Sukses


35 Kata-Kata Bijak Dewasa, Sumber Perenungan

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak dewasa bisa kamu jadikan bahan perenungan. Jika manusia bisa berpikir dengan dewasa, berarti mampu memilah persoalan dengan bijak.

Meski terdengar mudah, bersikap dewasa ternyata sangat sulit. Tak ada standar ukuran pasti terkait kedewasaan. Yang pasti, usia tak melulu menandakan kedewasaan seseorang. Ada yang berujar dewasa itu karena usia, ada juga yang berujar soal sikap dan ketenangan.

Namun, kerap kali kita berpikir orang yang telah dewasa memiliki ciri-ciri, seperti mau mengalah, bersikap tenang, pengertian, bisa memahami orang lain, dan memiliki konsep pemikiran yang terarah.

Sebaliknya, orang-orang yang belum dewasa memiliki ciri-ciri egois, mudah marah, tidak pedulian, dan mau menang sendiri.

Satu di antara cara untuk mengetahui diri kita sudah dewasa atau belum adalah dengan memahami kata-kata bijak dewasa. Kata-kata tersebut berisikan hal-hal positif yang bisa dijadikan perenungan untuk masa depan lebih baik.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak dewasa, dilansir dari Sepositif dan Wisdomquotes, Rabu (28/4/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Dewasa

1. "Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau buruknya."

2. "Lakukan sesuatu yang tidak enak sekarang untuk merasa nyaman di kemudian hari." - Shane Parrish

3. "Kedewasaan adalah keberanian untuk menggunakan kecerdasan sendiri." - Immanuel Kant

4. "Kedewasaan kadang mengajarkanmu bahwa hidup tak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan."

5. "Aku yakin setiap masalah yang pernah terjadi memberikan kita kedewasaan yang lebih. Dari situ aku belajar bahwa kebersamaan itu penting."

6. "Kedewasaan dilihat dari bagaimana seseorang mengelola rasa marahnya, bahkan kepada orang yang membuatnya begitu kecewa."

7. "Sudah biasa menghadapi penyesalan dan sudah siap menghadapi penyesalan penyesalan berikutnya, yang Insyaallah mendewasakan."

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Dewasa

8. "Kedewasaan seseorang tidak diukur dalam cara berbicara dan tindakannya. Tapi, kedewasaan seseorang dapat diukur sampai sejauh mana dia bisa setia dan tulus hanya pada satu orang saja. Itulah arti kedewasaan dalam percintaan."

9. "Jangan memaksakan diri untuk bertahan yang terus-terusan membuatmu kecewa karena bisa jadi kamu sangat berharga bagi orang lain."

10. "Tanda pertama kedewasaan adalah tidak bereaksi terhadap ketidakdewasaan orang lain." - D. Muthukrishnan

11. "Kedewasaan adalah saat kamu menjalani hidup dengan komitmen, bukan dengan perasaanmu." - Rick Warren

12. "Masa muda berakhir ketika egoisme berakhir; kedewasaan dimulai ketika seseorang hidup untuk orang lain." - Hermann Hesse

13. "Saat menjadi tua kita menjadi lebih bodoh dan lebih bijaksana." - François de La Rochefoucauld

14. "Kedewasaan: melakukan apa yang penting dan mengabaikan apa yang tidak penting." - Maxime Lagacé

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Dewasa

15. "Ketahuilah, kebahagiaan bukanlah milik mereka yang masih berharap, meski terus terluka serta masih berusaha, meski terus kecewa."

16. "Hidup tak pernah lepas dari masalah karena masalah adalah satu cara Tuhan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat dan dewasa."

17. "Pengetahuan diri adalah langkah pertama menuju kedewasaan." - Jane Austen

18. "Kedewasaan adalah kemampuan untuk menunda kepuasan." - Sigmund Freud

19. "Kita tidak menjadi dewasa karena usia, kita dewasa dalam kesadaran." - Byron Katie

20. "Ikhlas menerima kesalahan dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu kuat dalam menjalani kehidupan."

21. "Jangan pernah kamu menghina masa lalu seseorang karena kamu tidak tahu bagaimana masa depannya nanti."

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Dewasa

22. "Bila kita merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Bila kita bersenang-senang dengan dosa, kesenangan itu akan hilang dan dosa yang akan kekal."

23. "Terkadang, kamu berpikir seseorang telah berubah tanpa kamu menyadari hal itu terjadi karena dia sudah mulai bersikap dewasa."

24. "Dewasa itu bukan berapa umurnya, tapi seberapa bisa ia mengontrol, mengendalikan, dan bertanggung jawab atas dirinya dan orang lain."

25. "Sikap dewasa atau kekanak-kanakan seseorang akan terlihat ketika dia sedang menghadapi suatu masalah, bukan dari tua atau mudanya usia."

26. "Permintaan maaf tidak selalu membuktikan kita salah, tapi itu menunjukan kedewasaan kita."

27. "Waktu adalah jalan yang akan menuntun kita menjadi lebih dewasa."

28. "Terkadang Tuhan mengenalkan padamu orang yang membuatu menangis agar engkau mensyukuri orang yang membuatmu tertawa."

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Dewasa

29. "Aku hidup dalam kesendirian yang menyakitkan di masa muda, tetapi nikmat di tahun-tahun kedewasaan." - Albert Einstein

30. "Kedewasaan adalah saat semua cerminmu berubah menjadi jendela." - Henry David Thoreau

31. "Orang yang bijaksana berusaha untuk bebas dari rasa sakit, bukan kesenangan." - Aristoteles

32. "Kedewasaan adalah kemampuan untuk menuai tanpa permintaan maaf dan tidak mengeluh ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik." - Jim Rohn

33. "Kadang kala seseorang menilai kedewasaan seseorang dari kata-kata yang keluar dari mulutnya, padahal dewasa sesungguhnya tersimpan di pikirannya."

34. "Dewasa itu mengajarkan kita sesuatu yang benar dan tidak akan mengulangi hal-hal yang salah sebelumnya."

35. "Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah dan teruslah melangkah."

 

Sumber: Sepositif, Wisdomquotes

Yuk, baca artikel kata-kata bijak lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer