicara tentang apa yang mengganggumu tanpa kehilangan kendali atas emosimu."

24. "Setelah kesabaran, hal-hal indah menunggu."

25. "Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." - Abu Bakar

26. "Bersabarlah saat menghadapi rintangan, sebab tiada kesuksesan yang diraih tanpa kesabaran."

27. "Sebelum menjadi frustrasi pada suatu situasi, ingatlah bahwa kamu tidak pernah tahu di mana Allah telah menempatkan kebaikan."

28. "Terkadang sabar dan diam lebih baik daripada mengungkapkan perasaan kamu yang sebenarnya."

29. "Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang." - Ali bin Abu thalib

30. "Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sabar

31. "Kesabaran bukanlah kemampuan untuk menunggu, tetapi kemampuan untuk menjaga sikap yang baik saat menunggu."

32. "Saya menangis di lautan air mata, tetapi tidak ada yang peduli. Saya menangis dalam sujud dan Allah memberiku sabar."

33. "Sabar seperti menelan sesuatu yang pahit tanpa menunjukkan ketidaksukaan di wajahmu."

34. "Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini.

35. "Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu." - (Q.S Luqman:17)

36. "Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar." - (Q.S Ar-Ruum: 60)

37. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." - Ibnu Taimiyah

38. "Bersabarlah karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan." - Umar bin Khattab

39. "Bersabarlah atas apa yang ditulis untukmu yang ditulis oleh penulis terhebat yaitu Allah SWT."

40. "Setiap kali orang menyakiti saya, saya menjadi lebih dekat dengan Allah."

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Inspirasi Bijak Islami Seputar Sabar

41. "Melalui kesabaran, hal-hal besar tercapai." - Imam Ali

42. "Jika Allah membuatmu menunggu, bersiaplah untuk menerima lebih dari apa yang kamu minta."

43. "Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama." - HR. Bukhari

44. "Ketika seseorang atau sesuatu mencoba menjatuhkanmu, tersenyumlah dan katakan 'Kamu adalah ujian yang telah Allah kirimkan kepadaku'."

45. "Tidak ada akhir yang menyedihkan bagi mereka yang sabar dan percaya kepada Allah."

46. "Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan." - (Q.S Huud: 115)

47. "Allah tidak pernah mengatakan bahwa jalan hidup akan mudah. Tapi, Dia mengatakan 'Aku akan bersama dengan mereka yang mau bersabar'."

48. "Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu; sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar." - (Q.S Al-Baqarah: 153)

49. "Dan bersabarlah karena sesungguhnya Allah tidak mengizinkan kehilangan pahala orang yang berbuat baik."

50. "Dua hal yang menentukanmu: Kesabaranmu ketika kamu tidak memiliki apa-apa dan sikapmu ketika kamu memiliki segalanya."

 

Sumber: Myislam, Mutiaraislam, Quoteofislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer